Kamboja Demokratik

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Kamboja Demokratik
កម្ពុជាប្រជាធិបតេយ្យ
Kâmpŭchéa Prâcheathippadey

1975–1979
Bendera Lambang
Lagu kebangsaan
Dap Prampi Mesa Chokchey
ដប់ប្រាំពីរមេសាមហាជោគជ័យ
Lokasi dari Republik Demokratik Kamboja
Ibukota Phnom Penh
Bahasa Khmer
Agama Ateisme
Pemerintahan Sosialisme agraria negara tunggal partai,
Totaliterisme diktator
Sekertaris Jenderal
 -  1975–1979 Pol Pot
Kepala negara
 -  1975–1976 Norodom Sihanouk
 -  1976–1979 Khieu Samphan
Kepala pemerintahan
 -  1975–1976 Penn Nouth
 -  1976 Khieu Samphan
 -  1976–1979 Pol Pot
Badan legislatif DPR
Era sejarah Perang Dingin
 -  Jatuhnya Phnom Penh 17 April 1975
 -  Invasi Vietnam 7 Januari 1979
Sekarang bagian dari  Kamboja

Kamboja Demokratik adalah penyebutan bagi Kamboja pada tahun 1975 sampai 1979 , ketika Kamboja dikuasai pemerintahan kediktatoran totaliter komunis dibawah pimpinan Pol Pot dan Partai Komunis Kamboja . Pemerintahannya dimulai dengan jatuhnya Republik Khmer dan rezim Lon Nol , dan berakhir dengan Invasi Vietnam ke Kamboja yang menghasilkan kemenangan Vietnam yang menbuat jatuhnya rezim Pol Pot dan digantikan dengan Republik Rakyat Kamboja.

Di bawah kepemimpinan Pol Pot , kota dikosongkan, agama terorganisir dihapuskan, dan kepemilikan pribadi, uang dan pasar telah dieliminasi. Hal keji yang belum pernah terjadi sebelumnya yaitu kampanye genosida yang menyebabkan pemusnahan sekitar 25% dari penduduk negara Kamboja pada masa ini , dengan banyak pembunuhan yang dimotivasi oleh ideologi Khmer Merah yaitu "yang tidak proporsional balas dendam" terhadap kaum yang dianggap kaya dan berkuasa diistilahkan "penindas." Korban termasuk musuh kelas seperti kaya "kapitalis," profesional, intelektual, polisi dan pemerintah karyawan (termasuk sebagian besar kepemimpinan Lon Nol), bersama dengan etnis minoritas seperti Cina , Vietnam ,Laos , dan Cham .

Genosida akhirnya berhenti pada tahun 1979 setelah invasi Front Persatuan Kampuchea untuk Keselamatan Nasional dan Tentara Rakyat Vietnam , menyusul pendirian Republik Rakyat Kamboja (RRK).