Danau Saiko

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Danau Saiko
Danau Saiko - Foto udara Danau Saiko
Foto udara Danau Saiko
Jenis danau Danau air tawar
Terletak di negara Jepang
Luas permukaan 2,12 km²
Kedalaman rata-rata -
Kedalaman maks. 73,2 m
Panjang tepi danau1 9,85 km
Ketinggian permukaan 900 m
Pemukiman Fujikawaguchiko
1 Panjang tepi danau tidak begitu jelas definisinya.

Danau Saiko (西湖 Sai-ko?) adalah danau yang terletak di kaki Gunung Fuji, Prefektur Yamanashi, Jepang. Salah satu dari lima danau yang disebut Lima danau Fuji, danau ini terletak di kota Fujikawaguchiko.

Di sisi selatan terdapat kawasan hutan Aokigahara yang penuh misteri. Di tepi sebelah barat danau terdapat rumah penginapan berharga murah (minshuku) dan tempat-tempat untuk berkemah. Rumah penginapan dan tempat berkemah dimanfaatkan untuk perkemahan musim panas serta kelompok pemuda. Di antara kelima danau Gunung Fuji, danau ini merupakan danau yang paling sepi dari wisatawan.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Di antara kelima danau di kaki Gunung Fuji, Danau Saiko merupakan danau terdalam nomor dua setelah Danau Motosu. Danau ini berhubungan dengan Danau Shōji dan Danau Motosu dengan terowongan air bawah tanah, sehingga ketiganya memiliki ketinggian permukaan air yang kurang lebih hampir sama, 901 m di atas permukaan laut.

Di zaman kuno, Danau Motosu-Danau Shōji-Danau Saiko merupakan satu danau besar, tapi aliran lava akibat letusan Gunung Fuji menjadikan Danau Motosu sebagai danau yang terpisah. Aliran lava dari letusan tahun 864 selanjutnya memisahkan Danau Saiko dari Danau Shōji. Ketiga danau diperkirakan saling bersambungan di bagian dasar danau.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Wikidata: Lake Sai

Lima danau Fuji
Danau Kawaguchi | Danau Yamanaka | Danau Sai | Danau Shōji | Danau Motosu