Dewa rumah tangga

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Domovoi, atau roh rumah tangga dalam kepercayaan di Eropa Timur.

Dewa rumah tangga adalah dewa atau roh yang melindungi rumah, merawat keseluruhan rumah tangga atau anggota keluarga. Kepercayaan ini umum dalam agama pagan, selain juga dalam cerita rakyat di seluruh penjuru dunia.

Dewa rumah tangga terbagi menjadi dua jenis; yang pertama adalah dewa yang khusus- biasanya seorang dewi - kadang-kadang disebut sebagai dewi perapian atau dewi rumah, contohnya adalah dewi Hestia dalam mitologi Yunani[1] dan dewi Frigg dalam mitologi Nordik.

Jenis yang kedua adalah sekumpulan roh atau makhluk gaib yang menghuni rumah. Jenis ini banyak ada dalam kepercayaan pagan, msialnya Lares dalam paganisme Romawi dan Cofgodas dalam pagansime Anglo-Saxon. Makhluk-makhluk ini mampu bertahan dari Kristenisasi dengan berkembang menjadi makhluk mirip peri dalam cerita rakyat, seperti brownie dalam cerita rakyat Skotlandia dan Domovoi dalam cerita rakyat Slavia.

Dewa rumah tangga disembah tidak di kuil melainkan di rumah. Mereka biasanya dilambangkan dengan patung, berhala, amulet, lukisan atau ukiran. Keluarga kaya kadang-kadang memiliki tempat suci khusus untuk dewa rumah tangga. Di Romawi, tempat suci ini disebut lararium. Dewa rumah tangga dianggap sebagai anggota keluarga dan diajak untuk ikut menikmati makanan, atau persembahan yang diberikan oleh keluarga.

Referensi[sunting | sunting sumber]