Daftar karakter Pokémon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Daftar berikut ini adalah daftar karakter dalam waralaba media Pokémon (Pocket Monsters (ポケットモンスター, Poketto Monsutā)), termasuk permainan video, anime, dan manga. Karakter dapat muncul dalam beberapa kontinuitas, terkadang dalam peran dasar yang sama (misalnya Giovanni) dan terkadang dalam peran yang sangat berbeda (misalnya Brock).

Semua referensi ke "permainan video" secara kolektif merujuk ke Pokémon Red, Green, Blue, Yellow, Gold, Silver, Crystal, Ruby, Sapphire, FireRed, LeafGreen, Emerald, Diamond, Pearl, Platinum, HeartGold, SoulSilver, Black, White, Black 2, White 2, X, Y, Omega Ruby, Alpha Sapphire, Sun, Moon, Ultra Sun, Ultra Moon, Let's Go, Pikachu!, Let's Go, Eevee!, Sword and Shield.

Nama yang dicetak tebal adalah nama dari video game atau anime versi bahasa Inggris. Nama dalam tanda kurung dalam teks biasa adalah nama dalam bahada Inggris dari nama bahasa Jepang asli karakter jika berbeda dari versi bahasa Inggris. Nama yang dicetak miring adalah versi yang diromanisasi dari nama bahasa Jepang jika berbeda dari versi yang dicetak miring.

Protagonis[sunting | sunting sumber]

Protagonis dari video game dapat diganti namanya oleh pemain, tetapi masing-masing memiliki susunan nama default. Karena anime dan manga, pada tingkat yang berbeda, berdasarkan permainan, protagonis Pokémon lainnya (atau karakter pendukung) sering dinamai dan memiliki banyak karakteristik dengan protagonis game.

Seri utama[sunting | sunting sumber]

Permainan sampingan[sunting | sunting sumber]

Spin-off[sunting | sunting sumber]

Saingan[sunting | sunting sumber]

Setiap permainan akan memiliki satu atau lebih saingan. Beberapa rival bisa diganti namanya, sementara beberapa rival tidak bisa. Mereka kira-kira sesuai dengan beberapa karakter lain di anime dan manga. Saingan biasanya akan memilih Pokémon pemula yang memiliki keunggulan tipe dibandingkan milik pemain sendiri. Dalam permainan yang lebih baru, saingan akan memilih starter dengan jenis kelemahan melawan pemain, kemungkinan besar akan membuat pertempuran lawan lebih mudah.

Seri utama[sunting | sunting sumber]

  • Blue (グリーン Green): Saingan Pokémon Red, Green, Blue dan Yellow dan Pokémon FireRed dan LeafGreen. Dia memaksa dan kompetitif, tetapi umumnya Pelatih Pokémon yang baik. Dia adalah cucu dari Profesor Oak dan teman masa kecil sang pemain. Setelah itu ia menjadi Juara wilayah Kanto, menunggu pemain untuk menantangnya. Biru adalah dasar untuk Gary Oak di anime. IGN mencantumkan Blue sebagai penjahat terbaik ke-98 dalam video game, meskipun mereka menekankan bahwa sulit untuk melihatnya sebagai penjahat. Namun, mereka mengatakan bahwa dia adalah semacam "penyihir", mengutip upayanya untuk mencegah karakter pemain mendapatkan peta.[1] Tiga tahun kemudian di Pokémon Gold, Silver dan Crystal dan remake mereka, Pokémon HeartGold dan SoulSilver, dia menjadi Pemimpin Gym untuk Kota Viridian. Dia berperan sebagai Kanto's Champion di Pokémon Black 2 dan White 2's Pokémon World Tournament, dan bersama Red di Pokémon Sun dan Moon dan Ultra versi mereka.
  • Silver (シルバー Silver): Saingan Pokémon Gold, Silver dan Crystal dan Pokémon HeartGold dan SoulSilver. Karakter ini mencuri Pokémon pertamanya dari Profesor Elm dan cenderung melihat Pokémon sebagai alat, untuk digunakan dan dibuang. Berbeda dengan rival pertamanya, pandangannya tentang Pokémon membuatnya menjadi pelatih yang biasa-biasa saja, meskipun orang bijak di Sprout Tower mengakui bahwa dia berbakat dan memiliki potensi besar, seperti halnya Lance, sang Johto Champion. Dia akhirnya menyadari kesalahannya dan mengubah caranya dengan memperlakukan Pokemon-nya dan bahkan pemainnya dengan hormat. Ini muncul di Pokémon Masters EX, di mana ia diidentifikasi oleh Ho-Oh sebagai orang yang murni hatinya dan menjadi Pokémon-nya. Dia akhirnya diturunkan menjadi anak dari Team Rocket Boss Giovanni.
  • Wally (ミツル Mitsuru): Saingan di Pokémon Ruby, Sapphire dan Emerald dan Pokémon Omega Ruby dan Alpha Sapphire. Pada awalnya, dia adalah seorang anak muda yang sakit-sakitan yang membutuhkan bantuan dalam menangkap Pokemon. Ketika dia pergi ke ayah pemain untuk meminta nasihat, Norman mengarahkan pemain untuk membantunya menangkap Pokemon. Menggunakan Zigzagoon Norman, pemain membantu Wally menangkap Ralts. Kali berikutnya dia bertarung dengan protagonis, dia tampak lebih sehat dan selaras dengan Pokemon-nya. Dia bertarung melawan pemain untuk waktu resmi terakhir di Victory Road dan menunggu di sana, selalu siap untuk pertempuran lain.
  • Barry (ジュン Jun): Saingan Pokémon Diamond, Pearl dan Platinum. Dia sering tidak sabar dan bertekad untuk menjadi Pelatih terbaik sepanjang masa. Dia berteman baik dengan pemain dan ayahnya, Palmer, memiliki Battle Tower di Sinnoh. Terkadang dia akan membantu pemain. Dia cenderung secara tidak sengaja menabrak orang cukup sering saat dia berlari, dan sering mencoba untuk mendenda orang karena terlalu lambat. Ini karena dia tampaknya ingin menabung untuk Battle Tower untuk bersaing dengan ayahnya.
  • Cheren (チェレン Cheren): Salah satu saingan Pokémon Black dan White. Cheren cerdas dan dapat dipercaya; dia sering memberikan saran karakter pemain dan melawan pemain untuk menguji keterampilannya. Seperti pemain, ia bertujuan untuk menjadi Juara. Dia adalah salah satu teman masa kecil pemain. Dua tahun kemudian, di Black 2 dan White 2, dia menjadi Gym Leader Aspertia City. Jika pemain menggunakan fungsi Memory Link di Black 2 dan White 2, dia menantang pemain menggunakan tim terakhirnya dari Black dan White. Namanya berasal dari kata Bulgaria untuk hitam: черен (cheren).
  • Bianca (ベル Bel): Salah satu saingan Pokémon Black dan White. Bianca spontan dan terkadang tidak dapat diandalkan, tetapi dia berkembang selama perjalanan. Dia juga memiliki sisi kuat, yang dia tunjukkan saat dia melakukan perjalanan Pokémon melawan keinginan ayahnya. Ayahnya ingin dia tinggal di rumah, percaya itu tidak aman di dunia, sampai dia akhirnya yakin untuk menjaga Bianca dalam perjalanannya dengan Elesa. Dia adalah salah satu teman masa kecil pemain. Dua tahun kemudian dalam peristiwa Black 2 dan White 2, Bianca menjadi asisten Profesor Juniper dan memberikan pemain Pokémon starter mereka. Jika pemain menggunakan fungsi Memory Link di Black 2 dan White 2, dia menantang pemain menggunakan tim terakhirnya dari Black dan White. Nama Bianca berasal dari kata Italia untuk putih, sedangkan nama Jepangnya "Bel" memiliki arti yang sama dari Rusia: бел ( bel).[2]
  • Hugh (ヒュウ Hue): Saingan Pokémon Black 2 dan White 2. Dia berasal dari Aspertia City dan salah satu teman masa kecil sang pemain. Seperti karakter pemain dan juga berusaha menjadi Master Pokémon. Sepanjang permainan, pemain membantu Hugh mengambil Purrloin saudara perempuannya yang dicuri oleh Tim Plasma bertahun-tahun yang lalu.
  • Shauna (サナ Sana): Salah satu rival dan teman Pokémon X dan Y. Dia energik dan ingin tahu, tetapi masih tidak tahu apa yang ingin dia dapatkan dari pengalamannya. Dia memberi karakter nama panggilan pada awal perjalanan mereka. Seperti rival lainnya, dia tersedia sebagai partner Multi Battle di Battle Maison.
  • Tierno (ティエルノ Tierno): Salah satu rival dan teman dari Pokémon X dan Y. Dia lebih tertarik untuk menemukan Pokemon baru untuk membuat Pokemon Dance Team yang sempurna.
  • Trevor (トロバ Trevor): Salah satu saingan dan teman dari Pokémon X dan Y. Dia rajin belajar dan ingin mengisi ketiga bagian Pokédex Wilayah Kalos.
  • Hau (ハウ Hau): Salah satu saingan Pokémon Sun dan Moon dan Pokemon Ultra Sun dan Ultra Moon. Dibandingkan dengan rival sebelumnya, dia lebih ramah, dan menyukai malasadas. Dia adalah cucu Melemele Kahuna Hala. Di Ultra Sun dan Ultra Moon, dia menantang pemain sebagai pertarungan terakhir mereka sebelum menjadi Juara.
  • Gladion (グラジオ Gladio): Salah satu saingan Pokémon Sun dan Moon dan Pokémon Ultra Sun dan Ultra Moon' '. Pemuda ini meminjamkan kekuatannya kepada Tim Tengkorak sebagai penegak. Dia menempatkan nilai tinggi untuk menjadi kuat dalam pertempuran Pokémon. Mitranya Pokémon adalah Tipe misterius: Null, yang kemudian menjadi Silvally. Dia adalah putra Lusamine dan saudara laki-laki Lillie.
  • Trace (シン Shin): Saingan Pokemon: Ayo Pikachu! dan Ayo, Eevee!. Dia dianggap terlalu baik oleh banyak orang. Dia akhirnya menjadi Champion of Kanto, dan bertindak dalam nada yang mirip dengan Blue.
  • Hop (ホップ Hop): Salah satu rival di Pokémon Sword dan Shield. Dia adalah adik dari Leon, Sang Juara Galar. Dia mengidolakan saudaranya dan hanya bercita-cita menjadi Juara karena alasan tersebut. Dia terus menjadi frustrasi dengan kerugian konstan pada pemain, sampai dia akhirnya mengubah jalur dan mulai menjadi Profesor Pokemon.
  • Bede (ビート Beet): Salah satu rival di Pokémon Sword dan Shield. Dia adalah pelatih arogan yang perjalanan Pokémonnya disponsori oleh Ketua Rose. Setelah didiskualifikasi dari Tantangan Gym, Opal membawanya di bawah sayapnya dan mempersenjatai dia untuk menjadi penggantinya sebagai Pemimpin Gym Ballonlea (Peri Boot Camp). Dia awalnya berspesialisasi dalam Pokémon tipe Psikis, tetapi beralih ke tipe Peri setelah menjadi Pemimpin Gym (meskipun sebagian besar timnya masih memiliki tipe Psikis).
  • Marnie (マリィ Mary): Salah satu rival di Pokémon Sword dan Shield. Dia adalah adik dari Piers, yang merupakan Gym Leader dari Spikemuth. Team Yell, grup hooligan-esque yang terdiri dari Pelatih Gym dari Spikemuth, adalah penggemar bermasalahnya. Setelah permainan selesai, dia menggantikan Piers sebagai Spikemuth Gym Leader. Dia berspesialisasi dalam Pokémon tipe Gelap (dengan sedikit keragaman, karena tidak semua Pokémon di timnya memiliki tipe Gelap). Dalam sebuah cutscene pasca permainan rahasia di Budew Drop Inn, dia terbukti tidak mampu tersenyum.
  • Klara (クララ, Kurara): Saingan dalam cerita Isle of Armor di Pedang. Dia berspesialisasi dalam Pokémon tipe Poison. Pokemon khasnya adalah Galarian Slowbro. Dia adalah "idola" bawah tanah dan bercita-cita menjadi pemimpin gym tipe Racun untuk mendapatkan penggemar. Dia sangat peduli dengan penampilannya, karena dia ditunjukkan dengan photoshop kartu liganya (dibuktikan dengan melihat Slowbro berbentuk aneh di belakangnya).
  • Avery (セイボリー, Savory): Saingan dalam cerita Isle of Armor di Shield. Dia berspesialisasi dalam Pokémon tipe Psikis. Pokemon khasnya adalah Slowking Galarian. Dia berasal dari keluarga paranormal, tetapi dijauhi karena tidak bisa berteleportasi (seperti yang ditunjukkan dia selalu berteriak "Avery, Teleport!" saat dia melarikan diri) atau membaca pikiran. Dia bercita-cita untuk membuktikan keluarganya salah dan menjadi pemimpin gym tipe Psikis.
  • Nemona: Saingan di Pokémon Scarlet dan Violet.

Spin-off[sunting | sunting sumber]

Profesor[sunting | sunting sumber]

Seri utama[sunting | sunting sumber]

