Daftar hidangan Thai

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Halaman ini memuat daftar mengenai suatu topik. Daftar ini tidak dimaksudkan sebagai suatu daftar yang lengkap atau selalu terbarui. Jika Anda melihat artikel yang seharusnya tercantum di sini, silakan sunting halaman ini dan tambahkan pranala ke artikel tersebut. Gunakan perubahan terkait untuk melihat perubahan terbaru dari artikel-artikel yang tercantum pada halaman ini.


Sarapan pagi tradisional untuk keluarga di daerah Isan, Muang Thai.

Di bawah ini adalah daftar hidangan terpilih dalam masakan Thai.
Lihat pula: Daftar bahan masakan Thai.

Hidangan perorangan[sunting | sunting sumber]

Hidangan nasi[sunting | sunting sumber]

Gambar Nama Thai Aksara Thai Nama Indonesia Dari kawasan Keterangan
Jok mu sap.JPG Chok โจ๊ก Bubur nasi Berasal dari daratan Cina, ini adalah bubur nasi dengan ayam cincang atau daging babi. Dapat dicampur telur sebagai pilihan dengan bubur tersebut.
Khao kha mu.jpg Khao kha mu ข้าวขาหมู Nasi kukus disajikan dengan irisan kaki babi yang telah direbus dalam kecap dan bubuk lima rempah-rempah. Selalu disajikan dengan saus pedas manis untuk dicelup, cabe mata burung segar dan beberapa siung bawang putih disamping. Telur rebus dan kaldu yang jelas di samping adalah opsional.
Khao khai chiao ข้าวไข่เจียว Telur dadar dengan nasi Sebuah makanan ringan cepat atau sarapan, ini adalah telur dadar dengan nasi putih, sering dimakan dengan sambal dan ketimun.
Khao.kluke.kapi-01.jpg Khao khluk kapi ข้าวคลุกกะปิ Nasi goreng dengan terasi Nasi digoreng dengan terasi dan disajikan dengan daging babi manis, mangga asam, udang goreng, cabai dan bawang.
Khao mun kai CM.jpg Khao man kai ข้าวมันไก่ Nasi ayam Thai Beras dikukus dengan bawang putih disajikan dengan irisan ayam, kaldu ayam dan saus pedas.
Khao mu krop mu daeng.jpg Khao mu krop mu daeng ข้าวหมูกรอบหมูแดง Irisan mu krop (babi renyah) dan mu daeng (babi panggang merah) disajikan di atas nasi, dan sering ditutupi dengan kedelai dan lengket / atau saus tiram-saus berbasis. Sangat sering, bawang sup bening, telur rebus, mentimun, dan musim semi disajikan di samping. Irisan cabe dalam cuka hitam Cina dan kecap gelap disediakan sebagai bumbu untuk hidangan ini.
Khao na pet.JPG Khao na pet ข้าวหน้าเป็ด Bebek panggang merah pada nasi Rebusan nasi dengan bebek panggang dan kaldu bebek di samping. Disajikan dengan kecap cabe iris tipis sebagai bumbu.
Kin khao niao.JPG Khao niao ข้าวเหนียว Nasi Ketan Khao niao isecara tradisional dimakan hanya menggunakan tangan kanan. Ini adalah makanan pokok di Utara dan Timur Laut Thailand.
Thaifriedrice.jpg Khao phat ข้าวผัด Nasi goreng Thai Nasi goreng di Thailand dapat dibuat dengan bahan yang berbeda seperti ayam, babi, telur, tahu dan udang. Biasanya disajikan dengan jeruk nipis segar, ketimun, bawang dan nam pla phrik (cabai saus ikan).
American fried rice.jpg Khao phat Amerikan ข้าวผัดอเมริกัน Nasi goreng Amerika Nasi goreng Amerika adalah nasi goreng dengan tomat iris, sosis, dan sering juga kismis.
Khao phat kraphao mu.jpg Khao phat kraphao mu ข้าวผัดกระเพราหมู Nasi goreng kemangi dengan daging babi Nasi goreng dengan jenis kemangi Thailand tertentu yang disebut bai kraphao (Ocimum tenuiflorum), daging babi yang diiris dan cabai.
Khao tom ข้าวต้ม Sup beras Thai Beras yang direbus dalam kaldu ringan, biasanya dengan babi atau ayam cincang. Hidangan ini paling sering dimakan untuk sarapan pagi.

