Daftar anggota EXO

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

EXO ( /ˌɛks ˈəʊ/ EKS-oh; bahasa Korea: 엑소), adalah boy band Korea Selatan-Cina yang dibentuk oleh S.M. Entertainment pada tahun 2011. Grup ini terdiri dari dua belas anggota yang terbagi menjadi dua sub-grup, EXO-K dan EXO-M, yang akan melakukan promosi secara bersamaan masing-masing di Korea Selatan dan Cina. Nama mereka diambil dari kata exoplanet,[1] sebuah istilah untuk menyebut planet di luar Tata Surya..

EXO-K[sunting | sunting sumber]

Suho[sunting | sunting sumber]

Suho (bahasa Korea: 수호; Hanja: 守護) adalah leader dari EXO-K.[2] Lahir Kim Jun-myeon (bahasa Korea: 김준면; Hanja: 金俊勉) pada 22 Mei 1991 (umur 23) di Seoul, Korea Selatan, ia memiliki satu kakak empat tahun lebih tua darinya. Suho adalah siswa aktif dan memperoleh nilai yang baik selama sekolah dasar - ia adalah ketua kelas di sekolah dasar dan wakil ketua di SMA-nya.[3] Dia adalah anggota EXO pertama yang menjadi trainee S.M. Entertainment pada usia enam belas tahun,[4] dan ditemukan melalui sistem audisi perusahaan, S.M. Casting System, pada 2006. Pada 2007, Suho tampil sebagai tambahan dlam film Super Junior, Attack on the Pin-Up Boys, dan pada 2008, ia tampil dalam video musik TVXQ, "HaHaHa Song" dengan anggota EXO lain, Kai dan Chanyeol.

Pada 15 Februari 2012, Suho diperkenalkan sebagai anggota kesepuluh EXO.[5] Mengupayakan gelar dibidang akting, saat ia menghadiri Korea National University of Arts dan peringkat dalam 50 besar dari 400 siswa di sekolah.[6] Dia menikmati mendengarkan funk rock dan telah mengungkapkan kekagumannya pada leader Super Junior, Leeteuk, dan leader TVXQ, Yunho.[7]

Baekhyun[sunting | sunting sumber]

Byun Baek-hyun (bahasa Korea: 변백현; Hanja: 邊伯賢), dikenal sebagai Baekhyun, adalah pemimpin vokal EXO-K.[8] Lahir pada 6 Mei 1992 (umur 22) di Bucheon, Provinsi Gyeonggi, Korea Selatan, Byun memiliki satu kakak laki-laki, Byun Baek-beom, yang lebih tua tujuh tahun darinya.[3] Seorang mantan murid SMA Jungwon, Byun adalah anggota band sekolah dan menghadiri berbagai festival musik, kemudian memenangkan penghargaan di sebuah festival rock lokal sebelum bergabung S.M. Entertainment pada 2011 saay S.M. Casting System.[9] Byun sedang belajar untuk ujian masuk perguruan tinggi musik ketika ia bergabung dengan label.[4]

Byun adalah anggota terakhir EXO,[3] dan terungkap sebagai anggota kesembilan kelompok pada 30 Januari 2012.[10] Byun telah mengutip Rain sebagai salah satu pengaruh utama dan harapan untuk meniru kesuksesan Rain.[9]

Chanyeol[sunting | sunting sumber]

Park Chan-yeol (bahasa Korea: 박찬열; Hanja: 朴燦烈), dikenal sebagai Chanyeol, adalah rapper utama[11] EXO-K. Park, lahir pada 27 November 1992 (umur 21) di Seoul, Korea Selatan, memiliki satu kakak tiga tahun lebih tua darinya, Park Yu-ra,[3] yang bekerja sebagai reporter berita CBS.

Park menghadiri Hyundai Chungun High School di Dong-gu, Ulsan dan dirawat di sebuah lembaga akting pribadi ketika ia berusia enam belas tahun.[4] Park telah menjadi penggemar alat musik sejak tahun sekolah dasar. Ia telah mengutip film School of Rock menjadi pengaruh utama dalam menginspirasinya untuk belajar drum.[4] Ia juga bisa memainkan gitar, gitar bass, dan djembe.[12]

Selama sekolah menengah, Park membentuk band "Heavy Noise" dengan teman-teman dekatnya.[3] Setelah memenangkan tempat kedua dalam kontes modeling seragam televisi pada tahun 2008,[13] Park sukses mengikuti audisi S.M. Entertainment saat S.M. Casting System. Selama waktu ini, ia terlibat dalam band sekolah, "Seiren."[3] Park membuat beberapa penampilan media sebelum debutnya dengan EXO-ia muncul di video musik TVXQ, "HaHaHa Song" dengan Suho dan Kai pada tahun 2008, dan pada tahun 2010, ia membintangi video musik singel Jepang Girls 'Generation, "Genie".