  • Profesor Oak — adalah seorang peneliti Pokémon dan kakek dari Gary Oak. Dia pernah menjadi Pelatih yang kompetitif,[1] dan umumnya dianggap yang terbaik di bidangnya. Dengan demikian, perannya dalam permainan Pokémon dan anime adalah sebagai mentor bagi Pelatih Pokémon muda, sumber informasi dan perangkat plot sesekali. Antara lain, ia dikreditkan dengan menciptakan Pokédex. Dia juga membagikan Bulbasaur, Charmander, atau Squirtle kepada pelatih pemula (tergantung Pokémon mana yang dipilih pelatih) untuk memulai petualangan mereka di Wilayah Kanto. Meskipun dia ahli dalam semua hal yang berkaitan dengan Pokémon, Profesor Oak mengkhususkan diri dalam ilmu perilaku Pokémon.
  • Profesor Ivy — adalah profesor Pokémon penduduk Kepulauan Orange, selatan wilayah Kanto. Profesor Ivy pertama kali diperkenalkan di musim kedua anime Pokémon. Ash dan teman-temannya, Misty dan Brock pergi ke Pulau Valencia dan bertemu Profesor. Pokeball yang tidak biasa yang ditemukan Profesor Ivy dijuluki Bola GS. Ini berfungsi sebagai perangkat plot yang membawa Ash ke wilayah Johto. Selama musim kedua, Brock memutuskan untuk tinggal bersama Ivy untuk mempelajari pemuliaan Pokémon, tetapi kemudian kembali ke kelompok Ash. Misty menyiratkan bahwa Brock meninggalkan Ivy karena dia telah "dibuang". Dia juga muncul dalam film animasi Pokémon: The Movie 2000. Nama Inggrisnya mengacu pada ivy.
  • Profesor Elm — bertanggung jawab untuk memberi pelatih pemula Pokémon pertama mereka (Chikorita, Cyndaquil, atau Totodile) dalam video game Pokémon Gold, Silver, dan Crystal. Dia adalah murid Profesor Oak dan pindah ke New Bark Town di wilayah Johto di mana dia melakukan penelitiannya tentang pemuliaan Pokémon. Nama Inggrisnya mengacu pada pohon elm, sedangkan nama Jepangnya mengacu pada Deutzia. Profesor Elm berpakaian cukup santai, dengan kemeja bergaris di atasnya yang sedikit tertutup jas labnya. Dia memakai celana panjang khaki dan terkadang memakai sandal malam atau mokasin.
  • Profesor Birch — dianggap sebagai "Profesor Pokemon" di wilayah Hoenn. Tidak seperti ilmuwan Pokémon lainnya, ia dikenal karena pekerjaan lapangannya, daripada, dengan kata-katanya sendiri, tetap "terkurung di labnya sepanjang hari." Dia adalah seorang ahli di bidang distribusi kebiasaan Pokemon. Dia juga bertanggung jawab untuk memberi Pelatih Pokémon baru salah satu dari tiga Pokémon pemula Hoenn: Treecko, Torchic, atau Mudkip. Pokémon ini ditemukan di game Pokémon Ruby, Sapphire, dan Emerald. Nama Inggrisnya mengacu pada pohon birch, sedangkan nama Jepangnya mengacu pada bunga Columbine.
  • Profesor Rowan — adalah otoritas di Pokémon di wilayah Sinnoh, latar dari video game Pokémon Pokémon Diamond and Pearl dan Pokémon Platinum. Nama Profesor Rowan berasal dari pohon rowan, melanjutkan tren nama profesor Pokémon yang berasal dari nama pohon, sedangkan nama Jepangnya mengacu pada Sorbus commixta, pohon Rowan Jepang.
  • Profesor Aurea Juniper — adalah otoritas pada Pokémon di wilayah Unova, latar dari video game Pokémon, Pokémon Black and White. Nama Profesor Juniper berasal dari pohon juniper, melanjutkan tren nama profesor Pokémon yang berasal dari nama pohon, sedangkan nama Jepangnya berasal dari nama Yew Jepang.
  • Profesor Augustine Sycamore — adalah otoritas Pokémon di wilayah Kalos, latar dari video game Pokémon, Pokémon X dan Y. Nama Profesor Sycamore berasal dari pohon sycamore, melanjutkan tren nama profesor Pokémon yang berasal dari nama pohon, sedangkan nama Jepangnya berasal dari kata Perancis untuk Plane Tree.
  • Profesor Kukui — muncul di wilayah Alola, tempat Pokémon Sun and Moon berlangsung. Namanya berasal dari pohon kemiri (sering disebut kukui), tanaman tradisional asli Hawaii.
  • Profesor Burnet — adalah seorang peneliti yang mengkhususkan diri dalam hubungan antara Pokémon dan dimensi lain; untuk penelitiannya, dia memenangkan penghargaan Alola Woman of the Year. Dia pertama kali terlihat menyelidiki Altar of the Sunne bersama Lusamine, Wicke, dan Faba, karena Ultra Aura terdeteksi dari lokasi itu. Tim kembali dengan tangan kosong ke Aether Paradise, tetapi menuju ke Pulau Melemele ketika Ultra Aura lain terdeteksi (sumbernya adalah Nebby), dan Burnet diperkenalkan ke Ash di rumah Profesor Kukui. Burnet memberitahunya tentang legenda Binatang Ultra dan kemungkinan Nebby menjadi salah satunya. Burnet dan Kukui menikah selama seri dan dia pindah ke rumah Profesor Kukui, di mana dia tinggal bersama Ash dan Kukui sambil melanjutkan penelitiannya di Aether Paradise. Selama akhir episode terakhir anime Pokémon Sun and Moon, terungkap bahwa dia hamil, pertama kalinya dalam sejarah seri bahwa karakter wanita menunjukkan tanda-tanda fisik kehamilan. Ketika Ash kembali ke Alola di episode 37 Pokemon Journeys, terungkap bahwa dia melahirkan seorang putra bernama Lei. Burnet juga membuat penampilan tamu lain untuk pesta kepulangan Lillie dan pertandingan Battle Royale Ash.
  • Profesor Mohn — adalah pria yang lebih muda, Mohn pindah ke wilayah Alola untuk terus meneliti Ultra Wormholes. Dia juga seorang Pelatih yang kuat, yang mengalahkan Hala dan mendapatkan Z-Ring untuk dirinya sendiri. Mohn bersama istrinya, Lusamine, dipastikan telah mendirikan Aether Foundation. Suatu hari, Mohn tersedot ke dalam Ultra Wormhole dan menghilang bertahun-tahun sebelum seri Matahari dan Bulan. Semua orang mengira dia sudah mati sampai terungkap dalam Ultimate Journeys bahwa dia berakhir di dalam homeworld Nihilego. Sebuah Nihilego Mengkilap menyelamatkannya dan memindahkannya ke Tundra Mahkota. Dia menderita amnesia dari pertemuan ini tetapi mampu memulihkan dan mendapatkan kembali ingatannya. Dia bertemu kembali dengan Lusamine, Gladion dan Lillie sementara juga bertemu Ash, Goh dan Chloe untuk pertama kalinya. Setelah reuni, keluarga bersama Ash dan teman-temannya kembali ke Alola.
  • Profesor Cerise — adalah orang yang tenang, tetapi ramah, dan dia adalah profesor di Pokémon Journeys: The Series. Dia memiliki pengetahuan tentang Pokémon, yang dianggap jenius sejak dia masih muda. Dia juga sangat antusias dalam mempelajari Pokemon. Terkadang, dia begitu terbawa sehingga mempermalukan putrinya, mendorongnya untuk memerintahnya.
  • Profesor Magnolia — adalah seorang wanita tua yang ramah dan lembut yang merupakan mantan Profesor Pokémon dari wilayah Galar. Dia mempelajari fenomena Dynamax dan asal-usulnya. Setelah Ketua Rose hampir menghancurkan wilayah Galar dengan memanggil Eternatus, dia segera menyegelnya jauh di bawah tanah, dan menjadikan cucunya Sonia sebagai Profesor Pokémon baru di Galar.
  • Profesor Amaranth — adalah kepala misi Project Mew. Dia selalu ingin meneliti Mew, tetapi untuk melakukannya, dia membutuhkan beberapa Chaser untuk pekerjaan itu. Untuk menjadi Chaser, pelatih harus menyelesaikan misi Uji Coba Project Mew tertentu yang mencakup menangkap Pokémon tertentu, menemukan item milik Pokémon (mis., Bulu Moltres) dan bersaing dalam Battle Royale. Setiap misi yang diselesaikan memberi pelatih sejumlah token Project Mew. Setelah pelatih mendapatkan sejumlah besar token di akhir musim, maka mereka memenuhi syarat sebagai Chaser. Namun, jika pemohon hanya mendapatkan kurang dari empat token, maka mereka didiskualifikasi. Amaranth juga memiliki toleransi yang rendah terhadap pemburu seperti membiarkan Chaser menyita semua Pokémon pemburu yang digunakan untuk kegiatan ilegal dan mengirim mereka kembali ke alam liar.

Permainan sampingan[sunting | sunting sumber]

  • Professor Krane (クレイン博士 Dr. Krane): Profesor Pokémon di Pokémon XD: Gale of Darkness.
  • Dr. Kaminko (カミンコ博士 Dr. Kaminko): Seorang ilmuwan yang terkenal dengan penemuannya.

Spin-off[sunting | sunting sumber]

  • Dr. Mason (Dr.オーヤマ Dr. Ōyama): Peneliti kartu Pokemon di Pokémon Trading Card Game dan Pokémon Card GB2: Here Comes Great Team Rocket!.
  • Professor P (プロフェッサーP Professor P): Profesor Pokémon di Pokémon Trozei!.
  • Professor Hastings (シンバラ教授 Professor Shinbara): Profesor Pokémon dalam game "Pokémon Ranger".
  • Professor Willow (ウィロー博士 Dr. Willow): Profesor Pokémon di Pokémon Go.
  • Professor Bellis (ヒナギク博士 Dr. Hinagiku): Profesor Pokémon di Pokémon Masters EX.
  • Professor Mirror (カガミ博士 Prof. Kagami): Profesor Pokémon di New Pokémon Snap.
  • Professor Phorus (unknown) Profesor Pokémon di Pokémon Unite.

Liga Pokémon[sunting | sunting sumber]

Pemimpin gym[sunting | sunting sumber]

Gym Leaders (ジムリーダー Jimu Rīdā) adalah pelatih yang memimpin Pokémon Gyms dan menawarkan lencana Gym kepada pelatih Pokémon yang dapat mengalahkan mereka. Biasanya, tantangan ini berbentuk pertarungan Pokémon, tetapi, terkadang, tantangannya adalah uji coba keterampilan atau daya tahan atau lencana diberikan sebagai imbalan atas layanan luar biasa yang diberikan. Setiap wilayah utama memiliki setidaknya delapan Gym Leader. Setiap pelatih yang mendapatkan delapan Gym Badge berhak untuk menghadapi Elite Four atau berpartisipasi dalam Pokémon League Championships.

Seri utama[sunting | sunting sumber]

Spin-off[sunting | sunting sumber]

Klub Master[sunting | sunting sumber]
  • Nikki (クニミ Kunimi): Nikki adalah Master Klub dari Klub Rumput.
  • Rick (クルシマ Kurushima): Rick adalah Master Klub di Klub Sains.
  • Ken (アカバネ Akabane): Ken adalah Master Klub dari Klub Api.
  • Amy (ウッチー Utchi): Amy adalah Master Klub dari Klub Air.
  • Isaac (タカハシ Takahashi): Isaac adalah Master Klub dari Klub Petir.
  • Murray (ミウラ Miura): Murray adalah Master Klub dari Klub Psikis.
  • Gene (ゲンゾウ Genzō): Gene adalah Master Klub dari Klub Rock.
  • Mitch (ヤマグチ Yamaguchi): Mitch adalah Master Klub dari Klub Pertarungan.
Pemimpin Benteng[sunting | sunting sumber]
  • Morino (モリノ): Morino adalah Pemimpin Benteng GR Grass Fort dan anggota Tim Great Rocket.
  • Catherine (キャサリン): Catherine adalah Pemimpin Benteng GR Lightning Fort dan anggota Tim Great Rocket.
  • Hiderō (ヒデロウ): Hiderō adalah Pemimpin Benteng GR Fire Fort dan anggota Tim Great Rocket.
  • Kanoko (カノコ): Kanoko adalah Pemimpin Benteng GR Water Fort dan anggota Tim Great Rocket.
  • Kamiya (カミヤ): Kamiya adalah Pemimpin Benteng dari GR Fighting Fort dan anggota Tim Great Rocket.
  • Mami (マミ): Mami adalah Pemimpin Benteng GR Psychic Stronghold dan anggota Tim Great Rocket.
  • Ishii (イシイ): Ishii adalah Pemimpin Benteng GR Colorless Altar dan anggota Tim Great Rocket.

Trial Captains and Island Kahunas[sunting | sunting sumber]

Trial Captains[sunting | sunting sumber]

  • llima (イリマ Irima): llima adalah Kapten Percobaan Pulau Melemele dan spesialis tipe Normal. Percobaannya berlangsung di Verdant Cavern, menugaskan pemain untuk melawan Rattata atau Yungoos, tergantung pada versinya, sebelum melawan Totem Gumshoos atau Raticate.
  • Lana (Suiren (スイレン)): Lana adalah salah satu dari tiga Kapten Percobaan di Pulau Akala. Dia menggunakan Pokémon tipe Air dan meminta pemain menyelidiki percikan air di Brooklet Hill, sebelum melawan Totem Wishiwashi atau Araquanid. Dalam versi Ultra, dia menyuruh pemain menggiring Wishiwashi untuk menarik dan melawan Totem Araquanid.
  • Kiawe (Kaki (カキ)): Kiawe adalah salah satu dari tiga Kapten Percobaan di Pulau Akala. Trial nya berlangsung di Wela Volcano Park, di mana pemain menonton tarian Alolan Marowak, sebelum melawan Totem Salazzle. Di Ultra Sun and Moon, Salazzle digantikan oleh Alolan Marowak. Dia menggunakan Pokémon tipe Api.
  • Mallow (Mao (マオ)): Mallow adalah salah satu dari tiga Kapten Percobaan di Pulau Akala. Dia menugaskan pemain untuk mengumpulkan bahan-bahan di Lush Jungle untuk memikat Totem Lurantis. Dia menggunakan Pokémon tipe Rumput.
  • Sophocles (Mamane (マーマネ Māmane)): Sophocles adalah salah satu dari dua Kapten Percobaan di Pulau Ula'ula. Dia menggunakan alat untuk menarik Totem Vikavolt di S/M dan Totem Togedemaru di USUM ke Observatorium Hokulani, tetapi menyebabkan pemadaman listrik/lonjakan listrik. Uji Coba pemain melibatkan kuis audio untuk membuka pintu keamanan atau mini-game Charjabug Roller untuk memberi daya pada perangkat pemanggil Totem-nya. Dia menggunakan Pokémon tipe Electric.
  • Acerola (アセロラ Aserora): Acerola adalah Kapten Percobaan tipe Hantu di Pulau Ula'ula. Dia menugaskan pemain untuk melacak Pokémon tipe Hantu di supermarket yang ditinggalkan, yang berpuncak pada pertempuran dengan Totem Mimikyu. Nenek moyangnya adalah bangsawan Alolan.
  • Mina (Matsurika (マツリカ)): Mina adalah Kapten Percobaan tipe Peri di Pulau Poni. Uji coba eksklusif "Ultra" miliknya melibatkan pengumpulan berbagai kelopak berwarna untuk membuat bunga khusus untuk menggambar Totem Ribombee.

Island Kahunas[sunting | sunting sumber]

  • Hala (ハラ Hara): Hala adalah Kahuna dari Pulau Melemele. Dia bertarung dengan Pokémon tipe Fighting.
  • Olivia (Lychee (ライチ Raichi)): Olivia adalah Kahuna di Pulau Akala. Dia berspesialisasi dalam Pokémon tipe Rock.
  • Nanu (Kuchinashi (クチナシ)): Nanu adalah Kahuna dari Pulau Ula'ula, berspesialisasi dalam Pokémon tipe Gelap. Dia adalah seorang perwira polisi, tinggal di Route 17, di luar markas Tim Tengkorak di Kota Po. Dia memiliki koneksi ke Giovanni di anime.
  • Hapu (ハプウ Hāpu'u)): Hapu adalah Kahuna dari Pulau Poni. Pemain pertama kali bertemu dengannya di Pulau Akala dengan Mudsdale-nya. Dia menggunakan Pokémon tipe Ground. Dia terlihat ditunjuk sebagai kahuna oleh Tapu Fini nanti di game dan anime.

Elite Four dan Juara[sunting | sunting sumber]

Elite Four (四天王 Shitennō, lit. "Empat Raja Surgawi") adalah ordo dari empat pelatih Pokémon yang sangat terampil. Seperti Gym Leader, mereka juga berspesialisasi pada jenis Pokémon tetapi jauh lebih kuat. Pemain harus terlebih dahulu mengalahkan mereka semua sehingga mereka dapat memperoleh hak untuk menantang Juara Pokémon. Pemain harus mendapatkan delapan lencana dari masing-masing pemimpin gym di masing-masing wilayah untuk menghadapi Elite Four. Wilayah Galar tidak memiliki Elite Four.

Di awal setiap seri pertandingan, setiap wilayah memiliki Juara Liga regional masing-masing. Mereka dimaksudkan untuk menjadi pelatih terkuat di wilayah mereka sendiri dan jauh lebih unggul dari Elite Four atau Gym Leader mana pun. Posisi Pokémon Champion mereka terus-menerus terbuka untuk menantang pelatih Pokémon mana pun yang memperoleh delapan lencana dan mengalahkan Elite Four dan begitu mereka mengalahkan Champion dalam pertempuran Pokémon, mereka secara otomatis mendapatkan gelar untuk diri mereka sendiri. Setiap kali gelar Juara diturunkan, itu dihormati dengan pelantikan ke Hall of Fame.

Seri utama[sunting | sunting sumber]

Kanto Elite Four dan Juara[sunting | sunting sumber]

  • Lorelei (Kanna (カンナ)): Lorelei adalah spesialis Pokémon tipe Es. Dia berasal dari Kepulauan Sevii dan dia mengoleksi Boneka Pokemon. Dia muncul di Orange Islands series dari anime, di mana dia dikenal sebagai Prima dalam versi bahasa Inggris. Di Pokemon Let's Go, Pikachu! dan Let's Go, Eevee!, dia menyelamatkan pemain dari Team Rocket dan mengambil tiga Grunt sekaligus, meninggalkan pemain untuk berperang keempat. Dia adalah penjahat di Pokémon Adventures, yang mencoba mengambil alih dunia dengan Elite Four lainnya. Dia kemudian bersekutu dengan Merah dan Biru untuk menyelamatkan rumahnya.
  • Bruno (Shiba (シバ)): Bruno adalah ahli dalam tipe Pertarungan dan teman serta mitra pelatihan Brawly. Dia terus-menerus melatih tubuhnya sendiri bersama dengan Pokemon-nya dan dia ingin melawan pelatih terbaik di dunia, itulah sebabnya dia adalah bagian dari grup. Dia secara teratur berlatih di Kepulauan Sevii dan menggunakan spa untuk Pokemon-nya. Dia muncul di episode pertama dari anime sebagai petarung di televisi dan dia kemudian bertemu Ash ketika dia mencari Bruno untuk mempelajari "rahasianya" untuk menjadi pelatih yang hebat. Bruno adalah penjahat yang tidak mau di "Petualangan Pokemon", di mana dia dipaksa oleh Agatha untuk memperjuangkannya. Dia kemudian membentuk Johto Elite Four dengan Will, Karen dan Koga. Bruno menempelkan Poké Balls miliknya ke ujung satu set nunchaku dan melepaskan Pokémonnya dengan kecepatan tinggi untuk memberinya keuntungan.
  • Agatha (Kikuko (キクコ)): Seorang wanita tua yang berspesialisasi dalam Pokémon tipe Hantu. Dalam anime, dia muncul di episode "Tim Skema" di mana dia bertindak sebagai Pemimpin Gym untuk Gym Kota Viridian, mengalahkan Ash dalam pertempuran. Dia adalah salah satu antagonis utama dari bab Kuning "Petualangan Pokemon", bersama dengan Lance. Dia mencoba untuk menghancurkan sebagian besar umat manusia dari markas mereka di Pulau Cerise. Dia mengendalikan Bruno melawan kehendaknya dengan memanfaatkan kekuatan mengendalikan pikiran dari Pokémon hantunya dan dia adalah mantan saingan Profesor Oak, meskipun hubungan mereka akhirnya menjadi sangat pahit ketika dia memutuskan untuk mengejar karir penelitiannya sendiri daripada bertahan. dengan kelompok mereka, yang menurut Oak, hanya tertarik untuk menemukan cara baru untuk mengendalikan Pokémon, yang menurut profesor tidak etis.
  • Lance (Wataru (ワタル)): Lance, yang dikenal sebagai salah satu pelatih Pokémon terbaik di dunia, berspesialisasi dalam Pokémon naga. Dia adalah sepupu Clair, setelah sebelumnya berlatih dengannya di Blackthorn City. Dia membantu protagonis dalam game generasi kedua dalam pertarungan melawan Team Rocket. Dia muncul di anime, di mana dia membantu kelompok Ash mengalahkan Team Rocket, menangkap Gyarados merah yang merupakan bagian dari eksperimen mereka dan kemudian membantu menghentikan pertempuran antara Groudon dan Kyogre. Dia adalah antagonis utama dari bab Kuning dari Pokémon Adventures yang ingin menghancurkan umat manusia karena semua polusi dan menyakiti Pokémon. Dia kemudian menjadi sekutu Silver, yang dia kirim ke berbagai misi. Dia dipromosikan menjadi juara Liga Pokémon dari Dataran Tinggi Indigo di game sekuel. Dia dikalahkan oleh juara Galar, Leon, di Pokémon Journeys: The Series.
Johto Elite Four dan Juara[sunting | sunting sumber]

