D.o.t

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
d.o.t
Latar belakang
Lahir 5 September 1997
Bendera Indonesia Bandung, Indonesia
Jenis Musik Pop, Rock
Tahun aktif 1997 - sekarang
Perusahaan rekaman Musica Studio's
Anggota
Adam
Esa Yayang
Aroel
Alsa (additional drummer)
Mantan anggota
Djojo {bass}
Reno Alvino (additional drummer) (meninggal dunia)

d.o.t adalah grup musik asal Indonesia yang didirikan pada 5 September 1997. Grup musik ini dimotori oleh dua kakak beradik yaitu Adam Glen Doly alias Adam (gitar) dan Esa Yayang (drum, vokal). Grup musik ini beranggotakan Adam (gitar), Esa Yayang (drum, vokal), Aroel (bass), Alsa (additional drum).

Biografi[sunting | sunting sumber]

Grup musik yang didirikan pada awal September 1997 ini memulai kariernya hanya dengan 2 personel berupa kakak beradik Adam (gitar) dan Esa Yayang (drum, vokal). Pada tahun 1998, grup musik ini mendapatkan satu orang bassist bernama Aroel.

Musica Studio's akhirnya menerima untuk rekaman album pertama mereka. Album pertama pun akhrinya berhasil dirilis pada tahun 1998 dengan judul Jangan-Jangan yang melahirkan single Jangan-Jangan yang begitu sukses di pasaran. Dan diputar dibeberapa radio-radio terkenal di seluruh Indonesia.

Setahun kemudian, d.o.t kembali merilis album yang berjudul Siapa Kamu pada tahun 1999. Warna musik DOT dialbum sebelumnya masih terasa di album ini, nuansa bubblegum pop ala The Moffatts yang sangat kentara. Di album ini, DOT menjagokan hits Siapa Kamu.

Vakum selama 9 tahun tak merilis album dikarenakan kesibukan para anggota masing-masing. Banyaknya grup musik yang berdatangan ganti bergantian, akhirnya grup musik ini dengan tekad melakukan penggarapan album kedua. Dan album kedua berhasil dirilis pada tahun 2008 dengan diberi judul Belahan Jiwa dengan melahirkan single Belahan Jiwa. Namun album ini dianggap kurang sukses dipasaran. Untuk menambah kemantapan dalam bermusik, akhirnya rup musik ini juga menambahkan additional drummer yang berfokus pada konser d.o.t bernama Reno Alvino.

Band ini kedua kalinya mengalami kevakuman dan akhirnya grup musik ini kembali dengan merilis single berjudul Cuma Kamu pada tahun 2011.[1]

Namun grup musik ini diguncang dengan berita kematiannya additional drummer, Reno Alvino yang meninggal seusai menyaksikan acara SEA Games 2011. Sejak itulah, grup musik ini menggaet Alsa sebagai penggatinya.[2]

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Anggota Band[sunting | sunting sumber]

Personel
  • Esa Yayang (vokal, drum) (1997-sekarang)
  • Adam (gitar) (1997-sekarang)
  • Aroel (bass) (2008-sekarang)
  • Alsa (additional drum) (2011-sekarang)
Mantan Personel
  • Djojo {bass} (1997-2008)
  • Reno Alviano (additional drum) (2008-2011, meninggal dunia)

Pranalar Luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]