Danau Taihu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Danau Taihu

Wikidata: Tai Lake Taihu (太湖; Pinyin: tài hú, secara harfiah berarti 'Danau Agung') adalah danau besar di delta anak Sungai Panjang. Dengan luas 2.250 km² dan kedalaman rata-rata 2 m, danau Taihu merupakan danau air tawar terbesar ketiga di Republik Rakyat Tiongkok, setelah Danau Poyang dan Dongting.

Daerah di sekitar danau Taihu merupakan daerah penghasil gandum terbesar di Tiongkok. Danau ini juga merupakan daerah industri perikanan dan juga bebatuan hiasan yang unik. Batu-batu unik ini banyak digunakan sebagai bahan dekorasi untuk taman tradisional Cina di daerah sekitarnya seperti Suzhou.

Sekitar 90 pulau, beberapa di antaranya hanya sependek beberapa kaki dan lainnya sepanjang beberapa kilometer, berhamparan di sekitar wilayah danau. Kehadiran kapal pemancing ikan tradisional turut mempercantik pemandangan dan membuatnya menarik untuk dikunjungi.

Tempat terbaik untuk melihat Taihu yaitu dari Taman Xihui (錫惠公園) di sebelah barat Wuxi (無錫). Dari puncak Pagoda Terang Naga (龍光塔; Lóng Guāng Tǎ), dapat dilihat pemandangan kota Wuxi and Taihu. Taman ini berakhir di Taman Jichang yang bergaya Dinasti Ming.

Tàihúshuǐ (太湖水, 'Air Taihu') adalah bir lokal yang menggunakan air lokal dari danau Taihu dalam proses pembuatannya.