Dara-laut jambul

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
?Dara-laut jambul
Crested Tern Tasmania.jpg
Status konservasi
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Aves
Ordo: Charadriiformes
Famili: Sternidae
Genus: Sterna
Spesies: T. bergii
Nama binomial
Thalasseus bergii
(Lichtenstein, 1823)

Dara-laut jambul (bahasa Latin = Sterna bergii) adalah spesies burung dari keluarga Sternidae, dari genus Sterna. Burung ini merupakan jenis burung pemakan ikan, kepiting yang memiliki habitat di pantai, pulau karang.

Ciri-ciri[sunting | sunting sumber]

Dara-laut jambul memiliki tubuh berukuran besar (45 cm). Kepala berjambul, paruh kuning. Tubuh bagian atas abu-abu, bagian bawah putih. Muda: Abu-abu lebih gelap. Bagian atas berbintik coklat dan putih. Ekor abu-abu. Musim panas: Mahkota dan jambul hitam, berubah berbintik putih saat peralihan musim. Musim dingin: Mahkota putih. Jambul berbintik abu-abu. Iris coklat, paruh kuning, kaki hitam. Mencari ikan dalam kelompok kecil. Kadang bersama dengan Dara-laut lain. Beristirahat di pantai, bagan, tiang, atau benda terapung di air. Sering terbang sampai agak jauh ke tengah laut. Sarang berupa cekungan dangkal di pasir. Telur berwarna kuning tua, berbintik abu-abu, jumlah 1-2 butir. Berbiak bulan Mei-Juni. Di Indonesia berbiak hanya di P. Karimunjawa.

Penyebaran[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ BirdLife International (2009) Sterna bergii In: IUCN 2009. IUCN Red List of Threatened Species. Version 2009.1. www.iucnredlist.org Diambil pada 6 October 2010.