Daftar karakter NCIS

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari


Nama Status Pemeran Status Karakter
Leroy Jethro Gibbs Pemeran Utama Masih
Anthony DiNozzo Pemeran Utama Masih
Ziva David Pemeran Utama Mantan
Abby Scuito Pemeran Utama Masih
Timothy McGee Pemeran Utama Masih
Leon Vance Pemeran Utama Masih
Donald "Ducky" Mallard Pemeran Utama Masih
Caitlin Todd Pemeran Utama Mantan
Jenny Shephard Pemeran Utama Mantan
Jimmy Palmer Pemeran Utama Masih
Eleanor "Ellie" Bishop Pemeran Utama Masih
Jackson Gibbs Rutin Mantan
Tobias Fornel Rutin Masih
Mike Franks Rutin Mantan
Nikki Jardine Minor Mantan
Jordan Hampton Rutin Mantan
Trent Kort Rutin Masih
Margaret Allison Hart Rutin Mantan
Eli David Rutin Mantan
Ari Hawari Rutin Mantan
Brent Langer Rutin Mantan
Michelle Lee Rutin Mantan
Paula Casidy Rutin Mantan
René Benoit ("La Grenouille") Rutin Mantan
Paloma Reynosa Rutin Mantan
Michael Rivkin Rutin Mantan
Lara Macy Rutin Mantan
Meron Bell Rutin Mantan
Cassie Yates Minor Mantan
Chad Dunham Minor Mantan
Charles "Chip" Sterling Minor Mantan
Faith Coleman Minor Mantan
Gerald Jackson Minor Mantan
Hollis Mann Minor Mantan
Jeanne Benoit Minor Mantan
Stan Burley Minor Mantan
Vivian Blackadder Minor Mantan
Thomas Morrow Minor Masih
Jerome Craig Minor Masih

Karakter Utama[sunting | sunting sumber]

Leroy Jethro Gibbs[sunting | sunting sumber]

Leroy Jethro Gibbs (diperankan oleh Mark Harmon), atau lebih sering dipanggil Gibbs adalah seorang Supervisory Special Agent yang lahir di Stillwater, Pennsylvania dan merupakan anak dari Jackson Gibbs (diperankan oleh Ralph Waite) dan Ann Gibbs. Dia terdaftar di Angkatan Laut pada tahun 1976 dan menjadi seorang penembak jitu (Sniper). Setelah mengikuti dua misi di Panama dan Irak dia keluar dari Angkatan Laut. Dia bergabung dengan NIS (yang nanti berubah nama menjadi NCIS) setelah kematian istrinya Shannon dan anak satu-satunya Kelly pada tahun 1991. Dia berkelana ke Mexico untuk membunuh bandar narkoba yang bertanggungjawab atas kematian istri dan anaknya, ini sebuah kejahatan yang disimpan rapat-rapat olehya selama 20 tahun. Sejak saat itu dia sudah menikan dan bercerai 3 kali, dan melajang sampai sekarang, walaupun dia memiliki beberapa hubungan romantis setelah perceraiannya yang terakhir.

Gibbs memimpin sebuah Tim Respon untuk Masalah Besar (Major Case Respose Team atau MCRT) yang beranggotakan agen Tony, McGee dan Ziva, yang didukung oleh ahli forensik Sciuto dan ahli medis Dr. Mallard. Dalam episode "Bête Noire" Gibbs berhadapan langsung dengan teroris Ari Haswari dan mencoba untuk membunuhnya tapi gagal. Setelah itu Gibbs terobsesi unutk membunuh Ari, setelah Ari membunuh salah seorang anggota Kate Todd secara langsung di depan Gibbs dan Tony di akhir season 2, "Twilight". Dia sering terlihat frustasi dengan timnya (terutama saat Tony bertele-tele atau McGee mengoceh tentang teknologi atau Abby mengoceh tentang sains) dan melampiaskannya dengan memukul belakang kepala mereka, Head Slap, sebuah tindakan yang nantinya sering di lakukan antara Kate, Tony, dan McGee, dan tetap dilakukan dengan Ziva.