  • Will (Itsuki (イツキ)): Seorang spesialis tipe Psikis, yang mengenakan pakaian formal dan topeng. Dalam manga Pokémon Adventures, dia diculik oleh Topeng Es sebagai seorang anak dan dibesarkan untuk menjadi pelayannya. Dia awalnya salah satu pemimpin Neo Team Rocket, tapi dia akhirnya membentuk Elite Four baru dengan Karen, Koga dan Bruno. Dia mengambil alih tempat Lorelei.
  • Karen (Karin (カリン)): Spesialis tipe Gelap; dia menyukai tipe Dark karena dia menemukan sifat liar dan tangguh mereka menarik. Dalam manga "Pokémon Adventures", dia diculik saat masih kecil dan dibesarkan oleh Mask of Ice untuk menjadi pelayannya. Seperti Will, dia awalnya adalah pemimpin Neo Team Rocket sampai dia bergabung dengan yang lain untuk membentuk Elite Four yang baru. Dia mengambil alih tempat Agatha.
Hoenn Elite Four dan Juara[sunting | sunting sumber]

  • Sidney (Kagetsu (カゲツ)): Seorang spesialis tipe Gelap, yang percaya bahwa sisi gelap itu indah dan bahwa "kekuatan itu benar." Dia selalu optimis dan mengucapkan selamat kepada mereka yang mengalahkannya.
  • Phoebe (Fuyō (フヨウ)): Spesialis tipe Hantu, yang kakek-neneknya bertanggung jawab untuk menjaga Orb Biru, Merah dan Hijau di Gunung Pyre. Dia mengendalikan Regice, bersama dengan Glacia, di manga Pokémon Adventures.
  • Glacia (Prim (プリム Purimu)): Spesialis tipe Es, yang datang ke Hoenn sambil mencari iklim yang lebih hangat, yang menurut klaimnya, membantu Pokémonnya tumbuh kuat.
  • Drake (Genji (ゲンジ)): Spesialis tipe Naga. Dia bertarung melawan Ash di anime dan dia menang banyak karena kepercayaan diri Ash yang berlebihan.
  • Steven Stone (Daigo Tsuwabuki (ツワブキ・ダイゴ)) adalah Juara Liga Hoenn di Ruby, Sapphire, Omega Ruby dan Alfa Safir. Dia adalah putra presiden Devon Corporation dan membantu pemain dalam pertempuran mereka melawan Tim Magma dan Aqua. Dalam Emerald, dia telah pensiun dari pertarungan kompetitif, tetapi dapat ditantang di Meteor Falls sebagai superboss pamungkas dalam game. Pokemon tanda tangannya adalah Metagross-nya.
Sinnoh Elite Four dan Champion[sunting | sunting sumber]

  • Aaron (Ryō (リョウ)): Aaron menggunakan Pokémon Bug, menyebutnya cantik dan sempurna. Dia muncul di anime mempersiapkan pertempuran kejuaraan melawan Cynthia. Ketika dia bertemu Ash, yang memberitahunya tentang pengalamannya dengan Cynthia, Aaron memberi tahu Ash tentang bagaimana dia meninggalkan Wurmple selama masa mudanya. Dia melakukan yang terbaik untuk melatih dan memahami jenis Bug karena penyesalan atas kesalahannya. Dia kemudian terbukti telah kehilangan pertandingannya.
  • Bertha (Kikuno (キクノ)): Seorang spesialis tipe Ground tua. Dia muncul di anime bersama dengan Cynthia.
  • Flint (Ōba (オーバ)): Flint adalah spesialis tipe Api, yang bertemu dengan protagonis di Sunyshore City. Dia adalah teman Volkner dan dia memiliki adik laki-laki bernama Buck. Flint juga terlihat di TV melawan Cynthia di episode terakhir Pokémon Diamond and Pearl.
  • Lucian (Goyō (ゴヨウ)): Lucian adalah pelatih tipe Psikis, yang gemar membaca. Dia bertarung dengan Dawn di anime dan dia ditampilkan di televisi melawan Cynthia.
  • Cynthia (Shirona (シロナ)): Cynthia adalah Juara Liga Sinnoh, yang menggunakan sebagian besar Pokémon wanita. Dia sangat tertarik pada mitologi dan sejarah dan menghabiskan waktunya untuk meneliti dan menjelajahi berbagai situs yang terkait dengan Legendary Pokémon di wilayah Sinnoh. Dalam permainan, dia membantu protagonis melawan Tim Galactic dan dia juga membantu mereka begitu Giratina muncul dan membawa Cyrus ke Dunia Distorsi. Meskipun dia tidak memiliki preferensi jenis Pokémon terkait tertentu, Pokémon khasnya adalah Garchomp. Di anime, Ash pertama kali bertemu dengan Cynthia setelah dia mengalahkan Paul dalam pertempuran; dia kemudian membantu kelompok melawan Tim Galactic. Dalam Black dan White dan sekuelnya, Cynthia melakukan perjalanan ke Kota Undella untuk liburan di musim semi dan musim panas, di mana pemain dapat melawannya. Dia sering disebut oleh penggemar sebagai Juara paling sulit di waralaba.
Unova Elite Four dan Champion[sunting | sunting sumber]

  • Shauntal (Shikimi (シキミ)): Shauntal adalah Pelatih Pokémon tipe Hantu. Hobinya adalah menulis buku. Dia juga dapat dilihat di rumah liburan Cynthia di Kota Undella pada kesempatan tertentu. Menurut salah satu ceritanya, dia pernah bertarung melawan Volkner. Dia adalah bagian dari Elite Four wilayah Unova.
  • Grimsley (Gīma (ギーマ)): Grimsley adalah Pelatih Pokémon tipe Gelap. Putra dari keluarga terhormat yang jatuh ke dalam kehancuran, sejak itu ia menjadi penjudi yang ahli. Dia adalah anggota Elite Four wilayah Unova. Dia membuat cameo singkat di Pokemon Sun and Moon
  • Caitlin (Cattleya (カトレア Katorea)): Caitlin adalah Pelatih Pokémon tipe Psikis; dia digambarkan memiliki kekuatan psikis yang sulit dia kendalikan di masa lalu karena temperamennya yang meledak-ledak. Dia melakukan perjalanan ke wilayah Unova untuk belajar bagaimana mengendalikan mereka dan menjadi pelatih yang lebih baik. Dia sebelumnya muncul di game Generasi IV Battle Frontier dan bertanggung jawab untuk menjalankan Battle Castle tetapi tidak dapat bertarung, dengan valetnya mengambil tanggung jawab itu menggantikannya. Dia adalah bagian dari Elite Four wilayah Unova.
  • Marshal (Renbu (レンブ)): Marshal adalah Pelatih Pokémon tipe Pertarungan. Dia adalah salah satu murid Alder. Dia adalah anggota Elite Four Unova.
  • Alder (Adeku (アデク)): Alder adalah mantan Juara Liga Unova, yang membantu pemain melawan Plasma Tim di seluruh Unova. N berhasil menantangnya untuk bertarung dan menang, memaksa pemain untuk melawan N. Pemain nantinya bisa menantang Alder setelah menyelesaikan cerita utama permainan. Meskipun dia tidak berspesialisasi dalam tipe Pokémon tertentu, setengah dari Pokémon-nya adalah tipe Bug dan Pokémon khasnya adalah Volcarona. Dia kemudian mengungkapkan dia memiliki Volcarona lain yang mati sebelum pertandingan dimulai. Dia pensiun dari posisinya pada saat Black 2 dan White 2 berlangsung (telah digantikan oleh Iris), tetapi dapat bertarung di rumahnya di Floccesy Town setelah pemain menyelesaikan cerita utama.
Kalos Elite Four dan Champion[sunting | sunting sumber]
  • Malva (Pachira (パキラ Pakira)): Malva adalah Pelatih Pokémon tipe Api. Seorang reporter berita yang pemarah dan memproklamirkan diri sebagai bintang Holo Caster, dia juga mantan anggota Tim Flare dan mengungkapkan permusuhan terhadap pemain atas kekalahan tim. Looker terpaksa memberitahunya karena membantu pemain menghentikan rencana Xerosic.
  • Siebold (Zumi (ズミ)): Siebold adalah Pelatih Pokémon tipe Air. Dia adalah seorang koki, yang pelanggannya termasuk Valerie dan Grant dan membandingkan seni memasak dengan seni pertempuran Pokémon.
  • Wikstrom (Gampi (ガンピ Ganpi)): Wikstrom adalah Pelatih Pokémon tipe Baja. Dia memakai baju zirah dan ingin sekali melawan penantang.
  • Drasna (Dracaena (ドラセナ Dorasena)): Drasna adalah Pelatih Pokémon tipe Naga, terinspirasi untuk melatih tipe Naga setelah kakek dan neneknya dari Sinnoh memberitahunya tentang mitologi wilayah seputar Dialga dan Palkia. Dia senang bertarung dan menikmatinya ketika pelatih dan Pokémon mereka saling menyukai.
  • Diantha (Carnet (カルネ Karune)): Diantha adalah Juara Liga Kalos, tetapi dia tidak mengungkapkan hal ini kepada pemain saat mereka pertama kali bertemu di Lumiose City. Dia dikenal di Wilayah Kalos sebagai selebriti populer, muncul dalam film dan iklan, tetapi tidak sampai akhir permainan pemain menemukan tempatnya di Liga Pokémon. Dia tidak berspesialisasi dalam jenis Pokémon tertentu, tetapi Pokémon khasnya adalah Mega Gardevoir-nya.
Alola Elite Four[sunting | sunting sumber]
  • Kahili (カヒリ): Spesialis terbang dan profesional golfer. Keluarganya rupanya menjalankan salah satu hotel di Kota Heahea di Pulau Akala. As nya adalah Toucannon.
  • Hala (ハラ): Spesialis tipe Pertarungan dan Kahuna dari Pulau Melemele, dan kakek Hau. Dalam versi Ultra dari Pokémon Sun and Moon, ia digantikan oleh Molayne sebagai anggota Elite Four. As nya adalah Crabrawler/Crabominable.
  • Acerola (アセロラ): Spesialis tipe Hantu dan teman baik Ula'ula Kahuna Nanu. Dia tampaknya adalah keturunan dari keluarga kerajaan Alolan tua. As nya adalah Palossand.
  • Olivia (ライチ): Spesialis tipe Batu dan Kahuna dari Pulau Akala. Dia mengumpulkan boneka Stuffful di rumahnya, dan menjalankan toko perhiasan di Kota Konikoni, yang sering dijaga oleh Probopass-nya. Ace-nya adalah Bentuk Tengah Malam Lycanroc.
  • Molayne (マーレイン): Spesialis tipe Baja dan sepupu Kapten Percobaan Sophocles. Dia menggantikan Hala di Pokémon Ultra Sun dan Ultra Moon sebagai anggota Elite Four. Dia membantu Sophocles dengan pemeliharaan Observatorium Gunung Hokulani. As-nya adalah Alolan Dugtrio.
Galar Champion[sunting | sunting sumber]
  • Leon (Dande (ダンデ)): Leon adalah Juara Liga Galar di Pokémon Sword dan Pokémon Shield. Dia memiliki adik laki-laki, Hop, yang berperan sebagai saingan karakter utama. Pokémon utamanya adalah Charizard yang dapat Gigantamax. Dia sering muncul di sepanjang cerita, dan mengalahkan berbagai Pokemon Dynamax yang tidak terkendali yang disebabkan oleh Eternatus. Dia memiliki rasa arah yang mengerikan dan sering tersesat. Dia adalah saingan masa kecil dengan Sonia dan Raihan. Setelah mengalahkannya dan menjadi Champion, dia akan mengubah Rose Tower, basis operasi lama Macros Cosmos, menjadi Battle Tower, tempat dia bertindak sebagai kepala. Dia juga mengatur Turnamen Bintang Galarian setelah Tundra Mahkota selesai.
  • Mustard (マスタード Mustard): Mustard menjalankan dojo di Isle of Armor di Pokémon Sword dan Shield. Dia adalah mantan Juara Galar yang melatih Leon di masa lalu, memerintah tak terkalahkan selama 18 tahun sampai dia berhenti karena diminta untuk berpartisipasi dalam pertandingan curang. Kartu Liga normalnya menyatakan bahwa setelah pensiun, dia membeli sebuah pulau terpencil, yang dia beri nama Isle of Armor. Dia kemudian mengembangkan minat dalam video game. Saat tidak sedang berperang, dia terlihat sedang memainkan video game yang terlihat seperti Pokémon Quest karena tema piksel dari game tersebut.
  • Peony (ピオニー Peony): Peony adalah mantan Gym Leader dan petualang di Crown Tundra yang mempelajari kisah Pokemon Legendaris di daerah tersebut. Dia adalah adik dari Ketua Rose, seperti yang tertera pada Kartu Liganya yang langka. Dia berspesialisasi dalam Pokémon tipe Baja dan Pokémon khasnya adalah Gigantamax Copperajah, yang merupakan Pokémon pertama yang dia tangkap bersama saudaranya. Dia memiliki seorang putri bernama Peonia, yang sangat dia sayangi.

Spin-off[sunting | sunting sumber]

Grand Master dan Juara[sunting | sunting sumber]
  • Courtney (Hiroko (ヒロコ)): Courtney adalah duelist tipe Api.
  • Steve (スティーブ)): Steve adalah duelist tipe Lightning.
  • Jack (Kanekōj (カネコウジ)): Jack adalah duelist tipe Es.
  • Rod (Ryūdō (リュウドー)): Rod adalah duelist tipe Naga.
Bos Besar dan Raja[sunting | sunting sumber]
  • Kanzaki (カンザキ): Kanzaki salah satu Bos Besar dan anggota Tim Great Rocket.
  • Rui (ルイ): Rui salah satu Bos Besar dan anggota Tim Great Rocket.
  • Biruritchi (ビルリッチ): Biruritchi adalah raja dan pemimpin Tim Great Rocket.

Pemimpin fasilitas pertempuran[sunting | sunting sumber]

Frontier Brains[sunting | sunting sumber]

Frontier Brains (フロンティアブレーン Furontia Burēn) adalah sekelompok pelatih Pokémon yang kuat dari Battle Frontier yang muncul di Pokémon Emerald, Pokémon Platinum dan Pokémon HeartGold dan SoulSilver. Setiap Otak berada di fasilitas Perbatasan dan memiliki gelarnya sendiri. Setelah mengalahkan Frontier Brain, trainer akan menerima Silver Symbol (pertama kali) atau Gold Symbol (kedua kali). Di Platinum, trainer akan menerima Silver Medal (pertama kali) atau Colored Medal (kedua kali).

Dalam anime, Ash Ketchum melakukan perjalanan ke negeri Kanto setelah perjalanannya di Hoenn, mengalahkan Frontier Brains. Alih-alih berada di pulau Battle Frontier, fasilitasnya ada di kota-kota di Kanto.

Dalam manga Pokémon Adventures, seorang bocah misterius bernama Emerald, yang memiliki hubungan dengan Latias dan Latios, datang ke Battle Frontier pulau untuk mengalahkan Frontier Brains. Todd, karakter dari anime dan game Pokémon Snap, melihat Emerald melewati perbatasan. Demikian pula, Platinum Berlitz menantang Frontier Brains of Sinnoh bersama Looker untuk mempelajari lebih lanjut tentang Distortion World di bab selanjutnya dari manga.

