Daniel Guérin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Daniel Guérin (19 Mei 1904 - 14 April 1988) adalah seorang anarkis dan penulis asal Perancis, karya-karyanya yang masyhur antara lain Anarchism: From Theory to Practice (Anarkisme: Dari Teori sampai Praktek) dan koleksinya No Gods No Masters: An Anthology of Anarchism (No Gods No Masters: Sebuah Antologi Anarkisme) yang di dalamnya berisi koleksi dari kumpulan tulisan-tulisan ide dan pergerakan yang mengilhami gerakan anarkisme, dari mulai karya awal Max Stirner di pertengahan abad ke-19 hingga awal paruh abad ke-20. Dia juga dikenal atas sikap perlawanannya terhadap Fasisme dan Kolonialisme, serta dukungannya terhadap organisasi Confederación Nacional del Trabajo (CNT) semasa Perang Saudara Spanyol, dan juga pembelaan revolusionernya terhadap cinta yang bebas (free love) dan homoseksualitas (dia adalah seorang biseksual).

CGT, PSOP, dan Marxisme Libertarian[sunting | sunting sumber]

Dimasa muda, Guérin memulai aktivitas politiknya saat bergabung dengan sebuah majalah sindikalis revolusioner bernama La Révolution prolétarienne. Ia mengunjungi Libanon (1927-1929) dan Indochina Perancis (1929-1930) dan kemudian menjadi seorang yang penuh gairah dalam melawan usaha-usaha kolonial (penjajahan). Pada tahun 1932, ia bergabung dengan Confédération Générale du Travail, sebuah serikat dagang sindikalis; pada pertengahan tahun 1930-an, ia ikut dalam gerakan Marceau Pivert Gauche Révolutionnaire ("Kiri Revolusioner"), yang merupakan cikal bakal dari Partai SFIO. Saat unsur Gauche tidak diperkenankan lagi dalam SFIO, ia kemudian menjadi salah seorang pemimpin dalam sebuah organisasi baru bernama Parti Socialiste Ouvrier et Paysan (PSOP - "Partai Buruh dan Petani Sosialis"), dan pada saat itu ia cukup dekat dengan Leon Trotsky.

Pada tahun 1933, ia mengunjungi Jerman Nazi, sebuah pengalaman yang menginspirasikannya dalam menulis karyanya yang berjudul Fascism dan Big Business (Fasisme dan Bisnis Besar), dimana ia menjelaskan secara detail akar-akar dari gerakan fasis dari awal sampai akhir, dan hubungannya dengan kapitalisme. Secara berangsur-angsur, idealismenya pada akhirnya berkembang menjadi sebuah kombinasi dari marxisme dan anarkisme. Dalam esainya Libertarian Marxism? (Marxisme Libertarian?), ia mulai mempercayai bahwa filosofi Karl Marx harus di kritik seluruhnya dalam Komune Paris, yang mana ia membubuhkan rencana orisinilnya untuk dua langkah revolusi, pertama menghapuskan kelas, kemudian menghapuskan pemerintah, menjadi lebih dipersingkat, dalam sebuah proses libertarian. Sebuah ringkasan ide-ide-nya dapat ditemukan pada perkataannya:

"Untuk menyebut seseorang sebagai seorang marxis libertarian hari ini bukanlah dengan cara melihat kemasa lalu tetapi dilihat komitmennya dimasa depan. Marxis libertarian bukanlah seorang akademisi tetapi ia adalah seorang militan. Dia sangat sadar bahwa atas dirinyalah bagaimana mengubah dunia - tidak lebih, tidak kurang. Sejarah melemparnya ke pinggir. Dimanapun saat revolusi sosialis telah didengungkan. Revolusi - seperti mendarat di bulan - telah memasuki dunia dengan segera dan sangat mungkin. Definisi yang tepat akan bentuk dari masyarakat sosialis sudah tidak lagi menjadi sebuah bentuk utopian. Seorang utopian sejati adalah mereka yang melihat dengan jelas realitas ini." (Mengapa Marxisme Libertarian, 1969)

Perang Saudara Spanyol dan Era 1940-an[sunting | sunting sumber]

Saat Perang Saudara Spanyol pecah pada tahun 1936, dengan cepat ia memberikan dukungannya kepada tentara Republik, tetapi, tidak lebih dari setahun, setelah keretakan internal dalam tubuh tentara Republik akhirnya meletus menjadi pertempuran yang sesungguhnya, kaum Stalinis dalam Unified Socialist Party of Catalonia di satu sisi, dan kaum trotskyis dalam Workers' Party of Marxist Unification (POUM) dan kaum anarkis dalam CNT di sisi lainnya, ia telah kehilangan sebuah janji besar akan keyakinannya dalam faksi pendukung Soviet.

Pada tahun 1946, Daniel Guérin pergi ke Amerika Serikat, dan terkejut atas perlakuan terhadap kaum Afro-Amerika, dan tidak adanya persamaan hak baginya terhadap teman imbangannya kaum Euro-Amerika. Ia menjadi saksi gerakan hak sipil, dan kemudian ia mencatat pengalamannya dalam bukunya Negroes On the March (Kaum Negro dalam Barisan). Pada tahun yang sama ia juga menerbitkan studi mendalamnya akan Revolusi Perancis, La lutte de classes sous la première République : Bourgeois et 'bras nus' (1793-1797) ("Perjuangan kelas di Republik Pertama: Kaum Borjuis dan rakyat") dimana, tidak seperti kebanyakan sejarawan kiri, di sangat mengkritik Jacobin.

Masa-masa akhir hidupnya[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1959, dengan menerbitkan Youthness of Libertarian Socialism ia memulai keterlibatannya dalam gerakan Anarkisme. Guérin menjadi anggota beberapa organisasi Anarkis-Komunis: ORA (Organisasi Anarkis Revolusioner), sejak tahun 1971 sampai 1977, UTCL (Persatuan Buruh Libertarian Komunis), sejak tahun 1979 sampai masa kematiannya pada tahun 1988 (pada tahun 1991, UTCL berubah menjadi Alternative Libertaire).

Daftar karya tulisan (belum lengkap)[sunting | sunting sumber]

  • Anarchism: From Theory to Practice
  • Class Struggle in the First French Republic
  • Fascism and Big Business
  • Proudhon: Oui ou Non?
  • Anarchism and Marxism
  • For a Libertarian Marxism
  • Towards a Libertarian Communism
  • Negroes on the March
  • No Gods No Masters: An Anthology of Anarchism

Pranala luar[sunting | sunting sumber]