Park adalah anggota kedua belas dan terakhir dari Kel secara resmi diperkenalkan kepada publik, pada tanggal 23 Februari 2012. Ia mengutip Jason Mraz dan Eminem menjadi pengaruh terbesar.[14] Park bintang tamu dalam episode kedua dari sitkom 2013, Royal Villa, dengan Sehun.

D.O.[sunting | sunting sumber]

D.O. (bahasa Korea: 디오) adalah pemimpin vokal EXO-K.[15] Lahir Do Kyung-soo (bahasa Korea: 도경수; Hanja: 都暻秀) pada 12 Januari 1993 (umur 21) di Goyang, Provinsi Gyeonggi, Korea Selatan, D.O. memiliki satu kakak yang tiga tahun lebih tua darinya.[3] D.O. telah bernyanyi sejak sekolah dasar dan adalah peserta avid dalam kompetisi menyanyi lokal sepanjang karir SMA-nya. Pada tahun 2010, dia direkomendasikan untuk audisi untuk S.M. Entertainment setelah menang di festival menyanyi lokal.[16] Dia kemudian menjadi seorang trainee S.M. Entertainment selama dua tahun terakhir sekolah tinggi.[3] Ia menampilkan Na Yoon-kwon "Anticipation" dan Browneyed Soul "My Story" saat audisi.[16]

D.O. secara resmi diperkenalkan sebagai anggota kedelapan dari EXO pada 30 Januari 2012.[10] Nama panggungnya, berasal dari nama keluarganya, Do.[17] Ia melihat Yoo Young-jin, produser musik SM, sebagai model perannya.[18]

Kai[sunting | sunting sumber]

Kai (bahasa Korea: 카이), lahir Kim Jong-in (bahasa Korea: 김종인; Hanja: 金鍾仁) pada 14 Januari 1994 (umur 20), di Seoul, Korea Selatan. Ia memiliki dua kakak perempuan, lima dan sembilan tahun lebih tua darinya.[3] Anggota EXO kedua untuk menandatangani kontrak dengan S.M. Entertainment, Kai mengikuti perusahaan setelah memenangkan juara ke-10 S.M. Youth Best Contest pada 2007, saat tiga belas tahun. Ia mengatakan bahwa Shinhwa yang menginspirasi ia menjadi penyanyi.[16]

Dikenal sebagai pemipin tari kelompok, Kai telah menari sejak ia berusia delapan tahun dan dilatih di jazz tari dan balet. Ia menyatakan bahwa orangtuanya awalnya ingin dia untuk belajar Taekwondo dan piano, tapi ia dengan cepat kehilangan minat pada keduanya. Setelah menonton The Nutcracker ketika ia berada di kelas empat, Kai mengungkapkan keinginannya untuk belajar balet profesional. Ia mengembangkan keahlian teknis nya saat hip-hop, popping, dan locking setelah bergabung S.M. Entertainment.[16] Pada 2008, Kai tampil dalam video musik TVXQ, "HaHaHa Song" dengan Suho dan Chanyeol.

Kai adalah yang pertama dari dua belas anggota EXO untuk diperkenalkan secara resmi kepada publik melalui trailer teaser. Teaser pertamanya dirilis pada 23 Desember 2011.[19] Ia muncul dalam dua belas trailer lebih dirilis dalam tiga bulan ke depan, dan memiliki penampilan televisi pertamanya dengan EXO-M Lu Han, Chen dan Tao pada SBS Gayo Daejun pada tanggal 29 Desember 2011. Kai lulus dari School of Performing Arts Seoul pada awal 2012.

Kai juga terkait dengan kelompok menyanyi, Younique Unit, dengan EXO-M Lu Han, dan kelompok tari SM Entertainment, S.M. The Performance, dengan EXO-M Lay.

Sehun[sunting | sunting sumber]

Oh Se-hun (bahasa Korea: 오세훈; Hanja: 吳世勳), dikenal sebagai Sehun, lahir pada 12 April 1994 (umur 20) di Seoul, Korea Selatan, dan memiliki satu kakak tiga tahun lebih tua darinya.[3] Oh dibina oleh agen kasting di jalanan ketika ia berusia dua belas tahun, dan akhirnya dilemparkan ke SM Entertainment pada tahun 2008, setelah melalui empat audisi dalam dua tahun.[16] On January 10, 2012, he was introduced as the fifth member of Exo.[20] Ia lulus dari Sekolah Seni Pertunjukan Seoul pada Februari 2013. Oh menjadi bintang tamu dalam episode kedua dari sitkom 2013, Royal Villa, dengan Chanyeol.

