Dangerous Muse

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Dangerous Muse
Asal New York City, Amerika Serikat
Tahun aktif 2003–sekarang
Label Scarce Goods
Sire Records
Warner Music Group
Situs web dangerousmuse.com
Anggota Mike Furey
Tom Napack

Dangerous Muse adalah duo electropop asal Amerika Serikat yang terbentuk di Kota New York. Mereka berdua adalah Mike Furey sebagai vokalis dan Tom Napack sebagai musisi/programmer yang sering digambarkan memegang Keytar.

Sejarah Terbentuknya Dangerous Muse[sunting | sunting sumber]

Dangerous Muse, duo elektropop asal Kota New York terbentuk ketika Mike Furey dan Tom Napack bertemu saat menjadi mahasiswa di Fordham University. Furey adalah seorang penyanyi dan penulis yang sedang belajar piano dan ingin mencoba mengembangkan musik yang bernuansa elektronik. Napack adalah seorang musisi sekaligus programmer musik yang berkeinginan untuk berkolaborasi dengan seorang penulis lirik lagu. Mereka pertama merekam lagu berjudul "The Rejection," yang langsung menangkap perhatian Seymour Stein, seorang legenda di dunia perusahaan rekaman yang kaya raya. Inilah yang merupakan tanda awal mula hubungan mereka secara simbiotik.

Tahun 2005, Stein menawarkan pasangan ini untuk melakukan demo lagu mereka ke Sire Records dan akhirnya mereka dengan mudah menandatangani kerja sama dengan Cordless Recordings, yang merupakan salah satu anak perusahaan Warner Music Group yang memproduksi lagu-lagu digital. "The Rejection," adalah salah satu debut EP yang dimasukkan iTunes Dance Chart yang duduk di posisi #2 dan tetap bertahan selama beberapa minggu. Video "The Rejection" mengudara di stasiun Logo Network MTV dan dalam minggunya yang kedua nongkrong diposisi #1. Kesuksesan ini kemudian banyak menjadi highlight para pers dalam majalah-majalah, surat kabar dan blog-blog. Termasuk di antaranya menjadi cover majalah music tahunan The Advocate, blog popular Perez Hilton, dan "Year End Ones to Watch" dari The New York Daily News.

Aksi Panggung Dangerous Muse "Give Me Danger," adalah single kedua dan digital EP mereka, dirilis pada akhir tahun 2006. Enam Lagu EP terdiri dari "The Rejection" dan tiga lagu baru. Selama rilis, debut EP berhasil masuk Top-10 Electronic album chart iTune. Memontum ini dilanjutkan dengan live show dan tour di kota-kota yang terpilih disekitar Amerika Serikat. Pada musim gugur tahun 2007, Sire Records merilis "Everyday Is Halloween" dalam versi band dan "Give Me Danger" dalam versi alternative. Mike dan Tom sekarang sedang menyelesaikan debut album pertama mereka untuk Sire Records. Beberapa produser yang terlibat dalam pembuatan materi album ini yaitu termasuk Bloodshy & Avant (Madonna, Britney Spears, Kylie), penyanyi dan produser Esthero, Ted Ottaviano (Book Of Love, Doubleplusgood), dan Josh Harris (Passengerz, Big Woodie). Album ini diharapkan rilis pada awal tahun 2010.

Dangerous Muse telah sedang mempersiapkan konsep performance untuk live show nasional mereka yang pertama. Duo ini juga didukung oleh Chris Kling pada drum dan Walls O'Mara pada backing keyboard. Group ini baru-baru ini telah membuat debut performance televisi untuk New Now Next Awards MTV, pertuntujukan awal tanggal 7 Juni, dengan "Secret" sebagai single dari album mereka berikutnya.

Pada 28 Nopember 2009, Dangerous Muse mengunjungi Brazil untuk mengikuti acara "DJING Night" yang diselenggarakan di Gloria Club, São Paulo.

Dangerous Muse pernah bekerjasama dengan H&M dan Designers Against AIDS untuk Fashion Against AIDS Campaign tahunan yang kedua. Kaos mereka telah terjual lebih 1,000 potong di toko H&M di 30 negara mulai pada tanggal 28 mei 2009. 25% dari penjualan kaos ini disumbangkan ke Designers Against AIDS, UNFPA, YouthAIDS, dan MTV Staying Alive Foundation. Dangerous Muse juga ikut serta dalam kampanye peningkatan kesadaran dan penaggulangan HIV/AIDS bersama Katy Perry, Cyndi Lauper, N*E*R*D, Estelle, Yoko Ono, Tokio Hotel, Dita Von Teese, Robyn, Moby, Yelle, and Katharine Hamnett.

Duo ini juga pernah muncul sebagai band yang membawakan lagu “Sex Dwarf” yang dipopulerkan oleh Soft Cell dan “Girls Like You” oleh Amanda Ghost dalam film House of Boys yang dibintangi oleh Layke Anderson dan Udo Kier.

Pada 15 Desember 2009, Dangerous Muse merilis single dan video “I Want It All” yang sudah lama ditunggu-tuggu.Ini merupakan rilis single pertama mereka dibawah label Scarce Goods.

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Album[sunting | sunting sumber]

  1. 2011: Take Control

Single[sunting | sunting sumber]

  1. 2006: The Rejection
  2. 2007: Give Me Danger
  3. 2009: I Want It All

Referensi[sunting | sunting sumber]