Dark Shadows (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Dark Shadows
Dark Shadows 2012 Poster.jpg
Poster film
Sutradara Tim Burton
Produser Richard D. Zanuck
Graham King
Johnny Depp
Christi Dembrowski
David Kennedy
Skenario Seth Grahame-Smith
Cerita John August
Seth Grahame-Smith
Berdasarkan Dark Shadows 
karya Dan Curtis
Pemeran Johnny Depp
Michelle Pfeiffer
Helena Bonham Carter
Eva Green
Jackie Earle Haley
Jonny Lee Miller
Chloë Grace Moretz
Bella Heathcote
Musik Danny Elfman
Sinematografi Bruno Delbonnel
Penyunting Chris Lebenzon
Studio Village Roadshow Pictures
Infinitum Nihil
GK Films
The Zanuck Company
Distributor Warner Bros.
Tanggal rilis
Durasi 113 menit[1]
Negara Amerika Serikat
Bahasa Inggris
Anggaran $150,000,000[2]
Pendapatan kotor $236,527,149[2]


Dark Shadows adalah sebuah film horor komedi Amerika Serikat tahun 2012. Cerita film ini didasari oleh salah satu sinema elektronik gothik Amerika Serikat berjudul sama yang tayang pada tahun 1966-1971. Film ini dirilis pada tanggal 13 Mei 2012 dan disutradarai oleh Tim Burton serta dibintangi oleh Johnny Depp, Eva Green dan Michelle Pfeiffer.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Barnabas Collins (Johnny Depp) harus menanggung kutukan dari seorang pembantunya, Angelique Bouchard (Eva Green) karena ditolak cintanya dan cemburu buta. Sebagai seorang playboy, Barnabas punya banyak teman wanita. Ia bahkan tidak segan-segan bermesraan dengan wanita yang ia suka di depan Angelique.

Hal itulah yang menyebabkan wanita yang ia cintai tewas dengan cara terjun dari jurang. Barnabas yang tidak bisa menerima kehilangan orang yang dicintainya akhirnya memutuskan untuk bunuh diri. Tapi anehnya, Barnabas malah tak bisa mati. Ia bahkan mengalami perubahan wujud menjadi seorang vampir akibat kutukan Angelique. Selanjutnya, ia hanya bisa memandangi Angelique yang menghasut penduduk untuk mengurung Barnabas dalam peti mati, dan menguburnya jauh di hutan.

200 tahun berlalu sejak kejadian itu. Keluarga besar Collins juga sudah berganti beberapa generasi. Saat itu, disekitar kediamannya akan dibangun pemukiman modern. Para pekerja menjadi heboh ketika traktor menemukan peti mati berantai. Penasaran dengan penemuan itu, sang mandor akhirnya memutuskan untuk membuka peti mati itu. Selanjutnya, mereka yang melihat hanya bisa berteriak meregang nyawa, karena darahnya dihisap oleh Barnabas sang vampir yang ada dalam peti mati itu. Barnabas kemudian kembali kerumahnya. Salah seorang pembantu langsung ia hipnotis untuk menjadi hamba. Ia pun lalu masuk kedalam gedung dan tinggal disalah satu tempat rahasia. Kemudian ia bertemu dengan Elizabeth Collins (Michelle Pfeiffer), salah satu keturunan Collins yang lainnya. Berdasarkan kesepakatan bersama, akhirnya mereka berjanji tak akan membuka rahasia. Barnabas kembali menekuni bisnis keluarga dengan aktivitas hanya dimalam hari saja.

Suatu hari, ia kedatangan tamu yang ternyata merupakan titisan Angelique. Angelique yang baru ini pun langsung terpikat dan keduanya pun lalu menjalin cinta. Sayangnya, di rumah Barnabas juga tinggal Victoria (Bella Heathcote), yang rupanya merupakan salah seorang penerus dari kekasih Barnabas yang bunuh diri. Keduanya pun kembali berhubungan dan sekali lagi membakar api cemburu dihati Angelique. Angelique pun kembali merencanakan pembunuhan Barnabas untuk kedua kalinya. Barnabas kemudian dijebak dirumah Angelique. Sewaktu ia tidak setuju dengan rencana gila Angelique, ia langsung diikat dan dikurung di dalam peti mati. Setelah itu, ia dibawa ke suatu tempat. Angelique ingin menghancurkan bisnis keluarga Collins dengan membakar pabrik milik mereka.

