Debir

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Debir (bahasa Ibrani: דְּבִיר) adalah sebuah kata yang disebutkan dalam Alkitab Ibrani atau Perjanjian Lama di Alkitab Kristen. Kata ini dapat digunakan dalam beberapa bentuk:

Kata benda[sunting | sunting sumber]

Nama orang[sunting | sunting sumber]

  • Debir, raja Eglon, seorang raja orang Kanaan yang dikalahkan dan dibunuh oleh Yosua bin Nun dan pasukannya (dicatat dalam Kitab Yosua pasal 10) Dibantu oleh Allah melalui mujizat bahwa matahari dan bulan berhenti bergerak selama hampir sehari, Yosua dan pasukannya berhasil mengalahkan pasukan Debir dengan 4 raja sekutunya. Debir dan keempat raja lainnya melarikan diri masuk ke dalam suatu gua. Setelah ditemukan oleh orang Israel, ia dan raja-raja itu dibunuh dan kemudian digantung di atas kayu sampai matahari terbenam, lalu dikuburkan di dalam gua tempat persembunyiannya semula.

Nama tempat[sunting | sunting sumber]

  • Sebuah kota yang memiliki pertahanan di Kanaan, juga dikenal sebagai Kiryat-Sefer (Hakim-hakim 1:11) dan Kiryat-Sana (Yosua 15:49). Otniel dari suku Yehuda berhasil merebut kota itu, yang kemudian dijadikan kota orang Lewi (Yosua 21:9). Lokasi tepatnya belum diketahui, tetapi saat ini umumnya diidentifikasi dengan Khirbet Rabud, di sebelah barat daya kota Hebron.
  • Suatu tempat yang disebutkan terletak di dataran rendah Akhor (Yosua 15:7). Meskipun tidak diketahui jelas tempatnya, namanya mungkin masih tersimpan dalam nama modern Thogheret ed-Debr, di sebelah barat daya kota Yerikho.
  • Lokasi di wilayah Gilead, di perbatasan tanah milik suku Gad, umumnya diyakini sama dengan kota Lo-Debar (Yosua 13:26). Ada yang mengidentifikasinya dengan Umm ed-Dabar, 16 km (9.9 mil) sebelah selatan Danau Genesaret.