David Cameron

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
The Right Honourable

David Cameron

MP
Perdana Menteri Britania Raya
Petahana
Mulai menjabat
11 Mei 2010
Penguasa monarki Elizabeth II
Deputi Nick Clegg
Didahului oleh Gordon Brown
Pemimpin Oposisi Britania Raya
Masa jabatan
6 Desember 2005 – 11 Mei 2010
Penguasa monarki Elizabeth II
Perdana Menteri Tony Blair
Gordon Brown
Didahului oleh Michael Howard
Digantikan oleh Harriet Harman
Menteri Pendidikan dan Keterampilan (Oposisi)
Masa jabatan
6 Mei 2005 – 6 Desember 2005
Pemimpin Michael Howard
Didahului oleh Tim Yeo
Digantikan oleh David Willetts
Anggota Parlemen
untuk Witney
Petahana
Mulai menjabat
7 Juni 2001
Didahului oleh Shaun Woodward
Mayoritas 22.740 (32,5%)
Informasi pribadi
Lahir 9 Oktober 1966 (umur 48)
London, Britania Raya
Partai politik Partai Konservatif
Suami/istri Samantha Sheffield (menikah 1996–kini)
Anak Ivan Reginald Ian (meninggal dunia)
Nancy Gwen
Arthur Elwen
Florence Rose Endellion
Tempat tinggal 10 Downing Street (resmi)
Alma mater Brasenose College, Oxford
Agama Anglikan
Sosial media
Situs web Situs web Partai Konservatif

David William Donald Cameron (lahir di London, Inggris, 9 Oktober 1966; umur 48 tahun) adalah Perdana Menteri Britania Raya dan juga seorang pemimpin Partai Konservatif.

Masa kecil dan karier[sunting | sunting sumber]

Cameron dibesarkan dekat Wantage di Oxfordshire, anak seorang pialang saham, Ian Donald Cameron. Ia belajar di Eton dan Brasenose College, Oxford. Gurunya di Oxford, Profesor Vernon Bogdanor, melukiskannya sebagai "salah seorang mahasiswa yang paling cerdas" yang pernah diajarnya, yang pandangan politiknya "moderat dan cukupan Konservatif". Ia lulus pada 1988 dengan hasil yang sangat baik dalam bidang Filsafat, Politik, dan Ekonomi.

Cameron bekerja untuk Departemen Penelitian Konservatif antara 1988 dan 1992. Dua hari dalam seminggu ia menggunakan waktunya untuk membantu di kantor perdana menteri di Downing Street. Setelah pemilihan umum ia menjadi Penasihat Khusus pada pemerintahan Konservatif, pertama-tama di kantor Bendahara, dan kemudian di kantor Departemen Dalam Negeri ketika ia bekerja untuk Michael Howard.

Antara 1994 dan 2001 ia menjadi salah seorang direktur di sebuah kantor swasta, Carlton Communications, dan sampai Agustus 2005 ia menjadi direktur non-eksekutif di sebuah perusahaan yang mengelola waralaba bar, Tiger Tiger.

Keluarga[sunting | sunting sumber]

Cameron menikah dengan Samantha Sheffield pada 1996; mereka mempunyai dua orang anak, dan saat ini istrinya sedang menantikan anak ketiga mereka. Anak pertama mereka, Ivan, dilahirkan dengan cacat lumpuh otak dan epilepsi yang parah. Komentar Cameron tentang berita tentang cacat anaknya itu: "Berita itu menghantam saya seperti sebuah kereta barang ... Untuk sementara waktu saya merasa tertekan karena saya berduka merenungkan perbedaan antara harapan-harapan saya dengan realitas. Tetapi kemudian saya mengatasi semua itu karena ia anak yang luar biasa."

David Cameron adalah saudara sepupu dari wartawan politik dan editor Konservatif, Sir Ferdinand Mount, 3rd Baronet dan cucu dari Sir William Mount, 2nd Baronet. Melalui keluarga Mount, ia terkait dengan banyak keluarga bangsawan Inggris, sebagai keturunan dari Earl of Denbigh ke-7, Earl of Ducie pertama, Henry Herbert, Earl of Carnarvon pertama, Charles Wyndham, Earl of Egremont ke-2, Charles Seymour, Duke of Somerset ke-6 dan Earl of Shrewsbury ke-2, seperti yang dibahas di sini.

Karier di parlemen[sunting | sunting sumber]

Cameron pertama kali berupaya duduk di Parlemen sebagai kandidat Partai Konservatif untuk Stafford pada pemilu 1997, namun ia dikalahkan oleh kandidat Partai Buruh David Kidney. Ia terpilih sebagai kandidat Konservatif untuk Witney pada pemilu 2001, menggantikan bekas anggota parlemen Konservatif, Shaun Woodward yang lompat ke Partai Buruh. Ia memenangi kursi untuk Partai Konservatif dengan 22.153 suara (45,0%), kelebihan 7.973 suara. Pada pemilu 2005 suara yang dikantonginya bertambah hingga 26.571 (49,30%), kelebihan 14.156 suara.

Pada Desember 2005 pemimpin Partai Konservatif Michael Howard mengundurkan diri setelah kekalahan Konservatif dalam pemilu 2005. Melalui pemilihan suara, Cameron terpilih sebagai pemimpin baru dan mulai menjabat pada 6 Desember 2005.

Dalam pemilihan umum 2010, Partai Konservatif berhasil memperoleh hasil terbaiknya sejak tahun 1992 dengan perolehan kursi parlemen terbanyak meskipun masih kurang 20 kursi untuk mencapai mayoritas umum. Pada 11 Mei 2010, Gordon Brown mundur dari jabatannya dan Cameron diangkat menjadi Perdana Menteri Britania Raya baru. Rekan koalisinya, pemimpin Partai Liberal Demokratik, Nick Clegg, diangkat menjadi Wakil Perdana Menteri.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Berita dan komentar
Didahului oleh:
Shaun Woodward
Anggota Parlemen untuk Witney
2001–sekarang
Petahana
Didahului oleh:
Michael Howard
Ketua Partai Konservatif
2005–sekarang
Petahana
Didahului oleh:
Michael Howard
Pemimpin Oposisi
2005-2010
Diteruskan oleh:
Harriet Harman
Didahului oleh:
Gordon Brown
Perdana Menteri
2010–sekarang
Petahana