Setelah yakin Barnabas sudah terkurung dalam peti mati, ia segera memprovokasi massa untuk menuju rumah keluarga Collins. Ia tidak tahu kalau Barnabas berhasil selamat karena dibebaskan oleh keponakannya, David Collins (Gulliver McGrath) dan berniat untuk membalas Angelique. Angelique pun terkejut setengah mati ketika mengetahui kalau Barnabas bisa bebas dan mendapatinya telah menunggunya untuk membalas dendam. Antara keduanya pun kemudian terlibat perkelahian seru yang berakibat terbakarnya rumah keluarga Collins dan berakhir dengan jatuhnya Victoria ke jurang akibat mantra Angelique. Barnabas kemudian mengubahnya menjadi vampir untuk menyelamatkan hidupnya dan mengatakan kalau kutukan Angelique telah berakhir.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Johnny Depp sebagai Barnabas Collins[3], seorang Vampir abad ke-18 yang bangkit di abad ke-20. Thomas McDonell juga bermain secara singkat di film ini sebagai Barnabas yang berumur 6 tahun. Sementara seorang karakter empati sadar akan sifat menakutkannya, Barnabas menahan lapisan jahatnya, tidak pernah mengampuni dan menaruh belas kasih dalam membunuh. Dia hanya setia dan loyal kepada keluarganya, dia adalah seseorang yang sungguh dibuat secara konsisten dengan baik sebagai seorang pria Inggris yang terjebak di abad ke-18.
  • Michelle Pfeiffer sebagai Elizabeth Collins Stoddard[3], Ibu pemimpin keluarga. Keras dan teliti, tapi loyal dan mengabdi kepada keluarganya. Elizabeth peduli terhadap setiap anggota keluarga dan merawat serta menolong mereka dalam menghadapi sesuatu melalui percobaan pribadi.
  • Helena Bonham Carter sebagai Dr. Julia Hoffman]][3], orang yang berperan sebagai psikiater di rumah Keluarga Collins, disewa untuk mengurus David atas kepercayaannya terhadap hantu.
  • Eva Green sebagai Angelique Bouchard[3]
  • Jackie Earle Haley sebagai Willie Loomis[3]
  • Jonny Lee Miller sebagai Roger Collins[3]
  • Bella Heathcote sebagai Victoria Winters[3]
  • Chloë Moretz sebagai Carolyn Stoddard[3]
  • Gulliver McGrath sebagai David Collins[3]
  • Ray Shirley sebagai Mrs. Johnson[3]
  • Christopher Lee sebagai Silas Clarney[3]
  • Alice Cooper sebagai dirinya sendiri[3]
  • Ivan Kaye sebagai Joshua Collins[3]
  • Susanna Cappellaro sebagai Naomi Collins[3]

Soundtrack[sunting | sunting sumber]

Dark Shadows: Original Score
No. Judul Durasi
1. "Dark Shadows Prologue" (Uncut) 7:52
2. "Resurrection"   2:54
3. "Vicki Enters Collinwood"   1:21
4. "Deadly Handshake"   2:14
5. "Shadows (Reprise)"   1:08
6. "Is It Her?"   0:43
7. "Barnabas Comes Home"   4:18
8. "Vicki's Nightmare"   1:26
9. "Hypno Music"   0:47
10. "Killing Dr. Hoffman"   1:14
11. "Dumping the Body"   0:58
12. "Roger Departs"   2:33
13. "Burn Baby Burn / In-Tombed"   2:49
14. "Lava Lamp"   2:17
15. "The Angry Mob"   4:40
16. "House of Blood"   3:38
17. "Final Confrontation"   2:20
18. "Widows' Hill (Finale)"   3:47
19. "The End?" (Uncut) 2:42
20. "More the End?"   1:55
21. "We Will End You!"   1:09

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

  • Dark Shadows (sinema elektronik Amerika Serikat tahun 1960an)

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Dark Shadows di IMDB". Diakses 16 Mei 2012. 
  2. ^ a b "Dark Shadows (2012)". Box Office Mojo. Diakses May 20, 2012. 
  3. ^ a b c d e f g h i j k l m n "Full cast and crew for Dark Shadows di IMDB". Diakses 5 Mei 2012. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]