David Berg

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
David Brandt Berg
Lahir 18 Februari, 1919
Oakland, California, AS
Meninggal Oktober 1994
Costa de Caparica, Portugal
Pekerjaan Pendiri, Children of God

David Brandt Berg (18 Februari 1919 - Oktober 1994), seringkali dikenal dengan nama samarannya Moses David, adalah pendiri dan pemimpin gerakan keagamaan, Children of God, yang juga disebut "The Family International" ("Keluarga Internasional").

Tahun-tahun awal (1919 - 1968)[sunting | sunting sumber]

Berg dilahirkan di Oakland, California, AS pada 18 Februari 1919 dari keluarga Hjalmer Emmanuel Berg dan Pdt. Virginia Lee Brandt (seorang penginjil Kristsen; ia meninggal dunia pada 1968). David adalah anak bungsu dari tiga bersaudara. Abangnya, Hjalmer, lahir pada 1911, dan kakak perempuannya, Virginia, lahir pada September 1915. Virginia Brandt adalah anak dari Pdt. John Lincoln Brandt (1860 - 1946), seorang pendeta Murid-murid Kristus, pengarang, dan dosen di Muskogee, Oklahoma.

David Berg lulus dari SMA Monterey (di California) pada 1935 dan belakangan belajar di Sekolah Administrasi Bisnis Elliott.

Berg, seperti ayahnya, menjadi pendeta di Christian and Missionary Alliance dan ditempatkan di Valley Farms, Arizona, AS. Berg belakangan dikeluarkan dari organisasi ini karena perbedaan dalam ajaran dan dituduh melakukan pelecehan seksual terhadap seorang pegawai gereja. Dalam tulisan-tulisan Berg, ia mengklaim bahwa pemecatan itu disebabkan karena dukungannya terhadap keanekaragaman rasial yang lebih besar di antara jemaatnya.

Fred Jordan, sahabat dan atasan Berg, mengizinkan Berg dan keluarganya untuk membuka sebuah cabang dari Klinik Jiwa-nya di Miami, Florida, AS sebagai sebuah sekolah pelatihan misionaris. Setelah mengalami masalah dengan pemerintah setempat karena metode-metode proselitismenya yang agresif, Berg memindahkan keluarganya ke Klinik Jiwa Texas milik Fred Jordan.

Berg juga seorang anti-Semit yang vokal.[1]

Children of God/Keluarga (1968 - 1994)[sunting | sunting sumber]

David Berg (juga dikenal sebagai King David ("Raja Daud"), Mo, Moses David, Bapak David, Dad ("Ayah"), atau Grandpa ("Kakek") bagi anggota-anggota Children of God), pada 1968, mendirikan gerakan agama baru/kultus/organisasi misioner yang dikenal sebagai Children of God, yang belakangan berganti nama menjadi The Family of Love ("Keluarga Cinta-Kasih") atau The Family ("Keluarga") dan sekarang The Family International ("Keluarga Internasional").

Berg dan kelompoknya pernah tinggal di negara-negara berikut ini (antara lain):

Ia tinggal sama sekali menyendiri dan sangat dirahasiakan dari pengikut-pengikutnya dan, bersama-sama dengan Karen Zerby, diduga telah menggunakan paspor Australia palsu ketika melakukan perjalanannya.

Setidak-tidaknya enam orang perempuan, termasuk kedua anak perempuannya dan dua orang cucu perempuannya, telah secara terbuka menuduh bahwa Berg telah melecehkan mereka secara seksual ketika mereka masih anak-anak. Anak perempuan pertama Berg, Deborah Davis, telah menulis sebuah buku yang berisi tuduhan bahwa ayahnya secara seksual melecehkan dirinya dan adik perempuannya ketika mereka masih kecil, dan berusaha berhubungan seks dengannya ketika ia sudah dewasa. Adik perempuannya, Faith Berg, mendukung tuduhan-tuduhan ini, tapi menggambarkannya dalam cara yang positif. Dalam sebuah kasus hak asuhan anak di Britania Raya, cucu perempuan Berg, Merry Berg, memberikan kesaksian bahwa Berg melecehkannya secara seksual ketika ia masih remaja. Seorang cucu perempuan Berg yang lain, Joyanne Treadwell Berg, berbicara di sebuah stasiun televisi Amerika tentang pengalamannya dilecehkan secara seksual oleh David Berg. Anak angkat Berg, Ricky Rodriguez, menulis sebuah artikel di situs MovingOn.org yang isinya menggambarkan aktivitas seksual menyimpang Berg yang melibatkan sejumlah perempuan dan anak-anak. Davida Kelley, anak perempuan pengasuh Rodriguez, Sarah Kelley, menuduh Berg melecehkannya dalam sebuah artikel Rolling Stone Juni 2005.[2] Dalam artikel yang sama, seorang perempuan yang diidentifikasikan sebagai Armendria menuduh bahwa David Berg secara seksual melecehkannya ketika ia berusia 13 tahun.

