Der Fuehrer's Face

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Musik yang untuk judul film Der Fuehrer's Face.
Donal Menghormati Fuhrer.
Donal membuat kopi.

Der Fuehrer's Face adalah film kartun pada tahun 1942 yang dibuat oleh Perusahaan Walt Disney, seperti lagunya, film ini mengejek Hitler.

Film ini disutradai oleh Jack Kinney dan muncul pada tanggal 1 Januari 1943 sebagai propaganda anti Nazi. Film ini memenangkan Academy Award for Animated Short Film tahun 1943 dan dipilih #22 dari 50 Kartun Terbaik tahun 1994.

Cerita[sunting | sunting sumber]

Sebuah band (termasuk Hirohito memainkan sousaphone dan Benito Mussolini memainkan drum) berjalan menuju sebuah kota, menyanyi lagu doktrin Nazi. Melewati Rumah Donal, mereka menusuk pantat Donal dengan bayonet dan menyuruhnya bersiap untuk bekerja dan sebelumnya menghormati foto Adolf Hitler, Benito Mussolini, dan Hirohito. Karena pemberian makan saat perang, dia makan roti yang sudah keras, minum kopi secara diam-diam, dan menyemprot semprotan yang terasa seperti daging dan telur. Setelah itu para band memberikannya buku Mein Kampf dan menyuruhnya membacanya, lalu membawanya pergi ke pabrik.

Saat tiba di dalam pabrik, Donal mulai bekerja 48 jam untuk menutup tutup amunisi. Dicampur dengan foto Hitler sehingga Donal harus berkata Hail Hitler berkali-kali setiap foto itu muncul. Dan ketika muncul foto Hitler yang terbalik, Donal pun harus memujanya dengan terbalik

Setelah itu dia disuruh untuk bekerja lebih lama, dia sangat stress dan berilusi banyak sekali amunisi. Setelah halusinasi hilang, dia ada di tempat tidur, dan dia ada di Amerika Serikat. Cerita berakhir saat Donal memegang Patung Liberty dan bersyukur karena menjadi warga negara Amerika Serikat.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sebelum filmnya keluar, Band Spike Jones yg terkenal karena parodi lagu terkenal masa itu mengeluarkan versi mereka sendiri dari lagu temanya Oliver Wallace: Der Fuehrer's Face (atau The Nazi Song) .Beda dengan versi kartun, bebarpa versi Spike Jones mempunyai efek suara yang kasar dari "rubber razzers" dengan tiap heil untuk hitler. Implikasi mendalam dari passing gas di muka hitler, adegan sangat kasar di waktu itu, mengilustrasikan bagaimana sensor dapat dikendurkan jika subjeknya adalah musuh. Jones merekam 2 versi lagu atas permintaan RCA Victor Records yang dipublikasi pada label Bluebird - 1 dengan trombone setelah setiap Heil! dan yang lainnya dengan razzer dipanggil birdaphone. Versi birdaphone adalah yang dipublikasikan. Kesuksesan Jones membuat disney mengganti nama filmnya, yang aslinya Donal Bebek di Nutzi Land, untuk mengikuti nama lagunya

Teks Lagu[sunting | sunting sumber]

When der Fuehrer says, "We ist der master race,"
We HEIL! [honk!] HEIL! [honk!] Right in der Fuehrer's face!
Not to love der Fuehrer is a great disgrace,
So we HEIL! [honk!] HEIL! [honk!] Right in der Fuehrer's face!
When Herr Goebbels says, "We own der world und space,"
We HEIL! [honk!] HEIL! [honk!] Right in Herr Goebbels' face!
When Herr Goering says, "They'll never bomb dis place,"
We HEIL! [honk!] HEIL! [honk!] Right in Herr Goering's face!

Lagu Dalam Versi Kartun[sunting | sunting sumber]

When der Fuehrer says "We never will be slaves!"
We HEIL! HEIL!, but still we work like slaves.
While der Fuehrer brags and lies and rants and raves
We HEIL! HEIL! and work into our graves.
When der Fuehrer yells "I got to have more shells!"
We HEIL! HEIL!, for him we make more shells.
If one little shell should blow him right to [hell]
We HEIL! HEIL!, and wouldn’t that be swell?

Pranala luar[sunting | sunting sumber]