Frontier Brain Hoenn[sunting | sunting sumber]

  • Salon Maiden Anabel (Tower Tycoon Lila (タワータイクーン Tawā Taikūn Rira)) berada di Battle Tower. Dia menggunakan berbagai Pokemon. Di manga, dia adalah pemimpin Frontier Brains dan Battle Tower-nya dianggap "istimewa". Di anime, Ash menantangnya di depan Pyramid King Brandon. Setelah pertempuran Ash dan Anabel, diisyaratkan bahwa Anabel telah jatuh cinta pada Ash. Dia memberikan Simbol Kemampuan. Dia muncul di Pokémon Sun dan Moon, bekerja bersama Looker dalam menyelidiki Ultra Beasts, meskipun hampir tidak mengingat waktunya di Battle Frontier.
  • Dome Ace Tucker (Dome Superstar Heath (ドームスーパースター ヒース Dōmu Sūpāsutā Hīsu)) berada di Battle Dome. Tucker mengawali pertempuran dengan komentar narsis dan menikmati suara kerumunan yang meneriakkan namanya. Dia menggunakan Pokémon yang unik, misalnya, evolusi terakhir dari Pokémon pemula. Dia menyerahkan Simbol Taktik.
  • Palace Maven Spenser (Palace Guardian Ukon (パレスガーディアン Paresu Gādian Ukon)) berada di Battle Palace. Di Pokémon Adventures, dia pernah menyentuh Orb Biru, yang mengontrol Kyogre, jadi dia bisa tahu siapa yang juga menyentuhnya. Saat bertarung dengannya, Emerald tidak diizinkan untuk mengeluarkan perintah kepada Pokémonnya, yang harus bertarung berdasarkan insting dan strategi mereka; tantangan melawan Spenser mengharuskan pelatih untuk memiliki keyakinan pada Pokémon yang telah dia pilih. Dia membagikan Simbol Roh.
  • Arena Tycoon Greta (Kapten Arena Kogomi (アリーナキャプテン Arīna Kyaputen Kogomi)) berada di Arena Pertempuran. Seorang gadis blak-blakan yang suka menghadapi pelatih yang kuat; dia membagikan Simbol Nyali kepada mereka yang mengalahkannya.
  • Kepala Pabrik Noland (Kepala Pabrik Datsura (ファクトリーヘッド ダツラ Fakutorī Heddo Datsura)) tinggal di Pabrik Pertempuran di Hoenn. Sebagai Kepala Pabrik, ia dapat melihat data Pertukaran Pertempuran dari pelatih mana pun dan mendukung pengalaman yang diperoleh daripada hanya mengandalkan pengetahuan yang diperoleh. Noland bertarung dengan tim yang dipilih secara acak setiap kali dia ditantang, yang dapat mencakup Pokemon apa pun kecuali yang tidak dapat diterima di Battle Frontier. Dia membagikan Simbol Pengetahuan. Dalam manga Pokémon Adventures, dia adalah orang pertama yang bertarung dengan Emerald dan bertanggung jawab untuk membesarkan dan merawat semua Pokémon sewaan.
  • Ratu Pike Lucy (Ratu Tabung Azami (チューブクイーン Chūbu Kuīn Azami)) tinggal di Battle Pike. Lucy lebih suka menggunakan Pokémon seperti ular. Dia sangat tinggi, pendiam dan pucat, dengan rambut hitam selutut dan mata yang tampak tajam. Tidak pernah banyak bicara, kalah atau sebaliknya, dia menyatakan bahwa butuh banyak usaha untuk mencapai tingkat keahliannya. Alih-alih serangkaian pertempuran seperti fasilitas lainnya, Lucy's Pike terdiri dari kamar-kamar yang secara acak memiliki pertempuran ganda, Pokémon liar, stasiun penyembuhan, pertempuran pelatih, atau percakapan acak. Dia menyerahkan Simbol Keberuntungan. Dalam manga Pokémon Adventures, dia adalah orang kedua yang bertarung dengan Emerald.
  • Raja Piramida Brandon (Raja Piramida Jindai (ピラミッドキング Piramida Kingu Jindai)) tinggal di Piramida Pertempuran. Seorang pria yang menghargai kehidupan agung seorang penjelajah, ia menggunakan trio Legendary Pokémon. Dalam Pokémon Adventures, dia menyatakan bahwa dia menyukai gerakan KO satu pukulan dan telah menangkap Regirock, Regice dan Registeel setelah ketiganya menghilang setelah pertempuran di Hoenn untuk menghentikan Groudon dan Kyogre. Dalam anime, Ash secara khusus menghadapi Brandon beberapa kali sebelum akhirnya mengalahkannya sebagai Otak Perbatasan terakhir. Brandon membagikan Simbol Keberanian.

Frontier Brain Sinnoh dan Johto[sunting | sunting sumber]

  • Tower Tycoon Palmer (Tower Tycoon Kurotsugu (タワータイクーン Tawā Taikūn Kurotsugu)) tinggal di Battle Tower di Sinnoh dan kemudian, di Johto. Dia pertama kali diperkenalkan di Pokémon Diamond dan Pearl sebagai pemimpin Battle Tower, yang kemudian dimasukkan ke dalam Pokémon Platinum Perbatasan Pertempuran. Dia memberikan Cetakan Menara Perak kepada pelatih yang mengalahkannya sekali dan Cetakan Menara Emas kepada pelatih yang mengalahkannya dua kali.
  • Kepala Pabrik Thorton (Kepala Pabrik Nejiki (ファクトリーヘッド ネジキ Fakutorī Heddo Nejiki)) tinggal di Pabrik Pertempuran di Sinnoh dan kemudian, di Johto. Seperti Kepala Pabrik Noland, tim Thorton dipilih secara acak setiap kali dia ditantang dan dapat memasukkan Pokemon apa pun kecuali yang tidak dapat diterima di Battle Frontier. Dia memberikan Cetakan Pabrik Perak kepada pelatih yang mengalahkannya sekali dan Cetakan Pabrik Emas kepada pelatih yang mengalahkannya dua kali.
  • Hall Matron Argenta (Stage Madonna Kate (ステージマドンナ ケイト Sutēji Madonna Keito)) berada di Battle Hall di Sinnoh dan kemudian, di Johto. Argenta menggunakan strategi aneh untuk menguji pelatih dan memaksa mereka untuk memilih satu Pokémon untuk melawan 10 Pokémon dari setiap jenis selama tantangan mereka. Dia memberikan Silver Hall Print kepada pelatih yang mengalahkannya sekali dan Gold Hall Print kepada pelatih yang mengalahkannya dua kali.
  • Bintang Arcade Dahlia (Roulette Goddess Dahlia (ルーレットゴーデス ダリア Rūretto Gōdesu Daria)) tinggal di Battle Arcade di Sinnoh dan kemudian, di Johto. Tantangannya adalah menggunakan simulator roulette yang secara acak memilih kondisi khusus untuk pertempuran yang akan datang. Dia memberikan Silver Arcade Print kepada pelatih yang mengalahkannya sekali dan Gold Arcade Print kepada pelatih yang mengalahkannya dua kali. Dia juga dikenal sebagai penari yang hebat menurut beberapa pelatih di fasilitasnya.
  • Castle Valet Darach (Castle Butler Cochran (キャッスルバトラー コクラン Kyassuru Batorā Kokuran)) dan Lady Caitlin (Cattleya (カトレア Katoreya) ) tinggal di Battle Castle di Sinnoh dan kemudian, di Johto. Darach adalah kepala pelayan Caitlin (yang kemudian menjadi anggota Elite Four Unova), yang bertanggung jawab menjalankan fasilitas dengan menentukan berapa banyak Poin Kastil (CP) yang diberikan kepada pemain di kastil. Dia bertarung di tempatnya menggunakan Pokemon-nya. Mengelola dan menggunakan CP merupakan faktor penting untuk fasilitas ini. Darach memberikan Cetakan Kastil Perak kepada pelatih yang mengalahkannya sekali dan Cetakan Kastil Emas kepada pelatih yang mengalahkannya dua kali.

Pertempuran Chatelaine[sunting | sunting sumber]

Di Pokémon X and Y, Battle Maison diperkenalkan sebagai sistem baru di mana bosnya adalah saudara perempuan Battle Chatelaine (バトルシャトレーヌ Batoru Shatorēnu ). Masing-masing berfungsi sebagai pemimpin dari jenis gaya pertempuran yang berbeda dan dihadapi setelah memenangkan serangkaian pertempuran melawan pelatih lain secara berurutan. Mereka juga muncul di Omega Ruby dan Alpha Sapphire, dengan peran yang sama.

  • Nita (Lanuit (ラニュイ Ranyui)) adalah Kastil Pertempuran untuk Pertempuran Tunggal.
  • Evelyn (Lesoir (ルスワール Rusuwāru)) adalah Chatelaine Pertempuran untuk Pertempuran Ganda.
  • Dana (Lajournée (ラジュルネ Rajurune)) adalah Battle Chatelaine untuk Triple Battles.
  • Morgan (Lematin (ルミタン Rumitan)) adalah Battle Chatelaine untuk Rotation Battles.

Saat menantang sistem Multi Battle, para suster berpasangan satu sama lain.

Pemimpin fasilitas Pertempuran lainnya[sunting | sunting sumber]

  • Ingo (Nobori (ノボリ)) dan Emmet (Kudari (クダリ)) adalah konduktor Battle Subway Kota Nimbasa. Ingo juga salah satu sipir di Pokémon Legends: Arceus.[3]
  • Benga (Banjirō (バンジロウ)) adalah cucu Alder.

Antagonis[sunting | sunting sumber]

Setiap set video game dalam waralaba Pokémon menampilkan antagonis yang berusaha mengambil alih, mengubah, atau menghancurkan dunia, hanya untuk dikalahkan oleh protagonis.

Sindikat kriminal[sunting | sunting sumber]

Seri utama[sunting | sunting sumber]

Team Rocket/Neo Team Rocket[sunting | sunting sumber]

Team Rocket/Neo Team Rocket (ロケット団 Roketto-dan, Rocket Gang) adalah sindikat kejahatan di Kanto dan Johto. Dalam Pokémon Red, Blue, Green dan Yellow dan remake mereka, Pokémon FireRed, LeafGreen, Let's Go, Pikachu! dan Let's Go, Eevee!, mereka ingin mengeksploitasi Pokémon untuk melanjutkan tujuan mereka dominasi dunia. Dalam Pokémon Gold, Silver dan Crystal dan pembuatan ulang mereka, Pokémon HeartGold dan SoulSilver, mereka berusaha menemukan dan membawa Giovanni kembali memimpin. Dalam manga Pokémon Adventures, mereka berusaha membuat Arceus untuk menyelesaikan tujuan mereka.

  • Giovanni (Sakaki (サカキ)): Seorang ahli dalam Ground-type Pokémon dan pemimpin Roket Tim. Dia menjalankan Viridian City Gym di Pokémon Red, Blue, Green dan Yellow dan remake mereka , Pokémon FireRed dan LeafGreen. Dia kemudian menghilang dan tidak terlihat lagi, meskipun Team Rocket mencoba untuk menemukannya di Pokémon Gold, Silver dan Crystal dan remake mereka, Pokémon HeartGold dan SoulSilver, yang terakhir muncul melalui acara yang dapat diunduh. Dia juga muncul sebagai bos terakhir Pokémon Ultra Sun dan Ultra Moon di event story postgame, ketika Team Rainbow Rocket mengambil alih, karena Giovanni adalah pemimpinnya. Namun, dia berbeda dari game lain, karena dia berasal dari realitas alternatif di mana Team Rocket mengambil alih dunia. Timnya dalam permainan tetap sama di kedua versi, tetapi Mewtwo-nya menggunakan Mega Evolution yang berbeda tergantung pada versinya, memiliki Mega Mewtwo X di Ultra Sun, dan Mega Mewtwo Y di Ultra Moon.
  • Dalton (Terry (テリー)): Seorang Juggler yang merupakan anggota Team Rocket.
  • Jessie (Musashi (ムサシ)) dan James (Kojirō (コジロウ)): Anggota Team Rocket pertama yang muncul di anime bersama dengan mitra bicara Meowth mereka dan Wobbuffet (yang diperkenalkan di musim 3). Mereka berperan sebagai antagonis utama dan telah muncul di hampir setiap episode serial ini sejak debut mereka di episode kedua musim 1. Mereka juga muncul sebagai bos mini di Yellow, Let's Go, Pikachu! dan Ayo Pergi, Eevee!. Nama duo ini mengacu pada Jesse James, seorang penjahat.[4] Sebuah lelucon umum di menunjukkan bahwa pada akhir episode, mereka "meledak" karena ledakan (biasanya ketika kerusakan mekanisme mereka) atau Thunderbolt (atau serangan terakhir lainnya). Namun, dalam seri Sun and Moon, mereka diselamatkan oleh Bewear pada menit terakhir dan dibawa kembali ke hutan tempat mereka tinggal bersama (meskipun ada beberapa contoh di mana mereka berhasil meledak tanpa campur tangan Bewear). Nama Jepang mereka mengacu pada dua pendekar pedang terkenal dalam sejarah Jepang, Sasaki Kojirō dan Miyamoto Musashi, yang terkenal saling bertarung di Pulau Ganryū pada tahun 1612, menghasilkan Kemenangan Musashi dan kematian Kojir.
  • Gideon (スミオ (Sumio)): Kepala ilmuwan Tim Roket di Kepulauan Sevii.
  • Archer (Apollo (アポロ Aporo)): Kepala Eksekutif Roket Tim Neo. Dia adalah salah satu Admin Team Rocket di FireRed dan LeafGreen dan satu-satunya Admin Team Rocket di Let's Go, Pikachu! dan Let's Go, Eevee!.
  • Ariana (Athena (アテナ Atena)): Satu-satunya Eksekutif Rocket Tim Neo wanita. Dia mengklaim dirinya sebagai pemimpin sementara Neo Team Rocket. Dia adalah salah satu Admin Rocket Tim di FireRed dan LeafGreen.
  • Proton (Lance (ランス Ransu)): Salah satu Eksekutif Rocket Tim Neo. Dia adalah eksekutif yang paling kejam, memimpin operasi di Sumur Slowpoke di HeartGold dan SoulSilver, tetapi dikagumi oleh yang lain atas tindakannya.
  • Petrel (Lambda (ラムダ Ramuda)): Salah satu Eksekutif Rocket Tim Neo. Dia adalah ahli penyamaran dan tidak berpikiran jahat seperti Eksekutif Rocket Tim Neo lainnya.
Team Magma dan Team Aqua[sunting | sunting sumber]

Team Magma dan Team Aqua (マグマ団・アクア団 Maguma-dan Akua-dan, Magma Gang dan Aqua Gang) adalah dua kelompok jahat di Pokémon Ruby dan Sapphire dan juga remake mereka, Pokémon Omega Ruby dan Alpha Sapphire (tergantung pada versi gim), yang masing-masing berusaha menyebabkan perubahan besar pada ekosistem planet ini. Dalam Pokémon Emerald, kedua grup saling bermusuhan.

Team Magma[sunting | sunting sumber]

Team Magma (マグマ団 Maguma-dan, Magma Gang) adalah musuh pemain di Pokemon Ruby, Emerald dan Omega Ruby. Mereka ingin memperluas wilayah dengan membangkitkan Groudon.

  • Maxie (Matsubusa (マツブサ)): Pemimpin Tim Magma, memimpin kelompok dalam tujuan mereka membangunkan Groudon untuk menyebabkan kekeringan mengeringkan lautan dan memperluas daratan untuk membuat dunia tempat yang lebih baik.
  • Tabitha (Homura (ホムラ)): Salah satu Admin Magma Tim. Dia memimpin kelompok untuk mencuri Meteorit dari Profesor Cozmo di Meteor Falls dan membawanya ke Maxie di Gunung Chimney.
  • Courtney (Kagari (カガリ)): Salah satu Admin Tim Magma. Dia memimpin kelompok di Weather Institute yang mencoba mencuri Castform. Setelah kekalahan, ilmuwan yang mungkin tidak disebutkan namanya yang melihat pertempuran memberi Anda Castform.
Team Aqua[sunting | sunting sumber]

Team Aqua (アクア団 Akua-dan, Aqua Gang) adalah musuh pemain di Pokémon Sapphire, Emerald dan Alpha Sapphire. Mereka ingin memperluas lautan dengan membangkitkan Kyogre.