Gibbs sering terlihat di basementnya sedang membuat perahu, salah satu diantara dinamai berdasarkan anaknya dan salah satu yang lain dinamai berdasarkan salah seorang mantan istri (dia kira-kira sudah membuat perahu). Di episode "Blowback", saat menghadapi "Goliat" di dalam pesawat tentang "ARES", Gibbs mengungkapkan bahwa ia seorang Virgo. Dia mahir menembak jarak jauh, terbukti dalam episode "Hiatus" ada kilas balik saat dia membunuh orang yang bertanggungjawab atas kematian keluarganya dari jarak jauh 1,1 kilometer, yang sedang mengendarai mobil, dalam episode "Deliverance" dan "Jeopardy" dia menembak penculik tepat di dahinya. Dalam episode "Truth or Consequences", Gibbs menyelamatkan seluruh timnya dengan menembak seorang pemimpin terorist dengan killshot di dahinya setelah Tony dan McGee tertangkap mencari Ziva setelah dia keluar dari NCIS.

Di akhir season 9, "Till Death Do Us Part", ada bom yang meledak di markas NCIS dan berakhir dengan Gibbs melindungi Abby di labnya Abby, mereka berdua selamat. Di episode "Extreme Prejudice", dia mengerjar Harper Dearing (orang yang meledakan NCIS), dia menyudutkan teroris itu di dalam sebuah rumah di West Viginia, saat Harper Dearing bermaksud untuk menembak, Gibbs menusuknya dengan pisau sampai mati.

Gibbs adalah satu dari lima karakter yang selalu ada di setiap episode.

Anthony DiNozzo Jr[sunting | sunting sumber]

Anthony DiNozzo Jr (diperankan oleh Michael Wheatherly Jr), atau lebih sering dipanggil Tony adalah seorang Senior Special Agent. Dia mantan detektif di Kepolisian Baltimore. Sebelumnya dia bekerja di Kepolisian Philadelphia dan Kepolisian Peoria. Seperti Gibbs, Tony tidak mempunyai kesabaran untuk mendengar ocehan McGee tentang teknologi dan ocehan Abby tentang sains. Mungkin Tony paling dikenal karena "pengetahuannya-yang-seakan-tiada-akhirnya" tentang referensi-referensi film. Ziva yakin sekali bahwa kata-kata terakhir Tony saat dia sekarat adalah "Aku pernah nonton film ini". Tony bersekolah di Ohio State University dan bergabung dalam persaudaraan "Alpha Chi Delta", angkatan 1998. Menurut percakapan antara Abby dan asistennya, Chip, Tony bermain basket saat kuliah.

Disebutkan di Season 3 episode "Kill Ari (part 1)" bahwa Tony berasal dari keluarga yang kaya tetapi namanya dihapus dari surat waisat oleh papanya, Anthony DiNozzo Sr, yang diperankan oleh Robert Wagner. Michael Weartherly pernah memerankan Robert Wagner dalam sebuah serial TV.

Tony itu orangnya genit, tapi dia punya prestasi yang bagus dan dikenal di NCIS. Dia juga punya hobi ngerjain teman-temannya dan tidak mengindahkan batasan-batasan keisengan menyebabkan teman-temannya sering, bahkan (menurut Ziva) selalu mengganggu.

Selama season 4, Tony diberi tugas untuk menyamar, yang dipimpin oleh Direktur Jenny Shephard yang bertujuan untuk menemukan pedagang senjata, La Grenouille dengan cara berpura-pura menjadi pacar anaknya La Grenouille, Jeanne Benoit (Scottie Thompson), tapi akhirnya Tony jatuh cinta. Dalam episode "Knockout", terungkap bahwa dia tidak mempunyai hubungan yang baik dengan wanita, dan dia masih sakit hati sejak putus dengan Jeanne Benoit.

Diantara Tony dan Ziva ada hubungan romantis yang kadang menegangkan. Mengesampingkan sikap playboynya, Tony sering terbukti memiliki perassan yang tajam buat Ziva, dia berhasil membujuk papanya Ziva, Eli David, Direktur Mossad, ngaku bahwa dia mengirim Michael Rivkin untuk mema-matai Ziva.

Tony pernah dipindah tugaskan menjadi Agen yang berada di kapal (Agent Afloat) di akhir season 5 ("Judgment Day"), dan kembali ke MCRT di season 6 "Agent Afloat". Diakhir season 9, "Till Death Do Us Part", ada bom yang meledak di markas NCIS, Tony dan Ziva berada di lift, mereka berdua selamat setelah diselamatkan dari lift.

Tony adalah satu dari lima karakter yang selalu ada di setiap episode.

