Daftar pusat perbelanjaan di Yogyakarta

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Berikut ini adalah daftar pusat perbelanjaan di Yogyakarta:

  • Sleman City Hall (SCH) . Pusat perbelanjaan terbaru yang dikenal sebagai mall of event and community karena memiliki venue event terbanyak, satu-satunya mall di Yogyakarta yang mempunyai ballroom, dan fasilitas tenant yang lengkap.
  • Galeria Mall. Mal eksklusif yang dikelola oleh Matahari Department Store. Terletak di Jl. Jend Sudirman 99-101 Yogyakarta.
  • Malioboro Mall. Mal pertama yang dibangun di Yogyakarta[1] . Kini kepemilikan bangunan berada di sebelah timur menghadap Jl. Mataram 31 Yogyakarta
  • Plaza Malioboro. Mal dengan manajemen baru yang terletak di Jl. Malioboro 52-58 Yogyakarta, berdiri setelah bangunan sisi barat Malioboro Mall diambil alih oleh Pemda.[2]
  • Lippo Plaza Jogja. Pusat Perbelanjaan di Jl. Laksda Adisucipto yang menempati gedung bekas dari mal Sapir Square.
  • Ramai Mall. Berasal dari sebuah swalayan and supermarket yang berkembang menjadi sebuah mal, terletak di Jl. Jendral Ahmad Yani 73 Yogyakarta.
  • Plaza Ambarrukmo. Pusat Perbelanjaan terbesar di Yogyakarta dengan luas bangunan 120.000 m2 di Jl. Laksda Adisucipto Yogyakarta yang didirikan pada tahun 2006. Mal ini terdiri dari 7 (tujuh) lantai yang dibagi menjadi area perbelanjaan dengan lebih dari 230 penyewa dan area parkir yang dapat menampung 1.000 mobil dan 1.400 motor.[3]
  • Jogja City Mall. Jogja City Mall atau biasa dikenal dengan JCM Merupakan salah satu pusat perbelanjaan terbesar di Yogyakarta.. Jogja City Mall (JCM) berlokasi di Jalan Magelang Km. 6 No.18, Sinduadi, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. JCM memiliki keunikan dibandingkan dengan mal yang lain. JCM dirancang dengan Arsitektur Romawi nan megah dengan pilar-pilar besar & tinggi. Mall ini juga terhubung langsung dengan The Rich Jogja Hotel Yogyakarta.

JCM lebih dikenal dengan family mall dengan tenant-tenant yang lengkap dan bervariasi. Mall ini juga sering mengadakan event – event yang atraktif krn didukung dengan Atrium yang luas serta area outdoor yang juga dapat dijadikan venue event dengan panggung yang besar. Demikian jg menjadikan Jogja City Mall mempunyai venue panggung mal di luar ruangan terbesar se- Yogyakarta.

  • Pakuwon Mall Jogja. Pusat perbelanjaan terbesar di jateng DIY dengan luas 220.000m2 Di Jl Ringroad Utara (jl.Padjadjaran) Mall tersebut Dibuka tahun 2015 dengan nama sebelumnya Hartono lifestyle mall Jogja

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Mal Malioboro Yogyakarta". gudeg.net. Diakses tanggal 2023-09-01. 
  2. ^ "VIRAL Mall Malioboro Sebelah Timur Sepi, Simak Perbedaan Mall Malioboro vs Plaza Malioboro". Tribunjogja.com. Diakses tanggal 2023-12-18. 
  3. ^ "Plaza Ambarrukmo. The Best Mall in Yogyakarta". www.plaza-ambarrukmo.co.id. Diakses tanggal 2023-09-01.