Dae Inseon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Dae Inseon merupakan seorang raja di Kerajaan Balhae, (906 – 926) sebuah kerajaan di timur laut Asia yang menguasai bagian-bagian Manchuria, sebelah utara Korea, dan Timur Jauh Rusia. Dae Inseon juga merupakan raja terakhir Balhae. Ia dan pasukannya didorong dan akhirnya dikalahkan oleh Khitan.

Dae Inseon
Nama Tionghoa
Hanzi: 大諲譔
Nama Korea
Hangul: 대인선
Hanja: 大諲譔

Saat-saat Terakhir[sunting | sunting sumber]

Hidupnya terletak di jalur yang berubah dengan cepat. Dalam masalah Silla, banyak nobel yang mulai menolak untuk mengikuti atasannya dan pemberontak berkumpul di seluruh wilayah. Sebagai tambahan, Tang menghadapi krisis yang serius yang disebabkan oleh An Lushan dan beberapa rakyat biasa. Kemudian, Zhu Wen mengambil posisi yang terpenting dan mendirikan Dinasti Liang Akhir.

Ae mengkonsentrasikan segala cara untuk meningkatkan defensif yang kuat melawan tenaga berkuasa yang baru dan datang untuk mendesak persahabatan baru - Dinasti Goryeo. Namun, hasilnya tidak kuat karena konflik yang terus-menerus terjadi antara para bangsawan yang hanya mencari tahta berikutnya dengan bersemangat.

Tapi persoalan yang sebenarnya adalah dari bangsa Khitan yang mengembangkan kekuasaan mereka di Manchuria. Bangsa Khitan mendirikan sebuah negara yang bernama Dinasti Liao, yang habis dibabat namadisme masa lalu dan status masyarakat kecil. Akhirnya, Liao menyerang pada tahun 925 dan benteng Holhan yang merupakan 5 kota yang paling penting di dalam era tersebut direbut hanya dalam waktu 10 hari. Pada tahun 926, Balhae jatuh.

Kelanjutan[sunting | sunting sumber]

Balhae secara penuh diambil alih oleh Bangsa Khitan, yang mendirikan Kerajaan Dongdan. Rakyat Balhae bersama-sama bangkit untuk menentang pemimpin Khitan mereka yang baru, dan banyak gerakan kebangkitan yang terjadi selama jangka waktu seratus tahun . Yang pertama dari gerakan-gerakan kebangkitan tersebut adalah Balhae Akhir, yang didirikan oleh Keluarga Kerajaan Balhae.

Didahului oleh:
Dae Wihae
Penguasa Balhae
906 – 926
Diteruskan oleh:
Klan Dae
(Balhae Akhir)
Dinasti Liao
925 – 926
Diteruskan oleh:
Yelu Bei
(Kerajaan Dongdan