Ziva David[sunting | sunting sumber]

Ziva David (diperankan oleh Cote de Pablo), sebelumnya adalah penghubung antara Mossad dan NCIS, yang menggantikan kedudukan Agent Caitlin Todd setelah dibunuh oleh Ari Haswari, seorang agen Mossad yang melanggar perintah Direktur David. Ziva adalah control officernya Ari dan dede tirinya (satu papa). Walaupun awalnya Ziva percaya bahwa Ari itu tidak bersalah, Ziva akhirnya tembak Ari saat Ari mau membunuh Gibbs, dan akhirnya memperoleh kepercayaan Gibbs. Kemudian, Ziva meminta posisi penghubung di NCIS, dan kemudian menjadi bagian dari timnya Gibbs. Di akhir season 6 Tony meragukan kesetiaannya karena pacar baru Ziva, Rivkin.

Cote mendeskripsikan Ziva sebagai seseorang yang "sangat berbeda dari semua orang yang ada di NCIS" dan itu karena "dia sudah berada di dekat laki-laki sepanjang hidupnya, dia terbiasa dengan gaya laki-laki. Dia tidak takut dengan mereka". Di awal season ketika de Pablo bergabung dengan NCIS, Don Bellisario (pembuat serial TV) berkata, "Saat karakter Kate mati di akhir season 2, saya tidak mau membawa karakter yang sama seperti Kate, orang yang sangat Puritan, kaku dan memperlakukan Tony seperti seorang koko. Saya mau membawa seorang yang bisa membuat Tony duduk diam dan tidak bisa sepenuhnya mengontrolnya. Dan saya mau seseorang yang lebih internasional."

Keahlian Ziva di Mossad adalah pengintaian, pembunuhan, dan melawan terorisme, dia sangat terlatih dalam seni bela diri. Ziva menguasai bahasa Ibrani, Inggris, Arab, Spanyol, Perancis, Itali, Jerman, Russia, dan Turki. Walaupun lancar dalam bahasa Inggris, dia kadang-kadang salah mengartikan ungkapan dan frase yang memiliki arti yang berbeda kalau diartikan secara langsung, ini adalah lelucon yang berlanjut sepanjang seri. Sepanjang seri dia dituduh (dan memang) mengemudi terlalu cepat, menyebabkan McGee dan Tony selalu ingin mengemudi setiap kali mereka berpasangan dengan Ziva. Dia sering terbukti bertentangan dengan Tony dalam berbagai argument. Dia sangat terlatih menggunakan pisau dan diperlihatkan mengajarkan teman-temannya cara melampar pisau dengan benar. Dia adalah satu-satunya orang yang Gibbs percaya dengan senjata api dalam situasi sulit, dan situasi yang berpotensi berbahaya. Dalam kariernya dia telh berpergian ke banyak negara, termasuk Mesir (dimana dia bertemu dengan Jenny Shepard), Irak, dan Inggris.

Setelah epnawanan dan penyiksaannya di kamp teroris Somalia, sebuah cobaan yang berlangsung selama beberapa bulan, dia mengundurkan diri dari Mossad. Di season 7 episode "Good Cop, Bad Cop" dia menjadi probationary NCIS Special Agent. Sejak saat itu Tony memanggil Ziva (sama seperti McGee) sebagai "Probie". Di episode "Rule Fifty-One", dia menjadi warga Amerika dan bisa menjadi Special Agent yang resmi di season 9 episode "Nature of the Beast".

Ziva hampir tidak pernah membicarakan kehidupan pribadinya. Di season 10, semua keluarganya sudah meninggal. Papanya, Eli David adalah seorang Direktur Mossad sampai dia mati tertembak di episode "Shabbat Shalom". NCIS hampir tidak pernah menyebutkan mamanya, Rivka, yang mengajari Ziva mengemudi, semua yang diketahui adalah bahwa mamanya telah meninggal, dan dia tidak satu mamanya dengan Ari. Dedenya, Tali David, terbunuh dalam bom bunuh diri yang dilakukan dengan Hamas, saat dia berusia 16 tahun. Dia juga punya tante Nettie yang suka main Mahjong. Dia bisa bermain piano dan ditunjukan bahwa dia suka memasak dan membaca buku. Dia juga suka minuman Berry Mango Madness (minuman fiksi yang diciptakan NCIS). Mobilnya adalah Mini Cooper Merah, tapi di akhir season 10 dia menjual mobilnya dan menggantinya dengan mobi merah yang lebih besar, suka lagu band Israel Hadag Nachash dan band Amerika Latin Kinky. Dia tidak punya televisi tapi film kesukaanya adalah The Sound of Music.

