DQS

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Deutsche Gesellschaft zur Zertifizierung von Managementsystemen (DQS)
Industri Penilaian, Sertifikasi
Kantor pusat Bendera Jerman Frankfurt am Main, Jerman
Tokoh penting

Stefan Heinloth (Juru Bicara) Michael Drechsel

Ganesh Rao
Produk Sertifikasi untuk Proses dan Sistem Manajemen
Pendapatan 83,3 Mio. € (2010)
Karyawan 2.800 (2011), termasuk 2.300 auditor
Situs web [www.dqs-ul.com/en]

DQS Holding GmbH yang berkantor di Frankfurt am Main adalah perusahaan induk DQS-UL-Group di seluruh dunia. DQS-UL-Group memberikan penilaian dan sertifikasi sistem dan proses manajemen.

Riwayat[sunting | sunting sumber]

DQS didirikan pada tahun 1985 di Frankfurt am Main dan merupakan badan penilai kesesuaian pertama di Jerman.[1][2] Tujuan mitra pendirinya, DGQ (German Society for Quality/Masyarakat Mutu Jerman) dan DIN (German Institute for Standardization/Lembaga Standardisasi Jerman), terutama untuk memajukan perekonomian Jerman. Pendirian tersebut bersamaan waktunya dengan terbitnya naskah pertama standar seri ISO 9000, yang juga mencakup standar mutu terpenting di seluruh dunia saat ini: ISO 9001. Pada tahun 1986 DQS menjadi lembaga sertifikasi yang pertama di Jerman yang menerbitkan sertifikat ISO 9001. Setelah penggabungan DQS dengan Divisi Management Systems Solutions (MSS) American Underwriters Laboratories Inc. pada bulan Maret 2008, grup DQS-UL adalah salah satu perusahaan terbesar di dunia yang memberikan layanan sertifikasi.

Organisasi Korporat[sunting | sunting sumber]

DQS Holding GmbH memiliki lebih dari 80 kantor perwakilan di 60 negara. Kantor-kantor perwakilan ini membentuk jaringan bagi pelaksanaan proyek-proyek internasional. Grup DQS-UL saat ini memiliki sekitar 20.000 pelanggan bersertifikasi hampir di seluruh industri dengan 47.000 lokasi bersertifikasi di lebih 100 negara. Perusahaan ini mempekerjakan sekitar 2.800 orang yang 2.300 di antaranya adalah auditor. Di antara perusahaan-perusahaan terbesar dalam grup ini adalah UL DQS Inc. (USA), DQS do Brasil Ltd., UL DQS Japan, DQS Medical Devices GmbH, dan DQS GmbH (keduanya di Jerman). Sejak tahun 2010, Grup tersebut memiliki kantor di 60 negara.

Kegiatan bisnis[sunting | sunting sumber]

Grup tersebut menawarkan penilaian lintas-industri untuk persyaratan dan sertifikasi khusus korporat atau industri bagi lebih dari 100 kode yang diakui nasional dan internasional. Di antara yang terpenting: ISO 9001 (Mutu) ISO 14001 (Lingkungan) BS OHSAS 18001 (Keselamatan kerja dan kesehatan kerja) ISO / TS 16949 (Otomotif) ISO 27001 (Keamanan Informasi) ISO 13485 (Perangkat Medis) IRIS (Standar Industri Kereta Api) EN 9100ff (Dirgantara) Akan tetapi, masalah-masalah seperti Sistem Manajemen Risiko, Kelestarian, Manajemen Energi berdasarkan Undang-undang Energi Terbarukan Jerman, Pendidikan, Sistem Privasi, dan Keunggulan Bisnis menjadi semakin penting dalam layanan sertifikasi. Bidang penting lainnya adalah Kesehatan dan Layanan Sosial.

Pendekatan[sunting | sunting sumber]

DQS Group memiliki pendekatan khusus: Jasa penilaian diberikan terutama oleh auditor eksternal berbasis biaya. Auditor umumnya bekerja dalam sektor industri yang mereka nilai. Kombinasi sertifikasi dan pengetahuan industri ini, pengalaman praktis dan ilmiah dimaksudkan untuk memberikan penilaian yang mutakhir dan canggih.

Jaringan[sunting | sunting sumber]

DQS adalah pendiri dan anggota penuh jaringan sertifikasi internasional IQNet Association yang didirikan pada tahun 1990. Tujuan utama dari jaringan global beranggota 36 ini adalah pengakuan bersama sertifikat yang diterbitkan oleh lembaga sertifikasi anggotanya. Direktur Eksekutif DQS GmbH, Michael Drechsel, adalah presiden IQNet saat ini.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Wolfgang Hansen: Zertifizierung und Akkreditierung von Produkten und Leistungen der Wirtschaft, Carl Hanser Verlag München Wien, 1993, p. 155, ISBN 3-446-17108-8.
  2. ^ Walter Masing: Handbuch der Qualitätssicherung, Carl Hanser Verlag, 2nd ed., 1988, p. 972, ISBN 3-446-15172-9.