Danainae

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Danainae
Tiga ekor kupu-kupu Danainae
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Ordo:
(tanpa takson):
Famili:
Subfamili:
Danainae
Puak
Sinonim
  • Danaidae

Danainae merupakan sebuah subfamili kupu-kupu yang tergolong famili Nymphalidae[1]. Kupu-kupu dalam subfamili ini bertelur di atas tumbuhan-tumbuhan genus Asclepias yang dimakan oleh larvanya. Dahulunya, kelompok ini dianggap sebagai famili yang berlainan, yaitu Danaidae, dan tribus yang tergolong dalamnya kadang-kadang dianggap sebagai subfamili yang berlainan dalam Nymphalidae.

Terdapat kira-kira 300 spesies Danainae di seluruh dunia. Kebanyakan tribus Danaini terdapat di daerah tropis Asia dan Afrika, sementara Ithomiini bermacam-macam di Neotropis. Tellervini terbatas di Australia dan kawasan Timur. Di Amerika Utara hanya ada empat spesies: yaitu kupu-kupu Danaus plexippus, Danaus gilippus, Lycorea cleobaea dan Danaus eresimus.

Anggota yang paling terkenal dalam famili ini ialah D. plexippus. Larva dan kupu-kupu menyimpan glikosida yang beracun dari tumbuhan inang larva mereka, yaitu Asclepias. Strategi pertahanan ini melindunginya dari predator yang akhirnya belajar untuk menghindari kupu-kupu ini setelah mencoba memakannya.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Parker, Sybil, P (1984). McGraw-Hill Dictionary of Biology. McGraw-Hill Company.