EXO-M[sunting | sunting sumber]

Xiumin[sunting | sunting sumber]

Xiumin (Tionghoa: 秀敏; pinyin: Xiùmǐn; bahasa Korea: 시우민), lahir Kim Min-seok (bahasa Korea: 김민석; Hanja: 金珉錫) pada 26 Maret 1990 (umur 24), di Korea Selatan. Pada 2008, ia dimasukkan ke S.M. Entertainment setelah menempati tempat kedua di S.M. Everysing Contest. Xiumin secara resmi diperkenalkan sebagai anggota ketujuh EXO pada 26 Januari 2012.[21]

Lu Han[sunting | sunting sumber]

Lu Han (Tionghoa: 鹿晗; pinyin: Lù Hán; bahasa Korea: 루한), lahir pada 20 April 1990 (umur 24), di Distrik Haidian, Beijing, Cina. Ia lulus dari Sekolah Menengah Shida Beijing dan menghadiri Sekolah Beijing Haidian Bahasa Asing Shi Yan sebelum berangkat ke Korea Selatan untuk menghadiri Universitas Yonsei sebagai siswa pertukaran. Pada tahun 2008, Lu mengikuti audisi untuk audisi global JYP Entertainment di Tiongkok,[22][23] tapi gagal. Pada saat belajar di Seoul, Lu dibina oleh agen audisi S.M. Entertainment, yang merekomendasikan ia untuk audisi untuk audisi tahunan perusahaan, S.M. Casting System. Audisi berhasil, dan Lu bergabung pada EXO tahun 2011. Lu adalah anggota kedua dari dua belas anggota EXO secara resmi diperkenalkan kepada publik, pada 27 Desember 2011.[24] Bersama dengan Tao, Chen, dan EXO-K Kai, Lu membuat penampilan pertama di televisi pada SBS Gayo Daejun pada tanggal 29 Desember 2011. Lu saat menghadiri Seoul Institute of the Arts jurusan Terapan Musik.

Lu juga terkait dalam kelompok menyanyi, Younique Unit, dengan EXO-K Kai.

Lay[sunting | sunting sumber]

Lay (bahasa Korea: 레이), lahir Zhang Yixing (Hanzi Sederhana: 张艺兴; Hanzi Tradisional: 張藝興; pinyin: Zhāng Yìxīng) pada 7 Oktober 1991 (umur 23), di Changsha, Hunan, Cina. Pada tahun 2008, ia dimasukkan ke S.M. Entertainment melalui sistem audisi global perusahaan yang diadakan di Changsha. Sebelum bergabung S.M. Entertainment, Lay merupakan bintang lokal di Tiongkok, dan membuat penampilan tamu di berbagai acara varietas Cina. Pada tahun 2011, sebelum memulai debutnya dengan EXO, Lay bekerja untuk SHINee di konser tur mereka sebagai penari pengganti Jonghyun.

Lay secara resmi diperkenalkan sebagai anggota Kel pada 17 Januari 2012.[25] Lay juga terkait kelompok tari, S.M. The Performance, dengan EXO-K Kai.

Chen[sunting | sunting sumber]

Chen (bahasa Korea: ) adalah pemimpin vokal EXO-M. Lahir Kim Jong-dae (bahasa Korea: 김종대; Hanja: 金鐘大) pada 21 September 1992 (umur 22) di Siheung, Gyonggi-do, Korea Selatan, Chen memiliki satu kakak, Kim Jong-deok. Chen anggota EXO terakhir dan dibina oleh S.M. Entertainment, ia mengikuti audisi untuk S.M. Entertainment melalui perusahaan S.M. Casting System di awal tahun 2011.

Chen adalah anggota keempat secara resmi diperkenalkan kepada publik, pada 29 Desember 2011.[26] Bersama dengan Lu Han, Tao, dan EXO-K Kai, Chen menggelar pertunjukan pertama di televisi di SBS Gayo Daejun pada 29 Desember 2011 2011.

Tao[sunting | sunting sumber]

Tao (bahasa Korea: 타오), lahir Huang Zitao (Hanzi Sederhana: 黄子韬; Hanzi Tradisional: 黃子韜; pinyin: Huáng Zitāo) pada 2 Mei 1993 (umur 21), di Qingdao, Shandong, Cina. Dia menghadiri Sekolah Dasar Humen Centre, salah satu sekolah dasar paling bergengsi di Qingdao, dan Sekolah Menengah Qingdao. Tao adalah seniman bela diri, dan telah berlatih wushu sejak ia berusia enam tahun.[27] Ketika ia di Hong Kong, ia memenangkan tempat pertama dalam kompetisi rap gaya bebas.

