Dae Gwang-hyeon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Dae Gwang-hyeon (대광현, 大光顯, ? ~ ?) merupakan Putra Mahkota yang terakhir dari Kerajaan Balhae dan anggota dari Keluarga Kerajaan Balhae, dan merupakan pemimpin dari pengungsi Balhae yang mencari ungsian di Kerajaan Korea, Goryeo.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Dae Gwang-hyeon kemungkinan merupakan putra pertama Raja Dae Inseon, dan Putra Mahkota yang terakhir di Balhae.

Setelah beberapa bulan Balhae ditindas, pasukan Khitan menyapu seluruh negara dan mencapai Sanggyeong, ibukota dari kota tersebut. Raja terakhir menyerah kepada pasukan bangsa Khitan dan ibukota diduduki. Raja ditawan, akan tetapi Putra Mahkota berhasil untuk mengumpulkan 300 pasukan dan melarikan diri ke Goryeo dengan harapan mengumpulkan kekuatan untuk membalas penghinaan dari kekalahan dan jatuhnya Balhae. Dae Gwang-hyeon tiba dengan pengikutnya selama bulan pertama pada tahun 937, pada masa 17 tahun pemerintahan Kaisar Taejo.

Ia memiliki paling sedikit 1 putra, Dae Do-su, yang kemudian memimpin Goryeo menang melawan bangsa Khitan Liao di Perang Benteng Anyung. Ia juga merupakan leluhur dari klan Hyeopgye dan Yeongsun Tae, kebanyakan dari anggota klan tersebut sekarang tinggal di Korea Selatan.

Lihat Pula[sunting | sunting sumber]