Dani Mamesah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Hidup Dani Festus Mamesah atau yang lebih dikenal dengan nama Dani Mamesah (lahir di Jakarta, Indonesia, 3 Juni 1953) adalah seorang drummer grup band Drakhma dan juga penulis lagu bagi beberapa penyanyi papan atas pada era 1980-an seperti Vina Panduwinata, Anita Sarawak, Titi Dwijayati, Neni Alfiani, dan Vony Sumlang.

Dani Mamesah
Nama Lahir: Hidup Dani Festus Mamesah
Lahir: 3 Juni 1953
Pekerjaan: Musisi, Drummer, Penulis Lagu
Instrumen: drum
Terkait dengan: Drakhma, Vina Panduwinata,

Anita Sarawak, Titi Dwijayati

Orang Tua: Salem Mamesah,

Geertrueda Mamesah-Mewengkang

Pasangan: Anna Veronica Mamesah-Paat
Anak: Khanda Mamesah,

Atma Mamesah

Awal Karier[sunting | sunting sumber]

Dani Mamesah sudah mulai bermusik secara otodidak sejak kecil, tanpa sekalipun menjalani kursus musik. Darah seni sangat kuat diturunkan dari sang ayah, Salem Mamesah (Heinz Salem Pieter Mamesah) yang juga hobi bermusik, terutama dalam memainkan alat musik biola & kulintang (alat musik tradisional Minahasa/Manado). Hari-hari mudanya diisi dengan menciptakan lagu-lagu. Band pertamanya dibentuk pada tingkat SMA, bersama dengan sahabatnya, Gideon Tengker.

Puncak Karier[sunting | sunting sumber]

Era 1980-an merupakan era keemasan bagi Dani Mamesah, di mana ia berperan sebagai drummer di grup band Drakhma, band ber-genre Jazz Rock yang didominasi oleh alat tiup. Band yang namanya diambil dari mata uang Yunani ini terdiri dari: Dodo Zakaria (keyboard), Ricky Basuki (vokal), Rudy Gagola (bass), Gideon Tengker (gitar), Wawan Tagalos (trombone, flute), Chalik (saxophone), dan Eddy (trumpet), serta sederet penyanyi latar wanita: Rieta Amilia, Uce Anwar, Christine Budiardjo, Daisy Maengkom, dan Eva Diana Sari. Band ini merilis tiga album masing-masing bertajuk Hari Esok, Citra Bahagia, dan Tiada Kusadari.

Pada era ini juga Dani Mamesah menciptakan banyak lagu hits yang dinyanyikan oleh penyanyi-penyanyi papan atas pada masa itu. Bahkan ia berhasil memasukkan tiga lagu hasil karyanya sebagai finalis pada festival FLPI tahun 1982.

Namanya juga terkait dengan grup band Niagara yang didukung oleh musisi seperti, Harry Anggoman, Dion, dan Yanto. Band ini telah merilis dua album masing-masing bertajuk Bumi Pertiwi dan Api Asmara.

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Bersama Drakhma[sunting | sunting sumber]

Bersama Niagara[sunting | sunting sumber]

Album Kompilasi[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. <http://lapanpuluhan.blogspot.com/> diakses 29 Oktober 2014
  2. <http://josechoalinge-situs.blogspot.com/2014/06/niagara.html?m=1/>

diakses 5 Juni 2015