  • Archie (Aogiri (アオギリ)): Pemimpin Tim Aqua, memimpin kelompok dalam tujuan mereka membangunkan Kyogre untuk menyebabkan hujan deras membanjiri daratan dan memperluas lautan untuk membuat dunia tempat yang lebih baik.
  • Matt (Ushio (ウシオ)): Salah satu Admin Tim Aqua. Dia memimpin kelompok untuk mencuri Meteorit dari Profesor Cozmo di Meteor Falls dan membawanya ke Archie di Gunung Chimney.
  • Shelly (Izumi (イズミ)): Salah satu Admin Tim Aqua. Dia memimpin kelompok di Weather Institute mencoba mencuri Castform. Setelah kekalahan, ilmuwan yang mungkin tidak disebutkan namanya yang melihat pertempuran akan memberi Anda Castform.
Team Galactic[sunting | sunting sumber]

Team Galactic (ギンガ団 Ginga-dan, Galaxy Gang) pertama kali muncul di Pokémon Diamond dan Pearl, menjadi tim jahat menyiksa wilayah Sinnoh. Mereka ingin membuat dimensi baru pada desain yang mereka sukai dengan membuat Rantai Merah yang mistis untuk mengontrol Dialga dan Palkia (tergantung versi gamenya). Untuk mencapai ini, mereka menculik Uxie, Mesprit dan Azelf untuk rencana mereka. Dalam Pokémon Platinum, mereka menginginkan keduanya tetapi dihentikan ketika Giratina keluar dari Dunia Distorsi dan menyeret semuanya kembali ke dalamnya. Dalam serial anime, mereka hampir berhasil menciptakan dimensi baru, tetapi dihentikan ketika Ash dan teman-temannya menyelamatkan Uxie, Mesprit dan Azelf, memaksa Cyrus untuk melangkah ke dimensi baru seperti itu. runtuh, membunuhnya. Kemudian, Looker menangkap Mars, Jupiter, Saturnus dan Charon, menyebabkan Mars berseru bahwa "ini adalah akhir dari Tim Galactic."

  • Cyrus (Akagi (アカギ)): Pemimpin Tim Galactic. Meskipun tampaknya dia ingin bekerja dengan timnya untuk membuat dimensi baru, dia benar-benar ingin membuat dimensi itu hanya untuk dirinya sendiri, menjadikannya satu tanpa emosi yang dia anggap lemah dan tidak berguna.
  • Mars (マーズ Māzu): Salah satu Komandan Tim Galaksi. Dia memimpin aksi kelompok di Valley Windworks dan juga penyerangan di Lake Verity. Dalam "Platinum", dia menunjukkan ketidaksukaan terhadap Charon dan keluar dari Tim Galactic setelahnya, berusaha menyelamatkan Cyrus dari Dunia Distorsi.
  • Jupiter (ジュピター Jupitā): Salah satu Komandan Tim Galaksi. Dia memimpin tim di markas Eterna City ketika mereka menyelidiki patung Pokémon kota dan penyerangan di Lake Acuity. Dalam "Platinum", setelah Mars berhenti, Jupiter memutuskan untuk meninggalkan Tim Galactic juga.
  • Saturnus (サターン Satān): Salah satu Komandan Tim Galaksi. Dia memimpin operasi di Lake Valor serta markas kelompok di Veilstone City. Setelah kekalahan Cyrus, ia memutuskan untuk memimpin Tim Galactic pada misi yang lebih berbudi luhur mencari sumber energi alternatif.
  • Charon (Pluto (プルート Purūto)): Salah satu Komandan Tim Galaksi, diperkenalkan di Platinum. Dia merancang perangkat yang memungkinkan kelompok untuk mengontrol Uxie, Mesprit dan Azelf dan melahirkan Giratina. Dia kemudian mencoba untuk memimpin kelompok dalam mendapatkan kekuatan Heatran, tetapi pemain mengalahkan dia dan dia ditangkap oleh Looker. Pemain dapat membaca catatannya dan mengisyaratkan bahwa dia berteman dengan Rotom yang ditemukan di dekat Kota Eterna.
Team Plasma/Neo Team Plasma[sunting | sunting sumber]

Team Plasma/Neo Team Plasma (プラズマ団 Purazuma-dan, Plasma Gang) adalah grup antagonis dalam game Unova. Dalam Pokémon Black dan White, mereka berusaha untuk membebaskan Pokémon dari manusia. Mereka dipimpin oleh seorang anak laki-laki yang hanya dikenal sebagai N dan Tujuh Orang Bijak yang akan menangkap Zekrom dan Reshiram (tergantung pada versi game ), berniat menggunakan Pokemon Naga untuk memaksa orang berhenti menangkap Pokemon. Kenyataannya, N adalah pion yang digunakan oleh ayah angkatnya Ghetsis, salah satu dari Tujuh Orang Bijak, yang membesarkannya dengan tujuan tunggal untuk dapat menjinakkan Pokémon legendaris dan kemudian membuangnya, sehingga ia dapat mengendalikan Unova. Di Pokémon Black 2 dan White 2, mereka bermaksud menggunakan kekuatan Kyurem untuk mengambil alih wilayah Unova dan seluruh dunia.

  • N (エヌ Enu, Lechuga): N adalah raja dan pemimpin Tim Plasma. Dia adalah pelatih yang sangat misterius yang muncul secara acak dan tidak nyaman dan percaya bahwa semua manusia dan Pokemon harus dipisahkan. Dia hampir selalu terlihat menggunakan Pokémon yang hanya dapat ditemukan di area tempat dia bertarung. Dia dipaksa untuk tumbuh dengan Pokémon yang disalahgunakan, sebagai plot oleh ayah angkatnya, Ghetsis, sehingga dia ingin membebaskan semua Pokémon. dari manusia. Dengan mengikuti rencananya, dia menangkap Zekrom di Hitam atau Reshiram di Putih (pemain akan menangkap yang berwarna berlawanan) untuk menunjukkan kepada dunia kekuatannya sehingga mereka akan menindaklanjutinya. rencananya untuk membebaskan semua Pokemon. N kembali dalam Black 2 dan White 2 sebagai peran pendukung, memungkinkan maskot game Kyurem untuk berubah menjadi bentuk ikoniknya untuk versi game. Di akhir permainan, N dapat ditantang, menggunakan Pokemon legendarisnya dari game sebelumnya dan setelah mengalahkan Naga berubah menjadi Item Kunci yang dapat digunakan pemain untuk menangkap Naga. Setelah acara dalam game lainnya, N menjadi karakter yang dapat ditantang pemain setiap bulan, dengan tim yang berubah sesuai siklus musiman game. Nama lengkapnya adalah Natural Harmonia Gropius (ナチュラル・ハルモニア・グロピウス Nachuraru Harumonia Guropiusu).
  • Seven Sages (七賢人 Shichi Kenjin): Anggota Tim Plasma berpangkat tinggi. Sepanjang permainan, pemain bertemu dengan masing-masing orang bijak tetapi tidak akan bisa melawan mereka. Setelah mengalahkan N dan sebelum menjadi Pokémon Champion, pemain harus menemukan semua Sage yang tersebar di seluruh wilayah Unova.
    • Ghetsis (G-Cis (ゲーチス Gēchisu)): Ghetsis adalah pemimpin sejati dari Tim Plasma dan ayah N, setelah membesarkan anak itu untuk menjadi pemimpin karismatik sambil diam-diam berlari operasi sebenarnya dari kelompok di belakang punggung anak itu. Untuk sebagian besar Hitam dan Putih, ia menampilkan dirinya sebagai sosok yang tampaknya baik hati, bermaksud baik, tetapi terus-menerus diisyaratkan - dan akhirnya terungkap sebagai - penjahat utama dari kedua set permainan dan tokoh utama. antagonis, daripada N. Ketika N masih kecil, Ghetsis menjauhkannya dari manusia dan lebih dekat dengan Pokémon yang disalahgunakan, sehingga ia kemudian mengembangkan kebencian terhadap manusia yang hidup berdampingan dengan Pokémon mereka dan tidak menyadari berapa banyak orang baik sebenarnya ada. Karena itu, Ghetsis dapat dengan mudah memanipulasi N untuk percaya bahwa dia akan menjadi "pahlawan" yang akan membantu membebaskan semua dunia Pokémon dari pemiliknya. Setelah itu, tersirat bahwa Ghetsis berencana untuk menyingkirkan N begitu dia menyelesaikan misinya: menjadi satu-satunya pengontrol Pokémon Unova dan menggunakannya sebagai pasukan untuk menaklukkan seluruh dunia dan memerintahnya sebagai diktator. Namun, tindakan pemain - yang telah membantu menginspirasi N untuk melihat melampaui pandangan lamanya - menyebabkan kekalahan N. Ini membuat marah Ghetsis, yang mengungkapkan warna aslinya dan upaya dominasi dunia lengkap untuk menghentikan pemain itu sendiri, bersama dengan menyebut N 'aneh tanpa hati manusia'. Setelah kekalahannya, dia mulai kehilangan akal sehatnya, tetapi tetap memiliki kejelasan yang cukup untuk melarikan diri dengan bantuan pelayan setianya, Shadow Triad. Dalam Black 2 dan White 2, dia menggunakan Colress sebagai pemimpin proksi Neo Team Plasma untuk menyembunyikan identitasnya sendiri. Ketika bertemu, dia akan menyatakan bahwa Kyurem adalah cangkang kosong dan dia akan menuangkan ambisinya ke dalam cangkang itu. Dia menggunakan Pokemon Legendaris untuk membekukan Unova dan orang-orangnya, dengan tujuan akhir menaklukkan dunia dengan kekuatannya yang besar. Di Giant Chasm, dia akan memerintahkan Kyurem untuk membekukan pemain hidup-hidup dengan gerakan khas Pokémon, Glaciate, tetapi akan dihentikan oleh N. Sayangnya, dia memperkirakan bahwa cinta N pada Pokémon akan membawanya ke Kyurem dan kemudian menggabungkan Kyurem dan Zekrom (' 'Black 2) atau Reshiram (White 2) untuk masing-masing membuat Black Kyurem (Black 2) atau White Kyurem (White 2. Setelah Kyurem Hitam/Putih dikalahkan, Ghetsis kemudian menantang pemain untuk bertempur. Setelah kalah, dia kehilangan kewarasannya yang terakhir dan Shadow Triad memindahkannya - kemudian mengungkapkan bahwa pikirannya telah benar-benar hancur karena kejutan kegagalannya. Nama lengkapnya adalah Ghetsis Harmonia (ゲーチス・ハルモニア Gēchisu Harumonia, G-Cis Harmonia dalam bahasa Jepang).
    • Zinzolin (Vio (ヴィオ)): Terkait dengan warna ungu. Meskipun mengaku tidak menyukai dingin, ia dapat ditemukan di Cold Storage setelah mengalahkan Ghetsis. Dia tampaknya berspesialisasi dalam jenis Es.
    • Rood (Rot (ロット Rood)): Terkait dengan warna merah. Dia kembali dalam Pokémon Black 2 dan White 2 sebagai bagian dari Plasma Tim lama dan bertarung di gudang mereka di Kota Driftveil. Dia tampaknya berspesialisasi dalam tipe Normal. Dia mempercayakan N's Zorua ke dalam perawatan pemain dan membantu pemain di Jurang Raksasa melawan faksi Ghetsis.
    • Gorm (Asura (アスラ)): Terkait dengan warna biru.
    • Bronius (Sumura (スムラ)): Terkait dengan warna coklat.
    • Giallo (ジャロ Jaro): Terkait dengan warna kuning.
    • Ryoku (Ryokushi (リョクシ)): Terkait dengan warna hijau.
  • The Shadow Triad ("Dark Trinity" (ダークトリニティ Dāku Toriniti)): Tiga pemuda mirip ninja yang menjadi pelayan setia Ghetsis karena dia pernah menyelamatkan hidup mereka. Mereka memiliki kemampuan untuk berteleportasi dan biasanya "mengawal" pemain ke N atau Ghetsis.[5] Setelah kekalahan dan penangkapan Ghetsis (dan kemudian pembobolan yang tidak dapat dijelaskan keluar), Shadow Triad muncul untuk terakhir kalinya di Marvelous Bridge, di mana mereka menjelaskan bahwa Ghetsis memerintahkan mereka untuk membawa pemain tiga Orb Dialga, Palkia dan Giratina (Adamant, Lustrous dan Griseous, masing-masing) dan bahwa meskipun kesetiaan mereka kepada dia, dia telah memerintahkan mereka untuk tidak mencarinya. Shadow Triad kembali dalam Pokémon Black 2 dan White 2 dan melawan pemain beberapa kali dalam game. Mereka juga terungkap memiliki Liepard yang telah berevolusi dari Purrloin yang dicuri dari adik perempuan karakter saingan lima tahun sebelumnya, membuatnya menumbuhkan kebencian yang mendalam terhadap organisasi. Pada awalnya, ini termasuk faksi Rood juga. Setelah Neo Team Plasma bubar, Triad tetap berada di Kota Icirrus, di mana mereka dapat ditantang setiap bulan. Menggunakan Fungsi Tautan Unova membuka cutscene yang melibatkan Cilan, Chili, dan Cress yang bertarung melawan The Shadow Triad (dan kalah) - sehingga menghilangkan rumor bahwa kedua grup itu adalah satu dan sama.[5]
  • Anthea (Dewi Cinta (愛の女神 Ai no Megami)) dan Concordia (Dewi Perdamaian (平和の女神 Heiwa no Megami)): Dua karakter yang muncul menjelang akhir cerita utama Hitam dan Putih yang melayani N. Concordia menceritakan kepada pemain kisah N dan bagaimana Ghetsis membesarkannya, sementara Anthea menyembuhkan Pokemon pemain dalam persiapan untuk pertempuran terakhir melawan N.[5] Mereka juga dapat dilihat di urutan pembukaan pertama game di mana mereka menyaksikan N dimahkotai sebagai raja Tim Plasma oleh Ghetsis. Terungkap bahwa Anthea dan Concordia adalah saudara angkat N. Mereka muncul di Black 2 dan White 2 di rumah sukarelawan Pokémon Rood di Driftveil City, di mana mereka memberi tahu pemain tentang ambisi Ghetsis dan apa yang dia lakukan untuk memajukan mereka, serta masa kanak-kanak N sebelum Ghetsis menemukannya. Menurut mereka, N telah menghabiskan sebagian hidupnya di hutan dengan Darmanitan dan Zorua (yang terakhir dapat diperoleh dari Rood) karena ia telah membuat orang tertekan dengan kemampuan yang tidak biasa untuk berkomunikasi dengan Pokémon.
  • Dudley (Kenji (ケンジ)): Seorang ilmuwan yang meneliti (dan memodifikasi) Gensect untuk Tim Plasma. Jika pemain pergi ke Laboratorium P2 dengan Genesect di pesta mereka, sebuah acara akan dipicu, yang melibatkan Dudley yang menantang pemain, yang memiliki Pokémon dari proyek yang dibatalkan yang sedang dikerjakannya.
  • Colress (Achroma (アクロマ Akuroma)): Colress adalah peneliti Pokémon independen dan pemimpin proksi Neo Team Plasma, yang bekerja untuk mempelajari kekuatan Pokémon dan mencoba membawa kekuatan sejati dalam diri mereka. Dia bertarung dengan pemain beberapa kali sepanjang permainan untuk menguji kemampuan pemain dan kekuatan Pokemon pemain. Dia akhirnya bergabung dengan Neo Team Plasma, karena mereka akan memungkinkan dia untuk mempelajari Pokémon seperti yang dia inginkan. Dalam cerita utama Black 2 dan White 2, dia adalah helmsman dari Plasma Frigate, moda transportasi utama Tim Plasma. Setelah Neo Team Plasma dikalahkan, dia membantu kelompok itu mereformasi cara mereka. Dia kemudian bisa bertarung di Laboratorium P2. Dia kembali di Ultra Sun dan Ultra Moon, memberi pemain sarana untuk menggabungkan Necrozma dengan Solgaleo/Lunala begitu mereka menangkap yang pertama dan membantu pemain dan sekutu mereka dalam mengalahkan Tim Rainbow Rocket di pasca- cerita permainan. Dia memiliki peran yang lebih besar dan lebih antagonis di anime, karena dia sedang membangun perangkat yang memungkinkan Ghetsis untuk mengontrol Reshiram dan dia mengendalikan berbagai Pokémon, termasuk Meowth dari Team Rocket, dalam upaya untuk menyempurnakannya. Itu kemudian dihancurkan oleh Pikachu Ash (setelah menolak efek perangkat) dan Reshiram. Dia berspesialisasi dalam Pokémon tipe Steel.
Team Flare[sunting | sunting sumber]

Team Flare (フレア団 Furea-dan, Flare Gang) adalah tim jahat yang muncul di Pokémon X dan Y. Tujuan utama mereka adalah untuk "menciptakan dunia yang indah", yang akhirnya memanifestasikan dirinya menjadi genosida massal semua manusia dan Pokémon kehidupan kecuali diri mereka sendiri, menggunakan senjata kuno yang pernah digunakan oleh raja Kalos, leluhur pemimpin mereka Lysandre , dari 3000 tahun yang lalu. Sementara rencana mereka melibatkan pemanfaatan kekuatan Xerneas dan Yveltal (tergantung versi gimnya), skema Tim Flare di anime melibatkan pengendalian Zygarde dan jam matahari sebagai senjata mereka untuk menyebabkan bencana nuklir.

