Damien Dematra

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Damien Dematra

Damien Dematra adalah seorang humanitarian, novelis, sutradara, penulis skenario, produser, fotografer internasional, dan pelukis. Ia telah menulis 101 novel dan buku dalam bahasa Inggris dan Indonesia, 81 skenario film dan TV series, dan memproduksi 48 film dalam berbagai genre.

Sebagai senias, Damien dikenal lewat karya-karyanya, di antaranya Obama Anak Menteng, Si Anak Kampoeng, Dream Obama, L4 Lupus, I'M STAR, Captain Jihad, Obama and Me, Sehari Bersama Gus Dur, Let's Play Ghost, Dorce Vs Hantu, The Tears of Ghost, Dream, Angel, From Seoul to Jakarta, dll.

Sebagai novelis, karya-karyanya telah melegenda dan menjadi best-seller, di antaranya adalah Demi Allah Aku Jadi Teroris, Sejuta Hati untuk Gus Dur, Kartosoewirjo: Pahlawan atau Teroris, Mahaguru, King of the Sun: Majapahit, Gajah Mada, Ternyata Aku Sudah Islam, Si Anak Panah, Yogyakarta, Love Story, dll.

Sebagai fotografer, ia memperoleh dua gelar tertinggi fotografi: Fellowship di bidang Portraiture dan Art Photography dari Master Photographer Association, dan berbagai penghargaan internasional, di antaranya International Master Photographer of the Year, dan Grand Award winner WPPI.

Sebagai pelukis, Damien Dematra telah menghasilkan ribuan karya lukis dan sketsa, di antaranya 365 lukisan yang diselesaikan dalam waktu 1 tahun, dan telah melakukan 4 kali pameran tunggal.. Salah satu lukisannya tentang Obama, telah diterima secara resmi oleh Presiden Barack Obama di White House.

Profil dan karya-karyanya telah diangkat oleh berbagai media internasional, di antaranya Time, CNN, The Wall Street Journal, BBC, AP, AFP, Reuters, USA Today, ABC, New York Times, Washington Post, Los Angeles Times, Channel News Asia, Al Jazeera TV, NHK Jepang, KBS Korea, TV3 Malaysia, Iran TV, dll.

Damien saat ini memegang 13 rekor dunia, antara lain sebagai penulis tercepat di dunia, penulis novel yang diterbitkan tercepat di dunia, fotografer tercepat di dunia, pelukis tercepat di dunia, penulis buku tertebal di dunia, pembuat film tercepat di dunia dari skenario sampai premier dalam 9 hari 17 jam dan 45 menit, dll. Damien Dematra aktif sebagai Koordinator Nasional Gerakan Peduli Pluralisme (GPP). Ia juga adalah Ketua Gerakan Nasional Menulis (GNM).

Damien meraih ratusan penghargaan internasional dari berbagai kompetisi dan festival film di USA, Europe, dan Asia, di antaranya sebagai sutradara terbaik, Grand Jury Award, Overal Winner, dan penulis skenario terbaik. Presiden Obama secara tertulis telah memberikan apresiasi yang tinggi atas karya-karya Damien dan upayanya dalam meningkatkan hubungan Indonesia dan USA.

Pada tahun 2011, Damien mendirikan International Film Festivals for Peace, Inspiration, and Equality (IFFPIE). Pada tahun berikutnya, ia mendirikan International Film Festival for Environment, Health, and Culture (IFFEHC), International Film Festival for Comedy, Romance, and Musical (IFFCRM), dan International Film Festival for Spirituality, Religion, and Visionary (IFFSRV), dan menjadi director festival tersebut.

Ia juga mendirikan Gerakan Artis Indonesia Berpeduli (GAIB) untuk menggalang artis-artis Indonesia berpeduli. Damien juga adalah founder dan director International Peace Ambassadors (IPA).

Pada tahun 2013, Damien mendirikan program aliansi festival-festival, FFA (Film Festivals Alliance), yang didedikasikan bagi para sineas.

Pada akhir tahun 2013, Damien memperoleh penghargaan dari Raja Kutai Mulawarman atas kontribusinya pagi perdamaian dunia. Damien juga mendirikan World Humanitarian Award dan bekerja sama dengan IFFPIE, menganugerahkan penghargaan Bapak Inspirator 2014 kepada Presiden Republik Indonesia 2014-2019 yang diterima langsung oleh Jokowi di kantornya.

Damien juga menjadi inisiator ‘A Salute to Jokowi’, sebuah rentetan acara berskala internasional untuk merayakan kemenangan Presiden Jokowi. Dan baru-baru ini, Damien mendirikan iHebat International Volunteers yang bertujuan mempromosikan ekonomi kreatif Indonesia ke berbagai penjuru dunia.

Pada tahun 2014, Damien menjadi satu-satunya filmmaker yang menerima penghargaan The Star dari IndonesiaSatu Award atas prestasi yang luar biasa dalam industri perfilman dan kontribusi yang luar biasa untuk perdamaian.

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Official Website
  2. ^ [[1]]