Hidangan mie[sunting | sunting sumber]

Gambar Nama Thai Aksara Thai Nama Indonesia Dari kawasan Keterangan
Bami mu daeng บะหมี่หมูแดง Sup mie telur dengan babi panggang merah Awalnya hidangan Cina, sekarang umum di Thailand. Seringkali disajikan dengan cabe dalam cuka dan cabai kering serpih.
Khanom Jeen Nam Yaa.jpg Khanom Chin Nam Yaa ขนมจีนน้ำยา Mie Thai nam ya bagian Pusat Mie beras Thai yang disajikan dengan saus ikan yang disebut nam ya
Khanom chin sao nam ขนมจีนซาวน้ำ bagian Pusat Mie beras dingin yang dihidangkan sebagai sebagai selada dengan santan kental, nanas yang dicincang halus, cabe Thai cincang, udang kering tumbuk, jahe parut, air jeruk nipis dan kecap ikan.
KhaoSoi.JPG Khao soi ข้าวซอย Mie telur dalam kari ayam bagian Utara Mie gandum goreng kering (bami) dalam sup kari ayam manis.
Kuai tiao nam ก๋วยเตี๋ยวน้ำ Sup mie kwetiau Sup kwetiau dengan daging babi cincang, bakso babi atau bakso ikan.
Kuay-tiew rad na.jpg Kuai tiao rat na ราดหน้า Kwetiau dalam kuah daging bagian Pusat Kwetiau goreng dengan daging sapi, babi, ayam atau hidangan laut dalam saus daging kental.
Kuai tiao ruea ก๋วยเตี๋ยวเรือ Mie perahu bagian Pusat Mie beras dengan daging sapi atau babi (kadang-kadang jeroannya) dalam kaldu warna cokelat yang berisi kulit manis, bunga lawang dan kadang-kadang darah. Hidangan ini dikenal berasa pedas dan asam.
Mee krob (หมี่กรอบ).jpg Mi krop หมี่กรอบ Mie goreng kering Bihun beras yang digoreng dengan saus asam manis.
Phat khi mao ผัดขี้เมา Kwetiau goreng pedas
Pad see ew.jpg Phat si-io ผัดซีอิ๊ว Mie goreng kecap Biasanya kwetiau yang digoreng dengan ayam atau babi, dan kecap.
Pad Thai.JPG Phat Thai ผัดไทย Mie pad Thai Mie beras "tipis" (sen lek) digoreng dengan saus ikan, gula, air jeruk nipis atau bubur asam, kacang cincang, dan telur dikombinasikan dengan ayam, hidangan laut, atau tahu.

Lain-lain[sunting | sunting sumber]

Gambar Nama Thai Aksara Thai Nama Indonesia Dari kawasan Keterangan
Nam phrik plathu น้ำพริกปลาทู Hidangan ini terdiri dari plathu (makarel India, Rastrelliger kanagurta) yang digoreng dan disajikan dengan sayuran mentah, kukus dan goreng, telur dadar dengan chaom (daun akasia ), beras, dan nam phrik kapi, saus pedas yang dibuat terutama dari terasi dan cabe.
Suki สุกี้ Thai suki Varian Thai untuk hot pot Cina, hidangan ini dimakan terutama sebagai makanan lauk.

Makanan ringan dan hidangan pengantar[sunting | sunting sumber]

Gambar Nama Thai Aksara Thai Nama Indonesia Dari kawasan Keterangan
Kaep mu แคบหมู Krupuk kulit babi bagian Utara Kulit daging babi yang digoreng renyah, sering dimakan dengan nam phrik num.
Miang kam ready.JPG Miang kham เมี่ยงคำ Udang kering dan bahan lainnya terbungkus dalam daun cha plu (Thai: ช้าพลู).
Chicken satay.jpg Sate สะเต๊ะ Sate Bagian Selatan Daging sapi, ayam atau babi yang direndam bumbu dan dipanggang pada tusuk sate bambu dan biasanya disajikan dengan nam chim sate (saus kacang).
Thanin market tod man pla.jpg Thot man pla ทอดมันปลา Kue ikan Kue ikan cincang yang digoreng kering dicampur dengan pasta kari merah, kacang panjang cincang halus (tua fak yao), dan irisan halus daun jeruk purut (bai makrut).
Thot man kung ทอดมันกุ้ง Kue kepiting Kue kepiting yang digoreng kering dicampur dengan pasta kari merah, kacang panjang cincang halus (tua fak yao), dan irisan halus daun jeruk purut (bai makrut).
Thung thong[1] ถุงทอง Tas uang Kantong kue-kue goreng yang kecil, renyah diisi dengan ramuan krim keju. [2] or with minced chicken, corn, and snow peas, and served with Thai sweet chilli sauce[3]

