Departemen Pertahanan Jepang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Departemen Pertahahan Jepang adalah perubahan dari Badan Pertahanan Jepang. Sebagaimana diatur dalam Konstitusi 1947 yang isinya ditentukan oleh Amerika Serikat melarang Jepang memiliki kekuatan militer sendiri dan hanya diperbolehkan memiliki pasukan bela diri guna mempertahankan negara dari serangan musuh.

Pasukan Jepang juga tidak boleh terlibat dalam sengketa internasional. Untuk mengurus pertahanannya, pada tahun 1954, Jepang mendirikan Badan Pertahanan (Jepang) yang berada di bawah Kantor Kabinet. Perdana Menteri Shinzo Abe memproritaskan perubahan dan berupaya meningkatkan status Badan Pertahanan menjadi sebuah kementrian penuh.

Pada Desember 2006, parlemen Jepang menyetujui dan tidak ada penentangan berarti. Bahkan, partai-partai oposisi mendukungnya.

Pada 9 Januari 2007, Badan Pertahanan Jepang secara resmi berdiri menjadi Departemen Pertahanan (Dephan) yang memiliki kekuatan lebih besar karena berhak merencanakan anggaran sendiri dan mengajukan rancangan undang-undang. Tidak seperti Badan Pertahanan, Kementrian Pertahanan juga dapat menentukan kebijakan keamanan dan pertahanan Jepang.

Peresmian kementrian baru berlangsung dalam sebuah upacara cukup meriah. Acara dihadiri perdana menteri dan menteri pertahanan yang pertama serta sejumlah perwakilan militer dari 22 negara termasuk Amerika Serikat.

Peningkatan status Badan Pertahanan mencerminkan adanya keinginan Jepang untuk memainkan peran lebih besar dalam mengatasi ancaman di kawasan, terutama dari Korea Utara.

Daftar menteri[sunting | sunting sumber]

  1. Fumio Kyuma: 9 Januari 2007 - Sekarang