Dettol

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Dettol adalah nama merek yang merupakan disinfektan cair antiseptik yang diproduksi oleh Reckitt Benckiser dan adalah salah satu produk kesehatan yang paling populer di dunia. Cairan antiseptik berwarna kuning terang dalam warna dan berubah putih susu bila dilarutkan dalam air. Orang biasanya membeli Dettol dari setiap toko yang menjual produk kesehatan sebagai produk Dettol berupa sabun, pencuci tangan, cairan Dettol, cairan antiseptik Dettol dan pembersih tangan Dettol.

Dettol memperoleh sifat antiseptik dari senyawa kimia aromatik yang dikenal sebagai chloroxylenol (C8H9ClO) yang terkandung dalam semua produk Dettol tetapi dalam jumlah yang bervariasi. Konsentrasi maksimum senyawa kimia ini hadir dalam cairan antiseptik Dettol yang juga berisi bahan-bahan lain seperti minyak pinus, minyak jarak dan karamel banyak yang tidak larut dalam air. Hal ini karena alasan ini bahwa ketika beberapa tetes cairan antiseptik Dettol ditambahkan ke air mandi mereka membentuk putih emulsi bukan melarutkan sepenuhnya. Alasan lain mengapa orang membeli Dettol adalah bahwa tidak hanya semua produk Dettol tidak beracun di alam tetapi relatif lebih murah dariproduk sejenis lainnya .

Produk[sunting | sunting sumber]

Seperti produk kesehatan, produk Dettol dapat secara luas diklasifikasikan menjadi dua kategori besar yaitu produk Home care dan produk keluarga. Sementara kategori pertama meliputi pencuci tangan-Dettol, cair dan pembersih tangan, kategori kedua mencakup produk Dettol yang berkontribusi terhadap kebersihan pribadi seseorang dan pertolongan pertama seperti sabun Dettol dan cairan antiseptik Dettol.[1]

Cairan Dettol adalah disinfektan yang aman dan efektif antiseptik terkonsentrasi yang sangat ideal untuk digunakan di samping deterjen seseorang saat mencuci pakaian seseorang. Hal ini disebabkan oleh kenyataan bahwa ia tidak hanya membunuh kuman tetapi juga dapat digunakan sebagai disinfektan di sekitar rumah.[2]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Product Safety Data Sheet" (PDF). Reckitt Benkiser. 23 June 2006. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2011-07-06. Diakses tanggal 2 February 2013. 
  2. ^ Narelle Towie (May 23, 2009). "Cane toad poison banned". Perth Now. Diakses tanggal 2 February 2013. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]