Daftar kode pos di Prancis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Kodepos mulai diperkenalkan di Prancis pada tahun 1964, ketika La Poste menggunakan penyortiran otomatis.

Format[sunting | sunting sumber]

Kodepos (Bahasa Prancis: code postal) mencakup lima digit, dua digit pertama merupakan nomor département di Prancis Metropolitan dimana kantor pos yang bertanggung jawab atas pengiriman menuju kota terletak. Sistem itu juga digunakan di luar Eropa, di Departemen Seberang Laut dan Teritori, tetapi tiga digit pertamanya menandai département atau teritori tersebut. Digit 00 digunakan untuk alamat Militer. Digit 20 digunakan untuk keseluruhan Corsica; Corsica ditetapkan sebagai satu département bernomor 20, tetapi hari ini dibagi menjadi dua département bernomor 2A dan 2B.

Tiga digit berikutnya menandai kantor pos lokal yang bertanggung jawab atas pengiriman surat. Sebuah kodepos reguler selalu berakhiran 0, dengan pengecualian di Paris, Lyon dan Marseille - lihat di bawah - dan Département Seberang Laut dan Teritori. Kodepos yang tidak berakhiran 0 berarti sebuah kode khusus, dikenal sebagai CEDEX (lihat di bawah), atau kodepos baru.

Di Paris, dua digit terakhir kodepos menandai arrondissement. Setelah 1972, sebuah alamat di arrondissement ke-8 Paris, dapat ditulis sebagai:

8 rue Chambiges 
Paris 8e

Nomor ini dimasukkan ke dalam kodepos sebagai:

8 rue Chambiges 
75008 Paris

Sebuah pengecualian terhadap peraturan ini adalah arrondissement XVIe, yang memiliki dua kodepos, 75016 (selatan) dan 75116 (utara).

Di luar Paris, kota Lyon dan Marseille juga dibagi menjadi arrondissement, yang maan merupakan bagian dari kodepos:

11 rue Duhamel 
69002 Lyon
2 avenue du Maréchal Foch 
13004 Marseille

Di setiap département, préfecture (kota utama) memiliki kodepos berakhiran 000, contohnya Bourges di Cher:

15 avenue du Général Leclerc 
18000 Bourges

Semakin pentingnya suatu kota, semakin simpel kodeposnya. Sous-préfectures ditandai dengan kodepos XXX00. Berikut adalah contoh kodepos desa kecil, Lépaud di Creuse:

16 grande rue
23170 Lépaud

Dan kodepos Mortagne-au-Perche, sous-préfecture dari Département de l'Orne:

4 rue des Quinze Fusillés
61400 Mortagne-au-Perche

Tidaklah jarang apabila desa yang bersebelahan memiliki kodepos yang sama, yang mana dikaitkan terutama dengan kantor pos besar, contoh: 64150 dapat ditujukan kepada Abidos, Bésingrand, Lagor, Lahourcade, Mourenx, Noguère, Os Marsillon, Pardies, Sauvelade dan Vielleségure.

Département Seberang Laut dan Teritori menggunakan kode 3 digit yang dimulai dengan: 971 (Guadeloupe), 972 (Martinique), 973 (Guyana Prancis), 974 (Réunion), 975 (Saint-Pierre dan Miquelon), 976 (Mayotte), 984 (Teritori Selatan Prancis), 986 (Wallis dan Futuna), 987 (Polinesia Prancis), 988 (Kaledonia Baru). Dengan ini, nol terakhir dihapuskan sehingga menjadi format 5 digit. Ini merupakan kodepos reguler yang tidak berakhiran 0 kecuali préfecture atau sous-préfecture, contohnya:

Maison du Port
97100 Basse-Terre
4 boulevard du Général de Gaulle
97320 Saint-Laurent du Maroni
193 RN2
97439 Sainte-Rose

CEDEX[sunting | sunting sumber]

Juga terdapat sebuah sistem yang dikenal sebagai CEDEX, Courrier d'Enterprise à Distribution Exceptionelle, dirancang untuk penerima surat bervolume besar. Sebuah kodepos dialokasikan kepada setiap organisasi besar atau pemegang kotak kantor pos, berakhiran dengan tiga digit unik, contohnya:

2 place Jussieu 
75251 Paris Cedex 05

Angka '05' ditujukan kepada arrondissement Ve. Pengiriman semacam itu dapat dialamatkan kepada:

2 place Jussieu 
75005 Paris

Juga dapat diterima dengan memasukkan sebuah nomor boîte postale (kotak kantor pos) dan alamat jalan di daftar alamat CEDEX.

Monako[sunting | sunting sumber]

Sistem kodepos Prancis juga digunakan di Monako ketika daerah itu merupakan département Prancis bernomor 98. Bagaimanapun kodeposnya, ketika mengirim sebuah surat dari luar negeri, ditulis dengan 'MC', bukan 'F' untuk Prancis:

12 avenue de la Costa  
MC-98000 Monaco
MONACO
23 Avenue Prince Héréditaire Albert 
MC-98025 Monaco Cedex 
MONACO

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]