Dewan Kepausan untuk Pelayanan Pastoral bagi Pekerja Kesehatan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Dewan Kepausan untuk Pelayanan Imam bagi Pekerja Kesehatan didirikan berdasar pada motu proprio Dolentium Hominum pada tanggal 11 Februari 1985 oleh Paus Yohanes Paulus II yang mereformasi Dewan Kepausan untuk Bantuan Imam bagi Pekerja Kesehatan ke dalam bentuknya saat ini pada tahun 1988. Dewan ini adalah bagian dari Kuria Romawi dengan Uskup Agung Zygmunt Zimowski]] sebagai presiden-nya. Konstitusi Apostolik Pastor Bonus menjelaskan tugas dewan ini sebagai berikut:

  • Art. 152 — Dewan Kepausan untuk Bantuan Imam bagi Pekerja Kesahatan menunjukkan perhatian Gereja terhadap orang-orang sakit dengan cara membantu mereka yang melayani orang sakit dan menderita, sehingga karya kerasulan kasih mereka bisa secara lebih efektif memenuhi kebutuhan orang-orang yang sedang menderita tersebut.
  • Art. 153 — § 1. Dewan ini bertugas untuk menyebarkan ajaran Gereja mengenai aspek-aspek spiritual dan moral termasuk juga arti dari penderitaan manusia[1].

Tugas-tugasnya antara lain mengkoordinasikan kegiatan-kegiatan berbagai departemen Kuria Romawi yang berhubungan dengan pelayanan kesehatan. Dewan Kepausan ini menjelaskan dan membela ajaran-ajaran Gereja Katolik Roma mengenai masalah-masalah kesehatan. Dewan in ijuga mengikuti dan mempelajari program-program dan inisiatif-inisiatif kebijaksan pelayanan kesehatan baik di level nasional maupun di level internasional, dengan tujuan untuk mengambil hal-hal yang relevan dan berpengaruh bagi pelayanan pastoral dari gereja.

Komposisi[sunting | sunting sumber]

Dewan Kepausan ini terdiri atas seorang presiden, Uskup Agung Zygmunt Zimowski, seorang sekretaris, Uskup Jean-Marie Musivi Mpendawatu, dan seorang wakil sekretaris, Romo Augusto Chendi, M.I.,[1] ditambah dengan 6 orang pegawai, 36 anggota dan 50 konsultan yang dinominasikan oleh Sri Paus mewakili badan-badan dan departemen-departemen Kuria Romawi, pejabat gereja dan kaum awam.

Presiden, sekretaris dan wakil-sekretaris berpartisipasi dalam pertemuan-pertemuan antar-badan/departemen termasuk juga berbagai konferensi dan seminar yang berhubungan dengan dunia pelayanan kesehatan.

Daftar Presiden[sunting | sunting sumber]

  • Fiorenzo Angelini (16 Februari 1985 - 31 Desember 1996)
  • Javier Lozano Barragán (7 Januari 1997 - 18 April 2009)
  • Zygmunt Zimowski (18 April 2009 - saat ini)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ http://press.catholica.va/news_services/bulletin/news/27816.php?index=27816&lang=en