Dave Baksh

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Dave Baksh

David Nizaam Baksh, atau yang lebih dikenal sebagai Dave Baksh (lahir di Toronto, Kanada, 26 Juli 1980; umur 34 tahun) adalah mantan pentolan dari grup musik Sum 41 yang sekarang menjadi anggota Brown Brigade. Di Sum 41, Dave berperan sebagai gitaris utama dan juga sebagai co-vokalis di beberapa lagu Sum 41, seperti Fat Lip, Mr.Amsterdam, dan What We're All About.

Masa-Masa sebelum di Sum 41[sunting | sunting sumber]

Dave sudah lama terpengaruh oleh aliran-aliran Metal khas Metallica dan Slayer sampai akhirnya harus dikeluarkan oleh sekolahnya karena tidak bisa jauh dari musik. Setelah dikeluarkan dari sekolah, Dave sudah bergabung dalam 9 band di Kanada seperti 747, ANDP, Anatomy Embodiment, Doors of Draven, Fo You Mind, dan lainnya sampai akhirnya bergabung di Sum 41 bersama Deryck Whibley dan Steve Jocz yang merupakan temannya sewaktu di SMA.

Karier Profesional[sunting | sunting sumber]

Sum 41[sunting | sunting sumber]

Dave bergabung dengan Sum 41 sebagai anggota ketiga, setelah Deryck Whibley dan Steve Jocz membentuk band pada musim panas 1996. Sebagai gitaris utama di Sum 41, ia lebih suka menggunakan gitar Paul Reed Smith Singlecut meski sesekali ia pernah menggunakan Gibson Les Pauls dan Gibson X-Plorers Studio. Untuk pedal, ia menggunakan MXR Effects dan Dunlop Wah Pedals. Di Sum 41, ia dijuluki sebagai Brownsound dan juga Pleasure yang khusus digunakan sebagai julukan di band Pain For Pleasure, yaitu band Metal sampingan yang semuanya adalah anggota Sum 41. Lagu-lagu favoritnya semasa di Sum 41 adalah Machine Gun, Mr.Amsterdam, Pain For Pleasure, dan The Bitter End.

Keluarnya Dave dan Brown Brigade[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 11 Mei 2006, Dave memutuskan untuk keluar dari Sum 41 dan membentuk band barunya bernama Brown Brigade. Dave merasa tidak cocok lagi dengan musik Punk Sum 41 dan membutuhkan tantangan dalam permainan gitarnya. Di Brown Brigade, Dave menjadi vokalis dan gitaris bersama sepupunya Vaughn yang nantinya bermain bass. Pada 18 September 2007, Dave dan bandnya Brown Brigade merilis album studio pertamanya yaitu Into the Mouth of Badd(d)ness, Di album perdananya ini Brown Brigade sudah mengeluarkan 3 single termasuk mengcover lagu tersukses Iron Maiden, Hallowed Be Thy Name. Tidak lama lagi, Dave dan bandnya akan merilis album keduannya, Dave berkata dialbum ini, ia akan mengurangkan unsur metal dan menambahkan beberapa genre baru seperi punk rock dan funk.

Organ Thieves[sunting | sunting sumber]

Dave kembali membuat band barunya yaitu Orahn Thieves, aliran musiknya terinspirasi oleh band-band Rock Soul. Sekarang ia sedang sibuk mempersiapkan album debutnya dan rencananya akan dirilis tahun 2010.

Fakta mengenai Dave Baksh[sunting | sunting sumber]