Deep Impact (pesawat ruang angkasa)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Deep Impact Mission Patch.png
Deep Impact HRI tests.jpg

Deep Impact adalah sebuah probe ruang angkasa NASA yang diluncurkan pada tanggal 12 Januari 2005. Probe ini dirancang untuk mempelajari komposisi interior komet 9P/Tempel, dengan merilis sebuah impactor ke komet. Pada 5:52 UTC pada tanggal 4 Juli 2005, penabrak berhasil bertabrakan dengan inti komet. Dampaknya tergali puing-puing dari interior nukleus, yang memungkinkan foto-foto dampak kawah. Foto-foto menunjukkan komet menjadi lebih berdebu dan kurang dingin daripada yang telah diharapkan. Dampak yang dihasilkan awan debu besar dan terang, yang tiba-tiba mengaburkan pandangan kawah.

Misi luar angkasa sebelumnya untuk komet, seperti Giotto dan Stardust, adalah misi fly-by. Misi ini hanya mampu memotret dan memeriksa permukaan inti komet dari kejauhan. Misi Deep Impact adalah misi yang pertama untuk mengeluarkan bahan dari permukaan komet, dan misi mengumpulkan publisitas besar dari media, para ilmuwan internasional, dan astronom amatir.

Setelah selesainya misi utamanya, proposal dibuat untuk lebih memanfaatkan pesawat ruang angkasa. Akibatnya, Deep Impact terbang oleh Bumi pada tanggal 31 Desember 2007 tentang cara untuk misi diperpanjang, EPOXI ditunjuk, dengan tujuan ganda untuk mempelajari planet ekstrasurya dan komet Hartley 2.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Deep Impact comet encounter sequence
  1. ^ Tune, Lee; Steigerwald, Bill; Hautaluoma, Grey; Agle, D.C. (December 13, 2007). "Deep Impact Extended Mission Heads for Comet Hartley 2". University of Maryland, College Park. Diakses August 7, 2009. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Website resmi
Informasi tambahan
Peta, photo, and image lain
Bahasa lain