Deobandi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Bismillahir Rahmanir Rahim

Halaman ini merupakan bagian dari
Islam Sunni
Selimiye Camii ve Mavi Gökyüzü.jpg

Nama Lengkap

Ahl as-Sunnah wa’l-Jamā'ah
أهل السنة والجماعة‎


Rukun Iman

TauhidAl-Qur'anMalaikat
KitabNabi dan Rasul
KiamatQada dan Qadar


Rukun Islam

SyahadatSalat
ZakatPuasaHaji


Khulafaur Rasyidin

Abu BakrUmar bin al-Khattab
Utsman bin AffanAli bin Abi Talib


Fiqh (Syariat)

HanafiSyafi'i
MalikiHanbali
Ahlul Hadits


Aqidah

MaturidiAsy'ariAtsari


Gerakan Modern

BarelwiSalafiDeobandi


Hadits

Sahih BukhariSahih Muslim
Al-Sunan al-Sughra
Sunan Abu Dawud
Sunan al-Tirmidzi
Sunan Ibnu MajahAl-Muwatta
Sunan al-Darimi

Bagian dari rangkaian
Islamisme
Ikhwanul MusliminDeobandiBarelwiHizbullahHizbut TahrirSalafiWahhabiJamaat-e-Islami

Deobandi (Urdu: دیو بندی devbandī) adalah Islam Sunni [1] Paham gerakan politik yang timbul dan memulai dari India dan Pakistan dan kemudian menyebar ke negara-negara lain, seperti Afganistan, Afrika Selatan, dan Inggris dengan kedatangan imigran dari Asia Selatan. [2][3][4] (lihat: Jamaah Tabligh)

Nama Deobandi berasal dari kata “Deva” dan “Ban”, sebuah hutan belantara di bagian provinsi utara India, (Uttar Pradesh) India, di mana sekolah Darul Uloom “Darul ‘Ulum” Deoband yang didirikan oleh Maulana Qasim Nanautavi, Maulana Kifayatullah berada. Deobandi mengikuti fiqh dari Abu Hanifa dan Aqidah dari Abu Mansur Maturidi [1], secara historis Deobandi mengadopsi pemikiran Shah Wali-Allah, pembaharu Islam di anak benua India pada abad ke delapanbelas yang menggabungkan semua disiplin ilmu agama seperti: Teologi, ilmu Logika (Mantiq), Fiqh, Tasawwuf, Tafsir, Hadith dan Filsafat. Dalam tempo kurang lebih seratus tahun Madrasah Deobandi telah berhasil mencetak ratusan siswa yang ikut mengembangkan ilmu keislaman di Asia Selatan.

Organisasi[sunting | sunting sumber]

Umumnya para alumni siswa dari Deobandi seusai menamatkan pendidikannya banyak menggunakan nama tambahan di belakang namanya semisal Maulana Shafi’ Usmani Deobandi, Maulana Kifayatullah Deobandi dsb. Kerekatan nama pendidikan ini dengan para alumninya merupakan tolok-ukur dalam berbagai gerakan yang dibentuk oleh para alumni, beberapa organisasi yang berafiliasi kepada paham politik Deobandi, di antaranya adalah: Jam’iyat Ulama-e-Islam (JUI), sebuah organisasi politik sosial yang terkemuka di Pakistan kemudian berubah menjadi Jam’iyat Ulama-e-Islam dari Fazlur Rahman (JUIF) dan Jam’iyat Ulama-e- Islam dari Samiul Haque {JUIS), pada pemilu 2002 partai ini tergabung dalam koalisi partai-partai Islam Majlis Muttahida Amal (MMA) gabungan dari berbagai sekte di Pakistan, seperti: Deobandi, Ahlul Hadith, Brelvi, Shi’ah dan Jama’at Islami.

Da’wah[sunting | sunting sumber]

Isya’at Tauhid Wassunnah[sunting | sunting sumber]

Sebuah gerakan Da’wah yang berkiblat kepada Deobandi didirikan oleh Maulana Hussain Ali pada tahun 1957 di Provinsi Punjab. Hingga saat ini organisasi ini bekerja dalam penegakkan Tauhid dan penerapan Sunnah, serta menentang hal-hal yang dianggap bid’ah dan khurafat. Organisasi ini juga merupakan organisasi tandingan atas faham politik dari organisasi Barelwi yang berkembang pesat diseluruh provinsi Pakistan khususnya pada provinsi Sind

Misi[sunting | sunting sumber]

  • penerapan Syari’at Islam
  • pengejawantahkan masa keemasan Islam pada zaman Khulafaur Rasyidin.


Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Kritikan[sunting | sunting sumber]

Pustaka[sunting | sunting sumber]

  • Murray Thurston Titus, Islam in India and Pakistan, University of California Press (1990)