Danau Angsa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Danau Angsa (bahasa Rusia: Лебединое озеро, Lebedinoye ozero) adalah balet dalam 5 babak, dengan musik dari Pyotr Tchaikovsky dan koreografi dari Julius Reisinger. Danau Angsa didasarkan pada libretto Vladimir Begichev dan kemungkinan Vasily Geltser; dibuat dalam pencariannya atas legenda Jerman Kuno tentang puteri Odette yang diubah menjadi angsa putih oleh penyihir jahat.

Danau Angsa pertama kali dipentaskan di Teater Bolshoi di Moskow pada tanggal 4 Maret 1877. Setelah kematian Pyotr Ilyich Tchaikovsky, balet itu dikerjakan oleh Riccardo Drigo, dan versi baru dengan koreografi oleh Marius Petipa dan Lev Ivanov yang pertama kali dipentaskan di Teater Mariinsky di Sankt Petersburg pada tanggal 15 Januari 1895.

Alur Danau Angsa berputar sekitar seorang pangeran bernama Siegfried yang jatuh cinta dengan seekor angsa yang cantik. Pangeran tidak tau bahwa angsa itu sebenarnya adalah seorang puteri jelita bernama Odette. Penjahat dalam cerita ini adalah Von Rothbart, yang sekali waktu menculik Odette. Dalam versi aslinya balet itu berhenti dengan kematian Odette.

Alur Danau Angsa berputar sekitar pertarungan antara kebajikan dan kejahatan. Pertarungan tersebut dibentuk dengan peran ganda Odette/Odile, angsa putih dan hitam. Peran Odette/Odile, yang dipandang sebagai salah satu yang paling banyak persyaratannya untuk ballerina, dimainkan oleh ballerina yang sudah lama terkenal, seperti Alicia Markova, Margot Fonteyn, Maya Plisetskaya dan Natalia Makarova.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]