Abigail Scuito[sunting | sunting sumber]

Abigail Scuito (diperankan oleh Pauley Perrette), atau lebih sering dipanggil Abby adalah seorang ahli forensik NCIS. Di episode "Seadog" ditunjukan bahwa dia diadopso oleh orangtua yang tunarungun, di episode ini dia juga mengetahui bahwa dia mempunyai saudara kandung yang dia kunjungi kembali di season 10.Dia dikenal dengan gaya pakaiannya yang berbau gothic ditambah lagi dia suka minuman berkafein tinggi "Caf-Pow!" (minuman fiksi yang diciptakan NCIS). Abby pernah memiliki hubungan yang romantis dengan McGee, seperti yang terlihat di episode "Reville" (season 1), mereka akhirnya berteman. Di dalam tim, dia adalah orang yang paling aktif dan penuh kasih sayang, dia sering memeluk orang dan berbicara cepat sekali, meskipun perhatiannya gampang dialihkan. Dia adalah salah satu dari sedikit orang yang bisa berbicara denan bebas ke Gibbs dan Gibbs sering membelikan Caf-Pow untuk Abby, keduanya fasih berbahasa isyarat. Dia punya boneka kuda nil yang bisa kentut (namanya Bert), boneka ini sering muncul di NCIS dan sering menenangkan disaat-saat yang tegang.

Di season 5 (episode "Dog Tags") Abby ingin mengadopsi anjing pelacak AL. Nama asli anjing itu adalah Butch, tapi dia memnamainya Jethro (nama tengahnya Gibbs) karena menurutnya anjing itu ganteng dan pendiam (seperti Gibbs). Anjing itu dituduh melakukan pembunuhan seorang perwira AL, tapi Abby membuktikan bahwa dia tidak bersalah. Setelah itu Abby memaksa McGee untuk mengadopsinya (meskipun sebenarnya McGee tidak mau karena diawal episode anjing itu mengigit McGee) karena dia dilarang memelihara anjing oleh pemilik tanah.

Hobi-hobi Abby adalah bermain bowling dengan birawati, membantu membangun rumah bagi yang membutuhkan, dan bermain game di komputer. Abby juga tidur di peti mati, menurut Tony, "seorang gothic paling bahagia yang akan pernah anda temui".

Di akhir season 9, "Till Death Do Us Part", ada bom yang meledak di markas NCIS dan berakhir dengan Gibbs melindungi Abby di labnya. Di episode "Extreme Prejudice", ditunjukan bahwa dia selamat, dan tidak terluka.

Gibbs adalah satu dari lima karakter yang selalu ada di setiap episode. Karakter ini juga tampil di NCIS: Los Angeles (episode, "Killshot" and "Random on Purpose").

Timothy McGee[sunting | sunting sumber]

Tomothy McGee (diperankan oleh Sean Murray), atau lebih serin dipanggil McGee pertamakali muncul dalam episode "Sub Rosa" sebagai case agent yang ditempatkan di Norfolk, dan dipromosikan sebagai field agent dan ditempatkan di timnya Gibbs diakhir episode pertama season 2, "See No Evil". Di episode ini dia menjadi karakter utama, sebagai Junior Special Agent. Dia bertugas sebagai konsultant dibidang komputer dan kadang membantu Abby di lab.

McGee sering bertentangan dengan Tony, walaupun keduanya telah menjadi mitra (setelah Ziva pergi diakhir season 6), mereka ditunjukan sering membentuk tim yang efektif, bagaimanapun juga hubungan mereka kembali seperti semula setelah Ziva kembali. Metode-metode McGee yang sering tidak terduga oleh teman-temannya, yang menyebabkan dia diberi julukan "McGeek", "McGoo", "McGPSS", "Probie", "Elf Lord" (dan masih banyak lagi) dari Tony yang bersifat mengejek biasanya berdasarkan nama belakangnya. Dia dipangil Elf Lord karena karakternya di game online. Dia terlatih dalam bidang biomedik di Universitas Johns Hopkins, dan forensik komputer di Massachusettes Intitute of Technology (MIT), dia merupakan lulusan terbaik di kelas Federal Law Enforcement Training Center.

Artikel ini belum selesai (sedang dalam proses)