Berg kadang-kadang meramalkan kejadian-kejadian apokaliptik, meskipun semua ramalannya meleset. Ramalannya yang paling terkenal adalah bahwa sebuah komet akan menghancurkan Amerika Serikat pada 1973 atau 1974. Ia juga meramalkan bahwa bencana besar akan dimulai pada 1989 dan bahwa kedatangan Yesus Kristus yang kedua kalinya akan terjadi pada 1993.

Ia menulis atau mendiktekan lebih dari 3.000 traktat, yang dikenal sebagai "Mo Letters" [Surat-surat Mo] ("Mo" adalah singkatan dari nama samarannya "Moses David"), yang biasanya membahas topik-topik rohani atau praktis dan digunakan sebagai cara untuk menyebarkan dan memperkenalkan kebijakan dan doktrin keagamaan kepada para pengikutnya. Karena obsesinya dengan kerahasiaan, hingga matinya, dalam semua fotonya yang muncul dalam penerbitan-penerbitan kelompok ini biasanya wajahnya ditutupi dengan gambaran pensil yang kasar, seringkali menggambarkannya sebagai singa yang antropomorfis.

Berg meninggal pada 1994 dan dikuburkan di Costa de Caparica, Portugal (namun belakangan jenazahnya dikremasi). Organisasinya saat ini dipimpin oleh jandanya Karen Zerby (yang kata orang diambilnya sebagai "istri kedua" pada Agustus 1969; dikenal sebagai Mama Maria atau Ratu Maria di kalangan Children of God) dan Steven Douglas Kelly (orang Amerika, juga dikenal sebagai Christopher Smith, Peter Amsterdam, atau Raja Peter di kalangan Children of God).

Kehidupan keluarga[sunting | sunting sumber]

David Berg menikahi istrinya yang pertama, Jane Miller (dikenal sebagai "Mother Eve" ["Bunda Hawa"] di lingkungan Children of God), pada 22 Juli 1944 di Glendale, California. Mereka memperoleh empat orang anak:

  • Linda (l. 10 September 1945, dikenal sebagai "Deborah" dalam Children of God);
    • suami ke-1: John/Jethro
      • Joyanne (l. sekitar 1964)
    • suami ke-2: Bill Davis (alias "Isaiah" di kalangan Children of God)
      • Alexander David (l. Agustus 1975)
  • Paul Brandt (l. 21 Juni 1947, alias "Aaron" di kalangan Children of God dan kemungkinan sekali bunuh diri pada April 1973 dekat Jenewa, Swiss);
    • istri: Judy Arlene Helmstetler (alias "Shulamite")
      • Merry Berg (l. 1972, dikenal sebagai "Mene" di kalangan Children of God)
  • Jonathan Emanuel (l. Januari 1949, alias "Hosea" di kalangan Children of God); dan
    • istri: Luranna Nolind (dikenal sebagai "Esther" di kalangan Children of God)
  • Faithy (l. February 1951)
    • suami: Arnold Dietrich (alias "Uskup AGung Joshua" di kalangan Children of God)

Istri keduanya adalah Karen Zerby, yang melanjutkan kepemimpinan di Children of God. Berg secara tak resmi mengadopsi anak laki-lakinya, Ricky Rodriguez. Pada tahun 1970-an dan 198-an, foto-foto tentang Rodriguez (alias "Davidito") yang mengalami pelecehan seksual oleh pengasuh-pengasuh dewasanya disebarkan di seluruh kelompok ini oleh Berg dan Zerby dalam sebuah buku pedoman membesarkan anak yang dikenal sebagai "The Story of Davidito".[3] Pada 2005, Ricky Rodriguez membunuh salah satu dari pengasuh perempuannya yang juga diperlihatkan dalam buku itu sebelum ia membunuh dirinya sendiri beberapa jam kemudian.

Pandangan sosiologis[sunting | sunting sumber]

Sosiolog Dr. Thomas Robbins berpendapat bahwa kepemimpinan Berg atas Children of God didasarkan pada otoritas karismatis.[4]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Berg and Anti-Semitism on xFamily.org
  2. ^ Rolling Stone: The Life and Death of the Chosen One
  3. ^ Story of Davidito di xFamily.org
  4. ^ Robbins, Thomas. Charisma dalam Encyclopedia of Religion and Society disunting oleh William H. Swatos (February 1998) ISBN 0-7619-8956-0

Pranala luar[sunting | sunting sumber]