Daftar serial televisi Transformers

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Serial televisi Transformers merupakan salah satu bagian dari franchise Transformers. Dan sudah ada sejak pertama kali dirilis tahun 1984. Daftar dibawah ini merupakan daftar serial televisi Transformers yang sudah dikenal masyarakat di seluruh dunia sejak 1984.

Sampai saat ini sudah ada kurang lebih 14 serial TV Transformers. Yang terlaris adalah Transformers Original, dan Transformers: Animated.

Transformers G1[sunting | sunting sumber]

Serial ini merupakan serial Transformers pertama, dan juga merupakan awal mula dari seluruh versi sekuel dan non-sekuel dari serial TV Transformers sampai sekarang. Basis yang dipakai di serial ini berasal dari komik terbitan Marvel Comics. Serial ini diproduksi oleh Sunbow Productions yang bekerja sama dengan Hasbro. Masuk pertama kali ke Indonesia pada awal 1990-an, dan diputar di RCTI. Di akhir 2007 kemudian diputar ulang oleh ANTV.

Serial ini merupakan lanjutan dari serial season ketiga versi Amerika Serikat. Dikarenakan film Transformers: The Movie tidak dirilis secara resmi di Jepang, maka pihak Takara sebagai pemegang lisensi Transformers kawasan Asia kemudian memutuskan untuk membuat serial versi baru dengan jalan cerita melanjutkan season ketiga, dan memutus tiga episode terakhir versi Amerika serikat. Pertama diputar tahun 1987, eksklusif untuk kawasan Jepang, dan kemudian di sulih suarakan ke bahasa Inggris oleh STAR TV Hong Kong.

Merupakan lanjutan dari The Headmasters

Masih merupakan lanjutan dari The Headmasters dan Super-God Masterforce

Lanjutan cerita dari Transformers: Victory, sebenarnya direncanakan diproduksi untuk 52 episode, namun penayangannya di TV Jepang dibatalkan setelah satu episode. Tak lama berselang, serial ini di dubbing ke dalam bahasa Inggris oleh STAR TV Hong Kong dan RTM Malaysia

Beast Era[sunting | sunting sumber]

Berbeda dengan di versi G1, kali ini para robot Transformers berbentuk alternative sebagai hewan purba, di sebuah planet yang mirip Bumi. Serial TV ini diproduksi di Kanada.

Dikarenakan impor dari Kanada terlalu lama, maka pihak Takara di Jepang kembali membuat serial Beast Wars yang berbeda, dengan melanjutkan 13 episode yang sebelumnya telah diimpor dari Kanada. Serial ini kemudian diberi judul Beast Wars II.

Masih merupakan lanjutan dari Beast Wars II dan disiarkan khusus untuk pemirsa TV Jepang.

Serial ini merupakan serial sekuel asli dari Beast Wars versi Kanada.

Robots in Disguise[sunting | sunting sumber]

Serial ini masih ada kaitannya dengan Beast Wars/Machine. Perbedaan dengan serial G1 adalah, Decepticons di serial ini merupakan sub-grup dari Predacons. Dibuat khusus untuk kawasan Jepang sebelum akhirnya diimpor ke Amerika Serikat

Unicron Trilogy[sunting | sunting sumber]

Transformers: Armada mengisahkan tentang Autobots dan Decepticons yang menemukan Mini-Cons di Bumi, dengan beberapa diantaranya merupakan senjata dari Unicron.

Transformers: Energon merupakan sekuel dari Armada, dan mengambil set 10 tahun kemudian, dengan Autobots yang menghentikan usaha Decepticons dari kebangkitan Unicron dengan energon.

Serial ini sebenarnya dibuat di Jepang dengan bantuan ide dari AS seperti Armada dan Energon, namun ada beberapa bagian cerita yang berbeda dengan di versi Amerika Serikat dengan versi Jepang. Ini menyebabkan perbedaan mendasar ketika Hasbro menjual serial Cybertron sebagai kelanjutan dari Armada dan Energon. Perbedaan itu diantaranya adalah beberapa plot cerita dari AS diganti oleh pihak Jepang, namun sebenarnya inti ceritanya masih sama, meneruskan cerita seputar Unicron.

Transformers 2008[sunting | sunting sumber]

Serial ini diproduksi oleh Cartoon Network, sebelumnya dikenal dengan nama Transformers: Heroes. Jalan ceritanya mengambil ke kota Detroit di abad 22. Beberapa unsur ceritanya mengambil dari Transformers G1 dan film Transformers 2007.