  • Lysandre (Fleur-de-Lis (フラダリ Furadari)): Pemimpin Tim Flare, berusaha mencapai kecantikan abadi. Dia mengikuti kemajuan pemain dengan cermat, mencari pemain dalam rencananya dan mengungkapkan sejarah Kalos dan raja AZ, leluhurnya, yang hampir memusnahkan semua kehidupan. Setelah identitasnya sebagai pemimpin Tim Flare terungkap, dia mengakui bahwa dia ingin menggunakan senjata leluhurnya untuk melakukan kepunahan massal, percaya bahwa Cincin Mega menjadi pusat rencananya. Pemain akhirnya mengalahkan Lysandre dan ketika Lysandre mencoba untuk mengaktifkan senjata, meskipun pemain telah menangkap sumber kekuatannya Xerneas (X)/Yveltal (Y), senjata itu hancur dan menghancurkan markas. Meskipun pemain dan teman-temannya, serta sebagian besar anggota Tim Flare, berhasil melarikan diri, Lysandre tidak pernah terlihat lolos dari kehancuran dan oleh karena itu dia dianggap mati. Di anime, menggunakan Lysandre Labs sebagai kedok, Lysandre memanipulasi Alain untuk memberinya Mega Evolution sementara bawahannya berhasil menangkap blue-core [[Daftar generasi VI Pokémon#Zygarde] |Zygarde]] dalam rencananya untuk mengendalikan kedua Inti Zygarde sambil menghancurkan Kota Lumoise sebagai tampilan kekuatan Tim Flare. Tapi setelah kalah dari Ash, Alain, dan Malva yang telah ditebus, serta kehilangan kedua Core Zygarde, Lysandre menggunakan fabrikasi Zygarde yang dibuat dari Megalith dan membuatnya menyerap energi jam matahari Anistar untuk memanggil genosida global. Tapi Core Zygarde mengasumsikan bentuk 100% mereka untuk menghancurkan fabrikasi dengan gerakan tanda tangan Core Enforcer, dengan Lysandre tampaknya terbunuh dalam prosesnya.
  • Chalmers (アカマロ Akamaro): Mantan admin Tim Flare yang menjadi kepala pelayan.
  • Ilmuwan Tim Flare: Para ilmuwan dari Tim Flare.
    • Xerosic (Xerosic (クセロシキ Kuseroshiki)): Salah satu ilmuwan Tim Flare. Dia adalah ilmuwan kepala kelompok, memimpin pembangunan senjata pamungkas. Di post-game, dia juga membuat Expansion Suit dan mempekerjakan Emma untuk menjadi penggunanya. Di akhir permainan pos, dia ditangkap oleh Looker.
    • Celosia (Correa (コレア Korea)): Salah satu ilmuwan Tim Flare. Dia dan Bryony memimpin kelompok dalam serangan mereka di Pabrik Poké Ball.
    • Aliana (Akebi (アケビ)): Salah satu ilmuwan Tim Flare. Dia memimpin kelompok dalam penyusupan mereka ke Pembangkit Listrik Kalos.
    • Bryony (Bara (バラ)): Salah satu ilmuwan Tim Flare. Dia dan Celosia memimpin kelompok dalam serangan mereka di Pabrik Poké Ball.
    • Mable (Momiji (モミジ)): Salah satu ilmuwan Tim Flare. Dia memimpin kelompok dalam operasi Frost Cavern mereka, membuat marah penduduk asli Abomasnow.
Team Skull[sunting | sunting sumber]

Team Skull (スカル団 Skull-dan, Skull Gang) adalah geng preman jalanan yang merupakan tim penjahat tetap Alola di Pokémon Sun dan Moon, diam-diam bekerja dengan Yayasan Aether dengan janji uang. Mereka dibubarkan setelah peristiwa pertandingan.

  • Guzma (グズマ): Guzma adalah bos Tim Tengkorak dan bertarung tanpa ampun. Dia pernah melewati Island Challenge, tetapi tidak memenuhi kriteria untuk menjadi kapten. Dia memiliki sejarah dengan Profesor Kukui. Dia dapat bekerja sama dengan di Battle Tree di Double Battles dan dalam versi Ultra, dia membantu pemain mengalahkan Team Rainbow Rocket karena kesetiaannya kepada Lusamine. Setelah itu, ia muncul sebagai kemungkinan penantang Judul Pertahanan.
  • Plumeria (プルメリ Plumeri): Plumeria adalah admin Team Skull dan membantu menjaga ketertiban tim. Dia peduli dengan gerutuan di bawahnya, membuatnya kurang antagonis dari admin sebelumnya. Dia muncul sebagai kemungkinan petarung di Judul Pertahanan.
  • Gladion (グラジオ Glazio): Pemuda ini meminjamkan kekuatannya kepada Tim Tengkorak sebagai seorang penegak hukum. Dia menempatkan nilai tinggi untuk menjadi kuat dalam pertempuran Pokémon. Mitranya Pokémon adalah Tipe misterius: Null, yang akhirnya berevolusi menjadi Silvally. Dia adalah putra Lusamine dan saudara laki-laki Lillie. Dia juga muncul sebagai kemungkinan petarung di Judul Pertahanan dan dalam versi Ultra meninggalkan Alola pasca-pertandingan untuk melakukan perjalanan ke wilayah lain untuk menjadi lebih kuat; dia muncul sebagai penantang Judul Pertahanan setelah sebulan berlalu di game-game itu.
Yayasan Aether[sunting | sunting sumber]

Aether Foundation (エーテル財団) adalah organisasi yang muncul di Pokémon Sun dan Moon yang tampaknya didedikasikan untuk konservasi Pokemon. Namun, terungkap bahwa mereka juga meneliti Ultra Beast dan meskipun secara teknis mereka bukan sindikat kriminal, presiden mereka berusaha memanfaatkan kekuatan Cosmog untuk membawa Ultra Beast ke Alola (dalam game aslinya)/bepergian ke Ultra Megalopolis untuk melawan Necrozma (dalam versi Ultra) tanpa memperhatikan konsekuensi dari melakukannya.

  • Lusamine (ルザミーネ): Pemimpin Yayasan Aether, ibu dari Lillie dan Gladion dan penjahat sebenarnya dari game Sun dan Moon asli. Dia terobsesi dengan Ultra Beast, khususnya spesies Nihilego yang telah jatuh di bawah pengaruh mereka; Gladion berspekulasi bahwa ketertarikannya dimulai setelah suaminya menghilang saat mempelajari mereka. Dia pergi sejauh melepaskan mereka pada Alola dengan overclocking kekuatan Nebby sebelum ingin hidup menyendiri di antara Nihilego di wilayah asal mereka. Dia kemudian membiarkan dirinya diambil alih oleh Nihilego (yang dia tangkap saat pemain berada di Alola) pada klimaks permainan dalam upaya terakhir untuk menghancurkan para pahlawan (menjadikannya satu-satunya penjahat di waralaba yang pertempuran diperangi sebagai versi mutan dari diri mereka sendiri). Sementara dia sekarang tinggal di Kanto untuk menghilangkan racun Nihilego yang terakhir darinya dan mencoba membangun kembali hubungannya dengan Lillie, nasib pamungkasnya di game aslinya tetap tidak diketahui. Namun tersirat bahwa dia sekarang dicari oleh Polisi Internasional atas tindakannya terhadap Alola saat dia kerasukan. Versi Ultra menggambarkannya dalam cahaya yang sama sekali berbeda; tanpa pengaruh Nihilego dan oleh karena itu obsesi Ultra Beast-nya, percaya bahwa dia melakukan hal yang benar, bekerja juga dengan Pasukan Ultra Recon dan memanfaatkan kekuatan Nebby sehingga dia dapat melawan Necrozma, tetapi dikalahkan dengan mudah oleh pencuri cahaya. Dia reformasi pada akhirnya, memberikan anak-anaknya kemerdekaan dia telah menolak mereka begitu lama dan memilih untuk tidak langsung mengganggu kehidupan mereka lagi, tetapi ditangkap oleh Tim Rainbow Rocket dan disandera di pasca-pertandingan. Setelah kekalahan Team Rainbow Rocket, dia kemudian muncul sebagai penantang Title Defense yang mungkin setiap awal bulan, peran yang sebelumnya diambil oleh Faba (lihat di bawah)
  • Faba (ザオボー Sauboh): Admin Yayasan Aether. Dia menantang pemain beberapa kali untuk menghentikan pemain ketika Lillie diculik. Dalam game aslinya, dia juga muncul sebagai kemungkinan petarung di Title Defense, muncul setiap awal bulan, setelah diturunkan dari posisinya sebagai Kepala Cabang. Dalam cerita pasca-permainan versi Ultra, dia mengkhianati Yayasan Aether ke Tim Rainbow Rocket untuk keuntungannya sendiri. Karena itu, ia diturunkan ke posisi magang setelah kekalahan Giovanni, dengan Lusamine mengambil tempatnya di Judul Pertahanan dalam game ini.
  • Wicke (ビッケ): Wakil ketua Yayasan Aether. Berbeda dengan dua lainnya, dia membantu upaya pemain untuk menghentikan rencana Lusamine. Dia juga muncul di post-game, membantu pemain dengan misi Ultra Beast di versi aslinya.
Skuad Ultra Recon[sunting | sunting sumber]

Ultra Recon Squad (ウルトラ調査隊) adalah organisasi yang muncul di Pokémon Ultra Sun dan Ultra Moon . Tujuan utama mereka adalah untuk menyelidiki Ultra Wormholes, Ultra Beasts dan mengembalikan cahaya yang dicuri dari rumah mereka oleh Necrozma.

  • Dulse (ダルス): Salah satu anggota Pasukan Ultra Recon. Dia melakukan perjalanan ke Alola dengan Zossie di Ultra Sun, tetapi tinggal di Ultra Megalopolis di Ultra Moon.
  • Zossie (Amamo (アマモ)): Salah satu anggota Pasukan Ultra Recon. Dia melakukan perjalanan ke Alola dengan Dulse di Ultra Sun, tetapi tinggal di Ultra Megalopolis di Ultra Moon.
  • Soliera (Mirin (ミリン)): Salah satu anggota Pasukan Ultra Recon. Dia melakukan perjalanan ke Alola dengan Phyco di Ultra Moon, tetapi tinggal di Ultra Megalopolis di Ultra Sun.
  • Phyco (Shionira (シオニラ)): Kapten Pasukan Ultra Recon. Dia melakukan perjalanan ke Alola dengan Soliera di Ultra Moon, tetapi tinggal di Ultra Megalopolis di Ultra Sun.
  • Rhi: Seorang anggota skuad yang diperkenalkan di GO sebagai pengganti sementara Profesor Willow sejak GO Fest 2022.
Team Rainbow Rocket[sunting | sunting sumber]

Team Rainbow Rocket (レインボーロケット団 Rainbow Rocket-dan, Rainbow Rocket Gang) adalah sindikat kejahatan di pasca-permainan Pokémon Ultra Sun dan Ultra Moon. Mereka berencana untuk menguasai semua dunia dengan pasukan Ultra Beasts. Mereka terdiri dari versi alternatif dari semua pemimpin tim jahat dari game sebelumnya, tetapi tidak seperti peristiwa game sebelumnya, ketika mereka dikalahkan, mereka berhasil dalam rencana mereka. Setiap pemimpin tim menggunakan Pokemon Legendaris yang kuat dari wilayah masing-masing.

  • Giovanni (Sakaki (サカキ)): Giovanni adalah pemimpin Tim Rainbow Rocket. Dia memiliki Mewtwo sebagai bagian dari timnya. Tergantung pada versi gimnya, Mewtwo akan Mega Evolve menjadi Mega Mewtwo X (Ultra Sun) atau Mega Mewtwo Y (Ultra Moon).
  • Maxie (Matsubusa (マツブサ)): Versi alternatif dirinya muncul sebagai anggota Tim Rainbow Rocket. Maxie ini berhasil memperluas daratan tetapi jatuh ke celah besar pada saat itu juga dan berakhir di dunia game. Dia memiliki Groudon sebagai bagian dari timnya.
  • Archie (Aogiri (アオギリ)): Versi alternatif Archie muncul sebagai anggota Tim Rainbow Rocket. Archie ini berhasil memperluas lautan namun dilalap gelombang besar pada saat kemenangannya dan berakhir di dunia game. Dia memiliki Kyogre sebagai bagian dari timnya.
  • Cyrus (Akagi (アカギ)): Versi alternatif dari Cyrus muncul sebagai anggota Tim Rainbow Rocket. Cyrus ini berhasil menciptakan alam semesta tetapi diliputi oleh bayangan misterius pada saat kemenangannya dan diangkut ke dunia game. Dia memiliki Dialga (Ultra Sun)/Palkia (Ultra Moon) sebagai bagian dari timnya.
  • Ghetsis (G-Cis (ゲーチス Gēchisu)): Versi alternatif Ghetsis muncul sebagai anggota Tim Rainbow Rocket. Ghetsis ini berhasil memisahkan orang dan Pokémon dan menjadi pemimpin mutlak di dunianya sendiri. Dia memiliki Zekrom (Ultra Sun)/Reshiram (Ultra Moon) sebagai bagian dari timnya. Berbeda dengan pemimpin lainnya, dia diam-diam merencanakan untuk memanipulasi dan menggulingkan Giovanni dan menolak untuk menerima kekalahan. Tujuan sebenarnya dalam versi ini adalah menggunakan pasukan Ultra Beasts dan Pokémon untuk menaklukkan tidak hanya dunia baru tetapi semua dunia, menjadi diktator universal. Dia bahkan mengancam akan menyakiti Lillie, hanya untuk Colress dari dunia game untuk campur tangan dan mengirimnya kembali ke dunia asalnya.
  • Lysandre (Fleur-de-Lis (フラダリ Furadari)): Versi alternatif dari Lysandre muncul sebagai anggota Tim Rainbow Rocket. Lysandre ini berhasil dalam rencana Tim Flare tetapi dibutakan oleh cahaya terang pada saat senjata pamungkas ditembakkan dan berakhir di dunia game. Dia memiliki Xerneas (Ultra Sun)/Yveltal (Ultra Moon) sebagai bagian dari timnya.
Team Yell[sunting | sunting sumber]

Team Yell (エール団 Yell-dan, Yell Gang) adalah tim penjahat penduduk wilayah Galar di Pokémon Sword dan Shield, meskipun mereka bukan penjahat sejati dalam game. Mereka adalah sekelompok pembuat onar yang menginginkan tidak lebih dari saingan ramah pemain Marnie untuk menjadi Juara dan mereka berusaha untuk menghalangi semua penantang lain tanpa mereka tahu bos. Mereka kemudian membantu pemain mencapai Leon dan Ketua Rose setelah sekretaris Rose, Oleana, menutup monorel yang akan membawa pemain ke Menara Rose.

Mereka kemudian membantu pemain melacak anggota staf Liga nakal di Wyndon.

  • Piers (ネズ Nezu): Pemimpin Tim Yell, saudara laki-laki Marnie dan Pemimpin Gym ketujuh. Dia berspesialisasi dalam Pokémon tipe Gelap.
  • Joshua (ヨウヘイ Yōhei): Pelatih Spikemuth Gym dan Team Yell mendengus.
  • Marnie sendiri bukan anggota Tim Yell, tetapi saudara perempuan Piers dan idola para gerutuan.
Macro Cosmos[sunting | sunting sumber]

Macro Cosmos (マクロコスモス) adalah bisnis besar konglomerat wilayah Galar di Pedang Pokemon dan Perisai dan penjahat sejati game. Presiden mereka berusaha memanfaatkan kekuatan energi Dynamax untuk membangunkan Eternatus dari 3000 tahun tidurnya ke Galar tanpa memperhatikan konsekuensinya. Mayoritas karyawan berspesialisasi dalam Pokémon tipe Baja.

