Currywurst

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Currywurst

Currywurst (yang dalam bahasa Jerman berarti sosis kari) adalah masakan Jerman dengan bahan utama sosis daging (Jerman: wurst) yang dipotong tipis, bumbu kari (kadang-kadang dicampur saus tomat atau pasta tomat bercampur kari) dan bubuk kari secukupnya. Currywurst dijual sebagai makanan pesan-bawa/pesan-antar, schnellimbisse (makanan ringan), sebagai makanan anak-anak di restoran, atau makanan jalanan.

Currywurst biasanya disajikan dengan kentang goreng atau gulungan roti. Currywurst sangat terkenal di kawasan metropolitan kota Ruhr, Berlin, dan Hamburg. Saus dan sosis yang disajikan juga bervariasi menurut daerah. Di Jerman, currywurst dijual di kios makanan dengan mesin yang akan memotong dan membumbui sosis. Currywurst juga tersedia di supermarket sebagai makanan instan.

Dalam beberapa dekade, currywurst menjadi makanan cepat saji yang paling terkenal di Jerman, terutama di kalangan pekerja menengah. Namun dalam beberapa tahun terakhir popularitas currywurst menurun yang disebabkan oleh makin populernya pizza dan döner kebab, tetapi makanan ini tersedia di banyak tempat dan terus menjadi ikon budaya.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]