Dardania (Troas)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Troas

Dardania (bahasa Yunani: Δαρδανία) dalam mitologi Yunani adalah nama sebuah kota[1] yang didirikan di Gunung Ida oleh Dardanos yang darinya nama daerah dan bangsa yang menghuninya berasal. Tempat ini terletak di Hellespontos dan merupakan sumber bagi nama modern selat tersebut, Dardanelles.

Dardania memiliki cucu bernama Troas. Dari namnya, suku di tempat tersebut memperoleh nama tambahan, yaitu orang Troya sedangkan daerahnya memperoleh nama tambahan Troad. Putra Tros, Ilos, selanjutnya mendirikan kota yang lebih jauh yang disebut Ilion di dataran tinggi di sana. Kota itu kini lebih dikenal sebagai Troya, dan kerajaanya dibagi dua antara Ilion dan Dardania.

Dardania juga didefinisikan sebagai sebuah distrik di Troad, terletak di sepanjang Hellespontos, sebelah barat daya Abydos, dan berbatasan dengan wilayah Ilion. Orang-orangnya, disebut suku Dardani, muncul dalam Perang Troya, bersekutu dengan Troya. Nama suku Troya dan Dardania seringkali dipertukarkan, khususnya oleh para penyair Romawi.[2]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Lemprière's Classical dictionary
  2. ^ Harry Thurston Peck, Harper's Dictionary of Classical Antiquity, 1898.