Dai pai dong

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Dai pai dong

Kedai Bakmi Man Yuen Noodles, sebuah bekas dai pai dong di Jalan Elgin, Distrik Tengah. Spanduk Partai Demokrat terpampang di gerai tersebut.
Hanzi tradisional:
Hanzi sederhana:
Makna harfiah: Big Plate Stalls
Kedai makanan yang dimasak
Hanzi tradisional:
Hanzi sederhana:
Makna literal: large-row stalls

Dai pai dong adalah sebuah jenis gerai makanan udara terbuka yang sempat sangat terkenal di Hong Kong. Nama pendaftaran pemerintah di Hong Kong adalah "gaerai makanan yang dimasak", namun dai pai dong secara literal artinya "restoran dengan papan lisensi besar", yang merujuk kepada ukuran lisensi-nya yang lebih besar keetimbang gerai-gerai jalanan berlisensi lainnya.[1]Menurut Departemen Kebersihan Lingkungan Hidup dan Pangan, hanya terdapat 25 dai pai dong yang masih ada di Hong Kong.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Lai, Lawrence Wai-chung (2003). Town Planning in Hong Kong: A Review of Planning Appeal Decisions, 1997–2001. Hong Kong: Hong Kong University Press; London: Eurospan. ISBN 962-209-660-3.
  2. ^ “Dai Pai Dong an Endangered Species in Hong Kong.” South China Morning Post. Diakses pada 3 Oktober 2014. http://www.scmp.com/lifestyle/food-wine/article/1556158/dai-pai-dong-endangered-species-hong-kong.

Bacaan tambahan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Restoran Hong Kong