Makanan ringan manis dan hidangan penutup[sunting | sunting sumber]

Gambar Nama Thai Aksara Thai Nama Indonesia Dari kawasan Keterangan
Chao guay thai grass jelly.jpg Chao kuai เฉาก๊วย Cincau Cincau ini dibuat dari tumbuhan dari famili mentha. Hidangan ini sering disajikan dengan hanya es serut dan gula merah.
Khanom bua loi ขนมบัวลอย Akar taro dicampur dengan tepung menjadi bola dan dihidangkan dalam santan.
Khanom chan ขนมชั้น Tepung ketan dengan rasa pandan yang berlapis-lapis dicampur dengan santan.
Mo Geng.JPG Khanom mo kaeng ขนมหม้อแกง Puding panggang manis yang mengandung santan, telur, gula aren dan tepung, ditaburi dengan bawang goreng manis.
Khanom tan ขนมตาล Kue mini dengan rasa aren disajikan dengan taburan kelapa parut di atasnya.
Khanom thuai talai ขนมถ้วยตะไล Jeli kelapa manis yang direbut dan krim.
CM khanom wun.jpg Khanom wun ขนมวุ้น Hidangan ini adalah makanan penutup yang dibuat dengan bahan agar. Warnanya mewakili rasa yang berbeda.
Mango with glutinous rice .jpg Khao niao mamuang ข้าวเหนียวมะม่วง Mangga dengan ketan Beras ketan yang dimasak dengan santan kental manis, disajikan dengan irisan mangga matang.
Lot chong nam kathi ลอดช่องน้ำกะทิ Mie tepung beras rasa pandan dalam susu kelapa manis, mirip dengan cendol dari Indonesia .
Ruammit รวมมิตร Makanan ringan manis / hidangan penutup dengan campuran bahan, seperti kastanya yang bertutup tepung, nangka, akar teratai, tapioka, dan lot chong, dalam santan manis.
Sankya lapov.jpg Sangkhaya fak thong สังขยาฟักทอง Telur dan puding susu manis kelapa, mirip dengan selai kelapa dari Indonesia, Malaysia, dan Filipina, disajikan dengan labu.
Tako ตะโก้ Puding kelapa beraroma melati yang dihidangkan dalam cangkir daun pandan wangi.

Minuman[sunting | sunting sumber]

Gambar Nama Thai Aksara Thai Nama Indonesia Dari kawasan Keterangan
Cha yen ชาเย็น Es teh Thai Hidangan ini terbuat dari teh hitam ("teh merah" di Asia Timur) yang diseduh sangat lama. Sebagai bahan tambahan dapat juga digunakan air bunga jeruk, bunga lawang, biji asam lumat dan kadang-kadang rempah-rempah lainnya. Teh ini dimaniskan dengan gula dan susu kental dan dihidangkan dingin.
Krating Daeng กระทิงแดง Kratingdaeng Minuman energi asal Thai.
Lao khao เหล้าขาว Arak beras Alkohol sulingan yang dibuat dari beras ketan, seringkali merupakan minuman keras buatan rumah.
Lao Maekhong เหล้าแม่โขง Wiski Mekhong Mendekati rum, adalah sulingan dari tebu dan beras.
Nam phan.jpg Nam phan น้ำพันช์ Minuman campuran Thai Menyerupai lumpur puppie dicampur dengan alkohol, minuman ini sangat populer dengan siswa. Nam berarti cairan/air, phan adalah penyingkatan dari bahasa Inggris "punch": minuman berdasarkan buah dan sering mengandung alkohol.
Oliang โอเลี้ยง Es kopi hitam Minuman es kopi hitam Thai yang manis. Nama ini dari bahasa Tiochiu di mana "o" berarti hitam, dan "liang" berarti dingin.
Saeng som แสงโสม Sang Som Minuman rum Thai yang telah mulai disuling sejak tahun 1977.
Sato สาโท Arak beras Thai Sebuah arak beras tradisional dari wilayah Isan.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Thai Money Bag, EzyThaiCooking.com, retrieved 31 March 2010
  2. ^ Tuptim Thai’s Money Bags, Food and Flicks, 26 Feb 2010, diakses 31 Maret 2010
  3. ^ Money Bag Thai Restaurant menu - Entrees, diakses 31 Maret 2010
  • Bhumichitr, Vatcharin. The Essential Thai Cookbook, 192 pages, New York: Clarkson N. Potter Inc., 1994

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Asia topic Templat:Topik Asia Tenggara Templat:Masakan