Dam Inggris (permainan)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Papan permainan dam
Posisi awal

Dam Inggris, yang kadang-kadang juga disebut Dam Amerika, biasanya disebut dam saja di Amerika Serikat, adalah sejenis permainan papan dam yang dimainkan di atas papan berukuran 8×8 kotak dengan 12 buah permainan di masing-masing pihak yang hanya diizinkan melangkah dan menangkap sambil maju.

Aturan[sunting | sunting sumber]

Seperti halnya dalam semua jenis permainan dam, dam Inggris dimainkan oleh dua orang yang berhadap-hadapan dengan sebuah papan permainan, dengan melangkah bergantian. Pemain yang satu memainkan buah berwarna hitam, yang lainnya berwarna putih. Biasanya, papan permainan dibagi-bagi dalam kotak-kotak yang berwarna hitam dan merah. Buah-buah permainan melangkah diagonal dan buah-buah lawan ditangkap dengan melangkahinya.

Aturan permainan:

  • Papan - Papan permainan dibagi menjadi 8×8 kotak, dengan warna-warna hitam dan merah berganti-ganti. Permukaan yang dapat dimainkan terdiri atas 32 kotak hitam saja.Akibatnya, dari perspektif masing-masing pemain, sudut-sudut kiri dan kanan menuntut strategi-strategi yang berbeda.
  • Buah permainan - Buah-buah permainan biasanya dibuat dari kayu, berbentuk bulat dan pipih. Mereka biasanya dibagi menjadi buah yang berwarna gelap dan yang lebih terang. Biasanya, warna-warnanya merah dan putih. Ada dua jenis buah permainan: "orang" dan "raja". "Raja" dibedakan dari "orang" dengan cara menumpukkan dua buah permainan yang bewarna sama.
  • Posisi awal - Masing-masing pemain mulai dengan 12 buah permainan yang ditempatkan dalam tiga barisan yang terdekat dengan mereka, seperti terlihat dalam diagram. Baris terdekat dengan masing-masing pemain disebut "kepala mahkota" atau "barisan raja". Buah hitam (atau yang berwarna lebih gelap) membuka permainan.


Rujukan[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Public Domain Artikel ini menyertakan teks dari suatu terbitan yang sekarang berada pada ranah publikChisholm, Hugh, ed. (1911). "perlu nama artikel ". Encyclopædia Britannica (edisi ke-11). Cambridge University Press.  Dame Inggris