Danau Saiko

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Danau Saiko
Foto udara Danau Saiko
Jenis perairanDanau air tawar
Terletak di negaraJepang
Area permukaan2,12 km²
Kedalaman rata-rata-
Kedalaman maksimal73,2 m
Keliling19,85 km
Ketinggian permukaan900 m
PermukimanFujikawaguchiko
Peta
1 Perkiraan.

Danau Saiko (西湖, Sai-ko) adalah danau yang terletak di kaki Gunung Fuji, Prefektur Yamanashi, Jepang. Salah satu dari lima danau yang disebut Lima danau Fuji, danau ini terletak di kota Fujikawaguchiko.

Di sisi selatan terdapat kawasan hutan Aokigahara yang penuh misteri. Di tepi sebelah barat danau terdapat rumah penginapan berharga murah (minshuku) dan tempat-tempat untuk berkemah. Rumah penginapan dan tempat berkemah dimanfaatkan untuk perkemahan musim panas serta kelompok pemuda. Di antara kelima danau Gunung Fuji, danau ini merupakan danau yang paling sepi dari wisatawan.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Di antara kelima danau di kaki Gunung Fuji, Danau Saiko merupakan danau terdalam nomor dua setelah Danau Motosu. Danau ini berhubungan dengan Danau Shōji dan Danau Motosu dengan terowongan air bawah tanah, sehingga ketiganya memiliki ketinggian permukaan air yang kurang lebih hampir sama, 901 m di atas permukaan laut.

Di zaman kuno, Danau Motosu-Danau Shōji-Danau Saiko merupakan satu danau besar, tetapi aliran lava akibat letusan Gunung Fuji menjadikan Danau Motosu sebagai danau yang terpisah. Aliran lava dari letusan tahun 864 selanjutnya memisahkan Danau Saiko dari Danau Shōji. Ketiga danau diperkirakan saling bersambungan di bagian dasar danau.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Lima danau Fuji
Danau Kawaguchi | Danau Yamanaka | Danau Sai | Danau Shōji | Danau Motosu