  • Rose (ローズ): Ketua Galar Pokémon League, presiden Macro Cosmos, konglomerat bisnis besar dan penjahat sebenarnya dari Sword dan Shield . Dia membuat Galar Pokémon League terkenal di dunia dengan menerapkan Gym Battles yang menampilkan fenomena Dynamax. Dia terobsesi untuk memecahkan krisis energi masa depan Galar, tapi dia ingin membangunkan Eternatus percaya bahwa memanfaatkan kekuatannya akan menyelesaikan masalah. Setelah pemain mengalahkan dan menangkap Eternatus, ia secara sukarela menyerah kepada pihak berwenang. Setelah peristiwa cerita dasar, keberadaannya tidak diketahui. Dia berspesialisasi dalam Pokémon tipe Baja (seperti semua karyawannya, tidak termasuk Oleana) dan Pokémon khasnya adalah Gigantamax Tembaga.
  • Oleana (オリーヴ Olive): adalah admin Rose dan dikenal karena kepribadiannya yang tenang dan tenang. Dia juga menjabat sebagai wakil presiden perusahaan Rose dan pada kenyataannya sebagian besar bertanggung jawab atas jalannya perusahaan sehari-hari. Timnya didasarkan pada kecantikan feminin, tetapi Pokémon khasnya adalah Gigantamax Garbodor. Dia awalnya seorang peneliti kelas rendah yang mengerjakan fenomena Dynamax dan dipromosikan setelah Rose melihat bakatnya (ditampilkan di Twilight Wings). Pemain dapat menemukan pasca-permainannya di Tambang Galar, di mana dia dapat memberikan Kartu Liga langka milik Rose. Di Crown Tundra, setelah pemain melawan Peony dan mendapatkan Kartu Liga langkanya, jika dia pergi ke Pemakaman Tua di malam hari, pemain mungkin menemukan Oleana di sana, sepertinya berusaha menemukan Rose. Dia mencampur Peony untuk Rose karena kemiripan mereka dan setelah itu, dia akan kembali ke daratan Galarian.
Team Star[sunting | sunting sumber]

Team Star adalah tim villian penduduk wilayah Paldea di Pokémon Scarlet dan Violet. Mereka adalah sekelompok siswa pembuat onar dari Naranja/Uva Academy. Mereka adalah fokus dari cerita "Starfall Street".

  • Mela: Bos dari Kru Api Team Star.

Permainan sampingan[sunting | sunting sumber]

Cipher[sunting | sunting sumber]

Cipher (シャドー Shadow) adalah kelompok antagonis utama Pokémon Colosseum dan Pokémon XD: Gale of Darkness. Tujuan utama mereka adalah mengubah Pokémon menjadi 'Shadow Pokémon' yang lebih kuat melalui cara yang kejam.

Colosseum[sunting | sunting sumber]
  • Evice (ワルダック Wardack): The leader of Cipher in Colosseum. He is secretly the mayor of Phenac City, where he pretends to be kind but bumbling.
  • Nascour (ジャキラ Jakira): The second-in-command of Cipher in Colosseum. He runs most operations to give Evice cover.
  • Miror B. (ミラーボ Mirorbo): One of the Cipher Admins in Colosseum. He has a large Pokéball afro and spends most of his time teaching his Pokémon to dance. In Gale of Darkness, he has left Cipher to form his own 'Team Miror' consisting of himself and two peons. He will nevertheless acquire any Shadow Pokémon the player fails to snag, providing another opportunity to capture them.
  • Dakim (ダキム Dakim): One of the Cipher Admins in Colosseum. He is a hulking brute sent to steal the Time Flute to prevent it from being used to purify Shadow Pokémon.
  • Venus (ヴィーナス Venus): One of the Cipher Admins in Colosseum. A television star, she oversees the Cipher-controlled mining town known as the Under.
  • Ein (ボルグ Borg): One of the Cipher Admins in Colosseum. An unethical scientist who created the Shadow Pokémon process.
XD: Gale of Darkness[sunting | sunting sumber]
  • Greevil (デスゴルド Deathgold): Pemimpin Cipher di XD: Gale of Darkness. Dia berpura-pura menjadi orang tua yang murah hati dan kaya sementara antek-anteknya menjalankan rencananya.
  • Lovrina (ラブリナ Lovrina): Salah satu Admin Cipher di XD: Gale of Darkness. Seorang ilmuwan kecil, dia menciptakan XD001 Shadow Lugia yang kuat, yang konon tidak mungkin untuk dimurnikan.
  • Snattle (ワズル Wazuru): Salah satu Admin Cipher di XD: Gale of Darkness. Seorang politisi egois yang ingin menjadi gubernur Orre.
  • Gorigan (ゴリガン Gorigan): Salah satu Admin Cipher di XD: Gale of Darkness. Seorang mekanik berotot seperti gorila, dia mengawasi pabrik produksi utama Shadow Pokémon.
  • Ardos (アルドス Ardos): Salah satu Admin Cipher di XD: Gale of Darkness. Pengawal (dan putra) Greevil. Setelah kekalahan mereka, dia mendorong Greevil untuk menghancurkan basis Cipher dan melarikan diri daripada menyerah. Meskipun ini gagal, dia bersumpah bahwa dia akan kembali dan membangun kembali Cipher sekali lagi.
  • Eldes (エルデス Eldes): Salah satu Admin Cipher dan saingan utama di XD: Gale of Darkness. Pengawal (dan putra) Greevil. Setelah kekalahan mereka, dia mendorong Greevil untuk menyerah daripada menghancurkan markasnya dan membunuh semua orang di dalamnya.
Team Snagem[sunting | sunting sumber]

Team Snagem (スナッチ団 Sunatchi-dan, Snatch Gang) adalah geng pencuri dan penjahat di Pokémon Colosseum dan Pokémon XD: Gale of Darkness.

  • Gonzap (ヘルゴンザ Helgonza): Pemimpin Tim Snagem.
  • Wakin (ヤッチーノ Yaccino): Salah satu anggota Tim Snagem.
  • Biden (ザブ Zabu): Salah satu anggota Tim Snagem.
  • Agrev (ミサンゴ Misango): Salah satu anggota Tim Snagem.

Spin-off[sunting | sunting sumber]

Phobos Battalion[sunting | sunting sumber]

Phobos Battalion (フォボス軍 Phobos Army) adalah musuh di Pokémon Trozei!.

  • Baron Phobos (フォボス男爵 Baron Phobos): Pemimpin Batalyon Phobos.
  • Buzz (バズ将軍 General Buzz): Salah satu Jenderal Batalyon Phobos.
  • Avery (アベリー将軍 General Avery): Salah satu Jenderal Batalyon Phobos.
  • Grock (グロック将軍 General Grock): Salah satu Jenderal Batalyon Phobos.
  • Aquarella (アクアレイラ将軍 General Aquarella): Salah satu Jenderal Batalyon Phobos.
  • Boolum (ブーラム将軍 General Boolum): Salah satu Jenderal Batalyon Phobos.
Skuad Go-Rock[sunting | sunting sumber]

Go-Rock Squad (ゴーゴー団 GoGo-dan, GoGo Gang) adalah tim jahat di Pokémon Ranger.

  • Gordor (ラゴウ Ragō): Pemimpin Pasukan Go-Rock.
  • Go-Rock Quads (ゴーゴー4兄弟 Empat GoGo Bersaudara): Admin dari Pasukan Go-Rock dan anak-anak Gordor.
    • Tiffany (ミライ Mirai): Salah satu anggota Go-Rock Quads.
    • Clyde (ヨウジ Yōji): Salah satu anggota Go-Rock Quads.
    • Garret (ユウキ Yūki): Salah satu anggota Go-Rock Quads.
    • Billy (ヤライ Yarai): Pemimpin Go-Rock Quads.
Team Dim Sun/Team Debonairs[sunting | sunting sumber]

Team Dim Sun/Team Debonairs (ヤミヤミ団/ミラミラだん Yamiyami-dan/Miramira-dan, Dark-Dark Gang) adalah tim jahat di Pokémon Ranger: Shadows dari Almia. Sebuah subbagian rahasia dari perusahaan energi Altru Inc., ia berusaha untuk mengendalikan Pokémon menggunakan mesin Gigaremo dan Miniremo, akhirnya menciptakan versi besar yang disebut Incredible Machine yang mampu mendominasi semua Pokémon di wilayah Almia. Setelah kekalahan mereka, komandan kedua Mr. Kincaid menciptakan Team Debonairs menggunakan Miniremos yang masih hidup.

  • Blake Hall (ブラック・ホール Black Hole): Pemimpin Tim Dim Sun dan presiden Altru Inc. Pernah bernama Wyatt Hall (White Hole), dia diekspos oleh ayahnya ke artefak yang disebut Shadow Crystal, yang memenuhinya dengan emosi negatif dan mengubahnya menjadi dominator pengendali.
  • Kincaid (ミラカド Mirakado): Wakil presiden Tim Dim Sun dan pemimpin Tim Debonairs. Dia diam-diam menjadi guru di Sekolah Ranger untuk mencari rekrutan berbakat untuk tim. Dia terkenal karena kebenciannya pada orang-orang yang berlarian di lorong.
  • Sinis Trio (トリオ・ザ・ヘル Trio the Hell): Anggota Tim Dim Sun tingkat tinggi.
    • Ice (アイス Ice): Pemimpin Trio Sinis. Dia telah mempelajari pemrograman komputer dan sering menyebut pemain "noob."
    • Lavana (ケイノ Cano): Salah satu anggota Trio Sinis. Dia berspesialisasi dalam Pokémon tipe Api dan tidak peduli dengan penampilannya.
    • Heath (デゼル Deser): Salah satu anggota Trio Sinis. Dia berasal dari daerah yang berbeda dan sering salah bicara, sepertinya karena bahasa pemain bukan bahasa pertamanya.
  • Wheeler (ホイラ Wheeler): Karyawan berpangkat tinggi Altru Inc.
Pokémon Pinchers[sunting | sunting sumber]

The Pokémon Pinchers (ポケモンナッパーズ Pokémon Nappers) adalah tim jahat di Pokémon Ranger: Guardian Signs.

  • Purple Eyes (パープルアイ Purple Eye): Kepala admin dari Pokémon Pinchers.
  • Red Eyes (レッドアイ Red Eye): Salah satu admin dari Pokémon Pinchers.
  • Blue Eyes (ブルーアイ Blue Eye): Salah satu admin dari Pokémon Pinchers..
  • The Societea (ティーパーティー Tea Party): Sebuah perkumpulan rahasia yang mengendalikan Pokémon Pinchers.
    • Edward (エドワード Edward): Pemimpin Societea dan Pokémon Pinchers.
    • Arley (アックス Axe): Salah satu anggota Societea.
    • Kasa (ドレス Dress): Salah satu anggota Societea.
    • Hocus (マジック Magic): Salah satu anggota Societea.
  • Steelhead (ヨロイビト Yoroibito): Karakter dari masa lalu dan anggota Pokémon Pinchers di masa sekarang.
Team GO Rocket[sunting | sunting sumber]

Team GO Rocket (GO ロケット団 GO Rocket-dan, GO Rocket Gang) adalah tim jahat di Pokémon Go.

  • Giovanni (Sakaki (サカキ)): Pemimpin TEam GO Rocket.
  • Cliff (クリフ Cliff): Salah satu Leader dari Team GO Rocket.
  • Sierra (シエラ Sierra): Salah satu Leader dari Team GO Rocket.
  • Arlo (アルロ Arlo): Salah satu Leader dari Team GO Rocket.
Team Break[sunting | sunting sumber]

Team Break (ブレイク団 Break-dan, Break Gang) adalah tim jahat di Pokémon Masters EX.

Penjahat lainnya[sunting | sunting sumber]

Seri utama[sunting | sunting sumber]

  • Sordward (ソッド Swod) & Shielbert (シルディ Shildy): Dua antagonis utama dari cerita pasca-permainan untuk Pokémon Sword and Shield.

Volo: Antagonis utama Pokémon Legends: Arceus.

Spin-off[sunting | sunting sumber]

  • Roger Clifford (ロジャー・クリフォード): Antagonis utama Detektif Pikachu.

Pengembang Sistem Penyimpanan Pokemon[sunting | sunting sumber]

Seri utama[sunting | sunting sumber]

  • Bill (Masaki Sonezaki (ソネザキ Sonezaki Masaki)): Penemu sistem penyimpanan PC di Kanto/Johto. Dalam permainan, ia berhasil mengubah dirinya menjadi hibrida manusia-Pokémon secara tidak sengaja (Ini mengejutkan Pikachu pemain di Pokemon Yellow: Special Pikachu Edition). Pokémon favoritnya adalah Eevee dan evolusinya. Menurut FireRed dan LeafGreen, Bill tampaknya alergi terhadap produk susu dan Pokémon pertamanya adalah Abra. Di anime, Bill disajikan dengan rambut hijau, tetapi semua reinkarnasi lainnya termasuk rambut cokelat. Dia secara longgar didasarkan pada Bill Gates, pendiri Microsoft.
  • Celio (Nishiki (ニシキ)): programmer sistem penyimpanan Pokémon dan teman baik Bill yang tinggal di Kepulauan Sevii. Celio menjalankan Pokémon Net Center di Pulau Knot di Pokémon FireRed dan LeafGreen. Dia membutuhkan bantuan pemain untuk menyelesaikan mesin Pokémon Network yang tidak lengkap. Mesin ini mampu mentransfer Pokemon antara Kanto dan Hoenn. Untuk membantu pencarian ini, Celio akan memberikan Rainbow Pass dan meningkatkan Peta Kota sehingga menunjukkan lokasi dari empat Kepulauan Sevii terakhir.
  • Lanette (Mayumi (マユミ)): Penemu sistem penyimpanan Hoenn di game Pokémon dan pengembang baru, lebih antarmuka sistem penyimpanan yang mudah digunakan yang digunakan di semua game Pokemon sejak Ruby dan Sapphire. Tersirat dalam game bahwa dia berteman dekat dengan Bill. Pemain dapat membaca E-mail di laptop Lanette dari Bill yang memuji kesuksesannya dengan sistem PC Hoenn. Rumahnya penuh dengan buku dan dia memberi hadiah kepada pemain yang berkunjung dengan boneka, meminta mereka untuk tidak memberi tahu siapa pun. Dalam manga Pokémon Adventures dia, bersama saudara perempuannya, pergi ke Kanto untuk meningkatkan sistem penyimpanan Pokémon dan memungkinkan pertukaran Pokémon dengan Hoenn.
  • Bebe (Mizuki (ミズキ)): Penemu dan pengelola sistem penyimpanan PC di Pokémon Diamond, Pearl dan Platinum. Dia mengembangkan sistem penyimpanan Pokémon Sinnoh berdasarkan desain Bill dan Lanette sebelumnya. Rumahnya, yang berada di sebelah Pokémon Center di Hearthome, tidak berantakan seperti rumah Lanette. Bebe berteman baik dengan Hayley, yang memiliki peternakan di mana Pokemon dapat disimpan dan mereka masih tetap berhubungan satu sama lain. Setelah pemain mendapatkan Dex Nasional, dia akan memberi mereka level 5 Eevee. Di "Pokémon Platinum", Eevee langsung tersedia di level 20, tanpa perlu Dex Nasional.
  • Amanita (Shōro (ショウロ)): Penemu sistem penyimpanan PC di Unova. Di Pokémon Black and White, dia tinggal di Striation City dan mengajari pemain tentang Sistem Penyimpanan PC. Di Pokémon Black 2 dan White 2, dia tinggal di Castelia City, di mana dia bekerja sebagai asisten Fennel. Di game terakhir, dia memberi pemain level 10 Eevee setelah mereka menjadi Juara Unova.
  • Cassius (Crocea (クロケア Kurokea)): Administrator sistem PC di Pokémon X dan Y , dia secara pribadi direkomendasikan untuk pekerjaan itu oleh Bill. Dia telah menemukan sistem baki untuk sistem penyimpanan Pokémon. Dia cenderung berbicara cukup kasar, tapi dia menyukai pekerjaannya. Dia berbasis di Kota Camphrier, di mana pemain dapat berbicara dengan dua asistennya juga.
  • Molayne (Mullein (マーレイン)): Pengembang Sistem Penyimpanan PC Alola. Dalam Pokémon Ultra Sun and Ultra Moon, dia adalah anggota Elite Four (dia menggantikan Hala dalam game ini), yang berspesialisasi dalam Pokémon tipe Steel. Dia adalah sepupu Sophocles.

Permainan sampingan[sunting | sunting sumber]

  • Brigette (アズサ Azusa): Kakak perempuan Lanette dan pembawa acara Pokemon Box Ruby & Sapphire dan Pokémon Bank.
  • Hayley (ユカリ Yukari): Teman Bebe dan pembawa acara My Pokémon Ranch.
  • Grand Oak (ダイオーキド Dai Okido): Peneliti Pokémon dan pengembang Pokémon Home.