Tao dimasukkan ke S.M. Entertainment melalui sistem audisi global perusahaan pada tahun 2010. Ia adalah anggota EXO ketiga secara resmi diperkenalkan kepada publik, pada 27 Desember 2011.[28] Bersama dengan Lu Han, Chen, dan EXO-K Kai, Tao menjadikan penampilan televisi pertama di SBS Gayo Daejun pada 29 Desember 2011.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "SM introduces new boy group member, KAI". allkpop. 2011-12-22. Diakses 2012-04-09. 
  2. ^ Exo. Exo Showcase Part 3S.M. Entertainment. Diakses pada 2012-04-11.
  3. ^ a b c d e f g h i j "EXO-K's exclusive interview with 10Asia". 10Asia (dalam bahasa Korean). Diakses 2013-07-02. 
  4. ^ a b c d "Exo-K manual part 1: Suho, Baekhyun, Chanyeol". Oh My News via Oh My Star (dalam bahasa Korean). 2012-05-11. Diakses 2012-05-12. 
  5. ^ "Exo releases 16th teaser introducing D.O & Su Ho". Allkpop. 2012-02-14. Diakses 2012-04-09. 
  6. ^ "EXO-K: 'The second TVXQ? We are aliens with superpowers'". Donga (dalam bahasa Korean). 2012-05-18. Diakses 2013-07-02. 
  7. ^ "EXO-K's guardian, Suho". The Star (dalam bahasa Korean). 2012-05-04. Diakses 2013-07-03. 
  8. ^ "EXO-K's Baekhyun: 'Sun Gun'". The Star (dalam bahasa Korean). 2012-05-11. Diakses 2013-07-03. 
  9. ^ a b "EXO-K's main vocal: Baekhyun". Newsen (dalam bahasa Korean). 2012-05-04. Diakses 2013-07-03. 
  10. ^ a b "SM新团Exo首支单曲《What Is Love》MV曝光" [S.M.'s new band Exo releases first single What Is Love]. Sina.com (dalam bahasa Chinese). 2012-01-30. Diakses 2012-04-23. 
  11. ^ "EXO-K's Chanyeol: 'Reversal Voice'". The Star (dalam bahasa Koeran). 2012-05-11. Diakses 2013-07-03. 
  12. ^ "Alien EXO-K". Joy Star (dalam bahasa Korean). 2012-06-05. Diakses 2013-07-03. 
  13. ^ "Exo-K’s Chanyeol at 2008 Smart Model Contest". Hellokpop. 2012-03-23. Diakses 2012-04-26. 
  14. ^ "EXO-K's Chanyeol likes to smile". Newsen (dalam bahasa Korean). 2012-05-08. Diakses 2013-07-03. 
  15. ^ "EXO-K's D.O. is DOmestic". The Star (dalam bahasa Korean). 2012-05-11. Diakses 2013-07-05. 
  16. ^ a b c d e "Exo-K manual part 2: D.O., Kai, Sehun". Oh My News via Oh My Star (dalam bahasa Korean). 2012-05-11. Diakses 2012-05-12. 
  17. ^ "Alien EXO-K and their charms". Joy News (dalam bahasa Korean). 2012-06-05. Diakses 2013-07-05. 
  18. ^ "D.O.: 'My role model is composer Yoo Young-jin". The Star (dalam bahasa Korean). 2012-05-07. Diakses 2013-07-05. 
  19. ^ "SM unveils first member, Kai, of mysterious rookie group". Newsen (dalam bahasa Korean). 2011-12-23. Diakses 2012-04-30. 
  20. ^ "SM introduces Exo’s fifth member, SE HUN". Allkpop. 2011-01-09. Diakses 2012-04-09. 
  21. ^ "Exo releases 11th teaser, featuring Xiu Min & Kai". Allkpop. 2011-12-24. Diakses 2012-04-21. 
  22. ^ "Luhan profile on JYP Audition website". baidu tieba. 2012-03-18. Diakses 2012-04-17. 
  23. ^ "Exo Profile". Baidu. Diakses 2012-04-18. 
  24. ^ "SM introduces Exo’s second member, LU HAN". Allkpop. 2011-12-26. Diakses 2012-04-09. 
  25. ^ "SM releases tenth Exo teaser, featuring Lay". Allkpop. 2012-01-16. Diakses 2012-04-09. 
  26. ^ "Exo to debut four members at '2011 SBS Gayo Daejun'". Allkpop. 2011-12-28. Diakses 2012-04-09. 
  27. ^ Exo. 韩国组合Exo-M做客《明星在线》 [[Television clip]]. Sohu.com. Diakses pada 2012-04-12.
  28. ^ "Exo introduces martial artist member, TAO". Allkpop. 2011-12-27. Diakses 2012-04-09. 

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]