Danau Napabale

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Danau Napabale
Danau Napabale is located in Indonesia
Lokasi di Indonesia
Informasi tempat wisata
Lokasi Sulawesi Tenggara, Kabupaten Muna
Negara  Indonesia
Koordinat 4°32′30″LS 122°27′05″BT / 4,5417°LS 122,4514°BT / -4.5417; 122.4514Koordinat: 4°32′30″LS 122°27′05″BT / 4,5417°LS 122,4514°BT / -4.5417; 122.4514
Pengelola Pemerintah Daerah Kabupaten Muna
Jenis objek wisata Wisata Alam, Danau, Laguna
Fasilitas Parkiran, Trotoar, Gazebo, WC, Kamar Ganti, Mushala

Danau Napabale merupakan sebuah danau yang terletak di Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara, Indonesia. Terletak di kaki bukit, dihubungkan ke laut melalui sebuah terowongan alami. Pada saat air laut surut para pengunjung dapat melewati terowongan tersebut. Namun apabila air laut sedang pasang sangat berbahaya untuk berenang karena air laut akan naik sampai ketinggian setengah meter di atas terowongan alam tersebut. Danau Napabale tersebut letaknya ± 15 Km dari Raha ibu kota Kabupaten Muna.

Terowongan yang ada pada danau ini memiliki bentang panjang 30 m serta lebar 9 m. Terowongan ini menghubungkann bongkahan danau dengan laut lepas.

Asal Kata Napabale[sunting | sunting sumber]

Napabale berasal dari dua suku kata yaitu napa dan bale yang kalau diartikan secara lengkap dalam bahasa indonesia berarti pelabuhan dan tempat orang mengambil daun pandan muda, yang memang banyak tumbuh disekitar danau tersebut.

Pesona yang ditawarkan Danau Napapabaele[sunting | sunting sumber]

Danau Napabale merupakan sebuah danau yang terletak di Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara, Indonesia. Terletak di kaki bukit, dihubungkan ke laut melalui sebuah terowongan alami. Pada saat air laut surut para pengunjung dapat melewati terowongan tersebut. Disekeliling danau kita dapat melihat bongkahan bongkahan batu karang berselimutkan pepohonan hijau mencuat di permukaan air, mengelilingi sekeliling danau berair asin ini. Karena keindahannya, setiap tahun ada banyak sekali wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara yang berkunjung ke danau ini. Di danau ini para wisatawan dapat memuaskan mata mereka dengan hamparan danau yang dikeliling oleh pepohonan yang hijau. Selain itu, wisatawan dapat memuaskan hobi berenang mereka di danau ini. Jika wisatawan ingin mengelilingi danau, para tukang perahu siap menawarkan jasa mengantarkan anda berkeliling danau, atau dapat menuju ke pantai berpasir putih yang berada diseberang danau melaui terowongan karang.

Akomodasi ke Danau Napabele[sunting | sunting sumber]

Untuk menuju danau ini kita dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum yang siap mengantarkan para wisatawan ke danau ini. Untuk sampai ke danau ini kita tidak membutuhkan waktu terlalu lama, hanya menempuh perjalanan sejauh ± 15 Km dari pusat kota raha. Beberapa kilometer dari napabale ada sebuah situs peninggalan purbakala yang terletak diatas ketinggian bukit dan tidak dapat pula di tinggalkan, yaitu Situs Peninggalan Purbakala Liang Kobori dan Metanduno.