Karakter lainnya[sunting | sunting sumber]

Seri utama[sunting | sunting sumber]

  • 'Mr. Fuji (フジろうじん Fuji Rōjin, lit. Elderly Fuji): Seorang pria tua baik hati yang tinggal di Kota Lavender di game generasi pertama. Dia adalah pendiri laboratorium Pulau Cinnabar dan mantan teman Blaine. Dia memiliki Poké Flute dan berharap untuk kebahagiaan semua Pokémon. Dia menjadi marah setelah Team Rocket membunuh Marowak dan dia merawat anak yatim piatu Cubone.
  • Green (ブルー Blue): Pelatih wanita di Pokemon: Go. Awalnya direncanakan berada di Pokémon Red, Green dan Blue seperti yang terlihat di beta game asli dan karya seni buku panduan resmi.
  • Kurt (Gantetsu (ガンテツ)): Kurt adalah ahli Pokeball terkenal yang tinggal di Kota Azalea di Wilayah Johto bersama cucunya Jagung(Chie (チエ)). Dalam permainan dia bisa memberikan Pokéball Player yang dia buat dari Apricorn yang memiliki efek berbeda pada saat menangkap Pokemon.
  • Eusine (Minaki (ミナキ)), disebut Eugene di Pokémon Chronicles: Eusine adalah ahli Pokémon Legendaris yang menyatakan dirinya sendiri yang muncul di Kristal Pokemon. Dia mencari Suicune selama satu dekade dan sangat ingin melihatnya.
  • Aarune (Girī (ギリー)): Aarune adalah karakter yang diperkenalkan di Omega Ruby dan Alpha Sapphire yang memberi tahu pemain tentang fitur Pangkalan Rahasia di dalam game.
  • Lisia (Lutia (ルチア Ruchia): Lisia adalah karakter yang diperkenalkan di Omega Ruby dan Alpha Sapphire sebagai Idola Kontes di Hoenn. Pemain sesekali bersaing melawan Lisia dan Altarianya Ali (Tylulu (チルル Chiruru)) dalam Kontes Peringkat Master. Dia akhirnya dinyatakan sebagai keponakan Wallace.
  • Zinnia (Higana (ヒガナ)): Zinnia adalah karakter yang ditampilkan dalam "Episode Delta" di Omega Ruby dan Alpha Sapphire. Dia telah datang ke Hoenn dari negeri yang jauh untuk membantu menghentikan meteor agar tidak menabrak Bumi, berniat untuk menangkap Rayquaza untuk memenuhi tujuan ini. Namun, Rayquaza memilih pemain sebagai gantinya dan pemain adalah orang yang akan menghentikan meteor.
  • Johanna (Ayako (アヤコ)): Ibu dari Lucas atau Dawn. Dia kadang-kadang akan muncul di Pokémon Super Contests dengan Kangaskhan Jumpy-nya (Garu-chan (ガルちゃん)).
  • "Looker" ("Handsome" (ハンサム Hansamu)): "Looker" adalah anggota Interpol yang muncul di Pokémon Platinum menyelidiki Team Galactic. Dia muncul lagi di Black dan White untuk mencari bantuan pemain dalam menangkap tujuh orang bijak dari Tim Plasma. Selama peristiwa Black 2 dan White 2, dia berada di wilayah lain mencari N dengan karakter pemain Black dan White. Dalam X dan Y, ia berperan sebagai detektif untuk menyelidiki Xerosic, seorang ilmuwan Tim Flare. Dalam Sun dan Moon, dia datang ke Alola untuk membantu pemain menangkap Ultra Beast yang dilepaskan di sana sebagai hasil dari intrik Lusamine.
  • Lima pelatih dapat bergabung dengan karakter utama selama acara yang berbeda di Diamond, Pearl dan Platinum, dan semua pelatih masing-masing berspesialisasi dalam satu stat tertentu. Mereka terdiri dari Cheryl (Momi (モミ)), yang takut pada Tim Galaksi; Riley (Gen (ゲン)), anak didik senior Byron; Mira (Miru (ミル)), yang ingin menjadi seperti protagonis; Buck (Baku (バク)), adik dari anggota Elite Four Flint; dan Marley (Mai (マイ)), seorang gadis yang tertarik dengan Mythical Pokémon Shaymin. Kelima karakter tersebut nantinya bisa ditemui dalam permainan di Battle Tower.
  • Curtis (Tetsu (テツ)) & Yancy (Ruri (ルリ)): Curtis dan Yancy muncul sebagai karakter sampingan dalam Black 2 dan White 2 tergantung apakah pemain memilih karakter pemain wanita atau pria, masing-masing. Pemain menemukan Xtransceivernya yang hilang dan memulai persahabatan dengan karakter pemain. Pada akhirnya, karakter tersebut berfungsi sebagai cara untuk menerima Pokémon dengan kemampuan langka dengan berdagang, karena pekerjaan mereka sebagai kepribadian televisi yang populer dalam game bernama Christoph (Tenma (テンマ)) dan Nancy (Rukko (ルッコ)), masing-masing, membawa mereka ke wilayah Pokémon lainnya.
  • Sina (Sina (ジーナ)) & Dexio (Dexio (デクシオ)): Dua asisten Profesor Sycamore. Dalam X dan Y, tugas mereka adalah memberi pemain Pokedex Tengah, Pesisir, dan Gunung dan membantu pemain (dalam penyamaran) menghentikan Tim Flare. Keduanya juga muncul dalam versi Sun and Moon dan Ultra mereka sebagai pelatih Pokémon yang berspesialisasi dalam tipe Ice dan Psychic.
  • AZ (AZ(エーゼット) Ē Zetto): AZ adalah pria misterius, terkenal karena tinggi badannya yang tinggi 9 kaki (2,7 m). Dia mengembangkan senjata mematikan selama perang 3.000 tahun sebelum pertandingan untuk menghidupkan kembali Floette almarhum, hanya untuk Floette untuk meninggalkan dia karena jijik. Setelah pemain menjadi Juara Pokémon baru, AZ menantang pemain untuk bertempur, setelah itu AZ menyadari kesalahan jalannya dan Floette-nya kembali kepadanya.
  • Grace (Saki サキ)): Ibu dari Calem atau Serena dan mantan pembalap Rhyhorn.
  • Alexa (Pansy (パンジー Panjī)): Alexa adalah jurnalis di X dan Y yang bekerja di sebuah penerbit di pusat Kota Lumiose. Adik perempuannya adalah Viola, seorang Gym Leader.
  • Emma (Matiere (マチエール Machiēru)): Emma adalah gadis muda yang menjadi pusat dari kasus yang pemain ambil saat bekerja untuk Looker di X dan Y . Dia dan Espurr Mimi-nya (Mokō (もこお)) pindah ke kantor. Dia kemudian diculik oleh Xerosic Tim Flare dan dijadikan pemakai Setelan Ekspansi Essentia (Esprit (エスプリ Espuri)), yang harus diperjuangkan pemain untuk menyelamatkannya.
  • Lillie (リーリエ Lilie): Lillie adalah karakter penting dalam Sun and Moon dan versi Ultra mereka. Dia membenci pertarungan Pokemon (karena dia tidak suka melihat Pokemon terluka) dan suka membaca. Dia memiliki Nebby Cosmog di tasnya, yang dia curi dari Aether Foundation karena dia tidak ingin itu terluka dan mengetahui niat ibunya akan berakhir dengan membunuhnya. Dia kemudian berlindung dengan Profesor Kukui mengetahui Yayasan Aether akan datang setelah dia.
  • Sonia (ソニア Sonia): Sonia adalah cucu perempuan dan asisten Profesor Magnolia di Pokemon Sword dan Shield . Dia adalah teman masa kecil Leon. Setelah pemain menyelesaikan Tantangan Gym, Magnolia akan memberikan jas labnya kepada Sonia, menjadikannya Profesor Pokémon baru di wilayah Galar. Jika pemain melihat jejak kaki Cobalion di Crown Tundra untuk pertama kalinya, Sonia akan muncul, memulai pencarian sampingan yang terdiri dari menangkap Pedang Keadilan: Cobalion, Terrakion, Virizion, dan Keldeo.
  • Honey (Mitsuba (ミツバ)): Honey adalah istri Mustard, yang mengurus Dojo di Isle of Armor. Seperti yang terungkap dalam Kartu Liga normalnya, dia adalah mantan CEO dari sebuah perusahaan perdagangan. Dia bertemu Mustard selama perjalanan bisnis ke Isle of Armor, dan sebagai hasilnya, mereka jatuh cinta, dan mereka menikah sebelum peristiwa permainan dasar dan Isle of Armor. Dia juga pencipta Max Soup, sup yang terbuat dari Max Mushrooms, yang membantu Pokémon tertentu membuka potensi Gigantamax mereka.
  • Peonia (Shakuya (シャクヤ)): Peonia adalah putri Peony. Dia tertarik dengan Dynamax Adventures. Ketika pemain pertama kali tiba di Tundra Mahkota, dia terlihat marah pada Peony karena mengikutinya di usianya. Begitu dia melihat pemain, dia akan mendapatkan perhatiannya, meminta pemain menantang ayahnya. Dia, bagaimanapun, menggunakan pertempuran untuk diam-diam melarikan diri, memaksa Peony untuk mengejarnya. Setelah cerita utama Tundra Mahkota berakhir, dia memutuskan untuk bergabung dengan ayahnya dalam "Tur Petualangan", tetapi segera menolak ketika dia "muncul dengan lebih banyak legenda", menyatakan bahwa dia membutuhkan ruang pribadi. Mulai saat ini, dia, bersama Peony, muncul di pintu masuk Max Lair.
  • Captain Cyllene (Shimaboshi (シマボシ)): Pemimpin Survey Corps Tim Galaxy di Pokémon Legends: Arceus. Dia dianggap oleh penggemar sebagai nenek moyang Cyrus, pemimpin Tim Galactic. Dia mungkin ketat terhadap orang lain dan dirinya sendiri, tetapi dia melihat potensi dalam diri pemain dan mengizinkannya mengikuti percobaan untuk bergabung dengan Tim Galaxy.[6]
  • Komandan Kamado (Denboku (デンボク)): Bos dari Tim Galaxy. Dia mungkin terkadang keras, tetapi anggota lain dari Tim Galaxy memandangnya, sangat mempercayainya, dan mengenalnya sebagai pemimpin yang dapat diandalkan. Dia adalah nenek moyang Profesor Rowan.
  • Iscan (ススキ Susuki): Salah satu dari sepuluh Sipir yang menjaga Basculegion khusus. Dia dapat dengan mudah ketakutan pada waktu-waktu tertentu dan tidak terlalu menyukai tipe Ghost. Dia adalah bagian dari Klan Berlian.
  • Mai (ヨネ Yone): Salah satu dari sepuluh Sipir yang merawat Wyrdeer spesial. Pasangannya adalah Munchlax, dan keduanya dibesarkan seperti saudara kandung. Dia adalah bagian dari Klan Berlian.
  • Arezu (ヒナツ Hinatsu): Salah satu dari sepuluh Sipir yang ditugaskan untuk menjaga "Pokémon wanita tertentu". Dia merasakan tanggung jawab yang besar sebagai Sipir, yang terkadang membuatnya menyelesaikan masalah sendirian. Dia adalah bagian dari Klan Berlian. Dia dianggap sebagai nenek moyang Komandan Tim Galaksi Mars.
  • Lian (キクイ Kikui): Salah satu dari empat Sipir yang bertugas menjaga Kleavor. Karena bakatnya itu, di usianya yang masih belia, ia sudah diberi gelar Warden. Dia adalah bagian dari Klan Mutiara. Dia dianggap sebagai nenek moyang Clay, Pemimpin Gym Kota Driftveil.
  • Calaba (ユウガオ Yūgao): Salah satu dari sepuluh Warden yang bertugas menjaga Ursaluna khusus yang membantu pemain nanti dalam permainan. Dia awalnya tidak mempercayai siapa pun di luar Klan Mutiara, tetapi setelah Miss Fortune Sisters mencuri lempengan dinding dari Reruntuhan Solaceon, dia mulai mempercayai orang lain, setelah pemain menawarkan untuk mengambil lempengan yang dicuri.
  • Palina (ガラナ Garana): Salah satu dari sepuluh Sipir. Dia merawat seorang bangsawan Hisuian Arcanine, tetapi dia mengorbankan dirinya setelah dia harus menyelamatkan anak anjing Growlithe-nya di laut. Palina kemudian ditugaskan untuk membesarkan anak anjing itu untuk menjadi penerus ayahnya, tetapi dia memutuskan untuk membiarkan anak anjing Growlithe hidup dalam damai. Karena itu, banyak orang di dalam Klan Mutiara meragukan kemampuannya untuk menjalankan tugasnya sebagai Sipir. Ketika Miss Fortune Sisters mencuri saudara anak anjing itu dan melarikan diri ke Pulau Firespit, Growlithe mengatasi traumanya dan berevolusi menjadi Hisuian Arcanine. Namun, Arcanine kemudian menjadi hiruk pikuk oleh petir yang sama yang membuat dua Pokémon bangsawan sebelumnya menjadi gila. Setelah pemain berhasil menenangkan Arcanine, Arcanine menjadi Lord of the Isles yang baru, dengan Palina sebagai Warden-nya. Irida kemudian mengungkapkan bahwa dia dan Palina pernah bersaing satu sama lain untuk menjadi pemimpin Klan Mutiara.
  • Adaman (セキ Seki): Adam adalah pemimpin Klan Berlian. Dia percaya bahwa Arceus, yang dipuja oleh Klan Berlian dan Mutiara, mengendalikan waktu, menyiratkan bahwa dia mewakili Dialga, dewa waktu. Dia kadang-kadang terlibat dalam konflik dengan Irida.
  • Irida (カイ Kai): Irida adalah pemimpin Klan Mutiara. Dia percaya bahwa Arceus, disembah oleh dia dan klan Adaman, mengontrol ruang dan dimensi, menyiratkan bahwa dia mewakili Palkia, dewa ruang dan dimensi. Dia terkadang berkonflik dengan Adam.
  • Ginter: Ginter adalah pemimpin Guild Ginkgo. Dia dianggap sebagai nenek moyang Volkner, Pemimpin Gym Kota Sunyshore.
  • Cogita (コギト Cogito): Cogita tinggal di lokasi rahasia di wilayah Hisui yang dikenal sebagai Retret Kuno. Dia memiliki pengetahuan luas tentang legenda wilayah Hisui. Setelah pemain diusir dari Desa Jubilife, dia menginstruksikan pemain untuk mengumpulkan item yang diperlukan untuk menempa Rantai Merah, item yang mampu menutup celah ruang-waktu. Setelah cerita utama selesai, dia memberi pemain Piring Pixie, yang telah dia gunakan sebagai talenan, tidak menyadari apa itu sebenarnya. Dia juga mengunjungi Galaxy HQ, dan memberitahu pemain Tornadus, Thundurus, dan Landorus, juga dikenal sebagai Forces of Nature. Setelah pemain berhasil menyelesaikan entri Pokédex mereka, dia mengungkapkan kepada pemain bahwa ada satu anggota lagi dari grup itu: Enamorus tipe Peri dan Terbang, dan memberitahu pemain untuk menangkapnya di Crimson Mirelands. Setelah Enamorus tertangkap, dia memberi pemain Reveal Glass, yang mampu mengubah Forces of Nature menjadi bentuk therian mereka. Dia, bersama dengan Volo, menyerupai Cynthia, menyiratkan keturunan.

Permainan sampingan[sunting | sunting sumber]

  • Rui (ミレイ Mirei): Sidekick di Pokémon Colosseum.
  • Lily (リリア Lilia): Ibu dari Michael dan Jovi.
  • Jovi (マナ Mana): Adik Michael.

Spin-off[sunting | sunting sumber]

  • Sam (ミカサ Mikasa) & Aaron (あらいモン Arai Mon): Dua teknisi Dr. Mason.
  • 'Mr. Siapa (ミスター・フー, Tuan. Who): Penemu mesin yang menjatuhkan Poke Balls ke layar.
  • Lear (ライヤー Lyer): Pangeran Pasio di Pokémon Masters EX dan dia sombong, kemudian diturunkan untuk diselamatkan oleh Hoopa ketika dia masih muda dan kemudian membentuk sinkronkan pasangan dengannya. Dia adalah saingan dari protagonis karena dia adalah ancaman untuk mendapatkan Champion of PML, Pokémon Master League. Mereka juga mengingatkannya pada Red, yang pernah mengalahkannya di masa lalu. Lear berikutnya dalam suksesi untuk keluarga kerajaan kerajaannya, dan perlu memenangkan PML untuk mendapatkan hak untuk menjadi penerus almarhum ibunya.
  • Sawyer (ドリバル Drival): Pelayan dan mitra Lear, sedikit tidak sabar dan berpasangan dengan Honchkrow.
  • Rachel (チェッタ Chetta): Pelayan Lear dan menoleransi ketidaksabarannya dan berpasangan dengan Umbreon, memiliki banyak penggemar juga.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Gary Oak adalah nomor 98". IGN. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-03-15. Diakses tanggal 2011-04-05. 
  2. ^ CoroCoro Comic 15 Juli 2010
  3. ^ Thomas East (21 Februari 2011). "Tangkapan layar Pokemon Black & White baru menunjukkan Battle Subway". Majalah Resmi Nintendo. Diarsipkan dari versi asli tanggal 24 Februari 2011. Diakses tanggal 21 Februari 2011. 
  4. ^ Loffhagen, Matthew (22 April 2016). "Pokémon: 10 Things Anda Tidak Tahu Tentang Team Rocket". Screen Rant. Diakses tanggal 23 Maret 2019. 
  5. ^ a b c Game Freak (2011-03-06). Pokémon Black Version/Pokémon White Version (Nintendo DS). Nintendo, The Pokémon Company. 
  6. ^ "Pokémon Legends: Arceus | Story | Official Website | Pokémon". legends.pokemon.com. Diakses tanggal 2021-08-18. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]