Cynomadeus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Cynomadeus
Latar belakang
Lahir Bendera Indonesia Jakarta, Indonesia
Jenis Musik Rock
Tahun aktif 1989–1991
Perusahaan rekaman JEPS Record
Anggota
Todung Pandjaitan
Fajar Satritama
Eet Sjahranie
Arry Syaff
Iwan Madjid

Cynomadeus adalah kelompok musik Indonesia dengan genre rock. Dibentuk pada tahun 1990 oleh Iwan Madjid (keyboard) dan Eet Syahranie (gitar), yang kemudian mengikutsertakan Arry Syaff (vokal) dan [[[Fajar Satritama]] (drum), hingga akhirnya dilengkapi dengan kehadiran Todung Pandjaitan (bass).

Kelompok musik ini menggunakan nama Cynomadeus, atas dasar ketertarikan personel band terhadap karya tulis sdr. Wisnu Soeyono. Sebuah komik mengenai seorang musisi yang dijuluki Cynomadeus (Cycle Neo Amadeus), dan travel di perpindahan waktu. Ketertarikan ini berlanjut dengan kesepakatan personel band untuk menunjuk Wisnu Soeyono sebagai penulis lirik tunggal untuk Cynomadeus.

Pada awalnya dapur rekaman bukan target utama, melainkan kesepakatan untuk bermusik dengan karya sendiri. Dengan demikian band ini terlepas dari budaya industri musik Indonesia. Murni hanya sebuah ketulusan untuk berkarya. Dari segi musik sampai dengan lirik. Akan tetapi atas berbagai alasan dan kejadian di perjalanan waktu, akhirnya Cynomadeus sepakat untuk mengabadikan karyanya dengan peran ganda Todung Pandjaitan sebagai bassis dan sekaligus sebagai eksekutif produser untuk Cynomadeus.

Dengan dukungan JEPS Record pada tahun 1990, di bawah pimpinan Sofyan Ali, seorang promotor dan produser dengan revolusi besarnya di sejarah industri musik Indonesia, Cynomadeus merilis album perdananya dengan judul Cynomadeus. Merupakan salah satu dari judul lagu di album tersebut yang disepakati personel band sebagai ilustrasi dari terbentuknya Cynomadeus.

Dalam kurun waktu sekitar 3 bulan pertemuan kelima musisi ini menghasilkan 10 (sepuluh) lagu masterpiece. Jangka waktu yang sangat singkat untuk proses komposisi dan rekaman. Padahal setiap personel di Cynomadeus berasal dari genre musik yang berbeda. Hal tersebut memperlihatkan kesenyawaan tim. Langka untuk terjadi di antara musisi. Hubungan erat di antara personal melebihi perbedaan genre musik. Alhasil karya mereka menembus tradisi straight-beat rock di Indonesia. Tanpa disadari menjadi awal dari perubahan era musik rock di Indonesia pada saat itu.

Kehadiran Cynomadeus di belantika musik Indonesia mendapat sambutan hangat dari publik Indonesia, tetapi mengalami kritikan keras di segi lirik lagu dari umumnya media musik di Indonesia karena kombinasi bahasa Indonesia dan Inggris, dan tingkat bahasa Indonesia yang digunakan sebagai lirik lagu yang dianggap terlalu tinggi untuk masyarakat Indonesia pada saat itu.

Keoriginalitasan musik Cynomadeus merupakan salah satu revolusi bagi musik rock di Indonesia. Bisa didengar di lagu yang berjudul Era 1214 Saka, Opera Kota Naga (Wong Street), Circus Show, Strawberry Pink, 65. Perpaduan warna musik rock, classic, funk, dan lain-lain yang menyatu dengan harmonis.

Diskografi[sunting | sunting sumber]

  • Cynomadeus – Cynomadeus[1]

Diproduksi oleh JEPS Records & Cynomadeus (1990)

  1. Profesi Trend Mode
  2. Circus Show
  3. Cynomadeus
  4. Portrait Hujan
  5. Opera Kota Naga
  6. WOWverture
  7. Strawberry Pink
  8. Angel Rose
  9. 65
  10. Era 1214 Saka

Referensi[sunting | sunting sumber]