Cucuk-panjang dagu-kelabu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Cucuk-panjang dagu-kelabu
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Ordo:
Famili:
Genus:
Spesies:
T. poliopterus
Nama binomial
Toxorhamphus poliopterus
(Sharpe, 1883)

Cucuk-panjang dagu-kelabu (Toxorhamphus poliopterus) adalah spesies burung dari keluarga Melanocharitidae. Burung ini adalah endemik Papua.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Burung ini berukuran kecil . Ekor pendek, paruh sangat panjang, kepala dan sayap abu-abu dan tubuh bagian bawah kuning. Dada bagian atas kuning terang, dada bagian bawah dan perut hijau zaitun.

Tempat Hidup dan Kebiasaan[sunting | sunting sumber]

Burung penetap yang menghuni hutan dan tepi hutan primer pada kisaran ketingian 400-2450 mdpl, biasanya tidak ada di hutan sekunder dan kebun-kebun. Biasanya sendirian, mengumpulkan serangga dan mendapat nektar bunga di tumbuhan lapisan bawah hutan, kadang sampai setinggi 20 m. Gelisah, selalu bergerak ke atas dan ke bawah. Burung yang tidak mencolok dan pemalu, lebih sering terdengar daripada terlihat. Musim berbiak bervariasi tergantung kondisi secara lokal. Sarang berbentuk mangkuk kecil yang mencolok, tesusun dari serat dan bagian tumbuhan yang masih hijau. Sarang diletakkan pada percabangan mendatar pohon. Jumlah telur biasanya satu butir.

Persebaran dan Ras[sunting | sunting sumber]

Terdiri dari dua sub-spesies, dengan daerah persebaran:

  • maximus Rand, 1941 – pegunungan di Papua bagian barat dan tangah (lereng utara peg. Weyland dan Peg. Snow).
  • poliopterus (Sharpe, 1882) – pegunungan di Papua bagian timur dan tenggara, termasuk Dataran Tinggi Tengah, Gn. Bosavi, Peg. Adelberts, dan Peg. Saruwaged (di Semenanjung Huon).

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ BirdLife International (2012). "Toxorhamphus poliopterus". IUCN Red List of Threatened Species. Version 2012.1. International Union for Conservation of Nature. Diakses tanggal 16 July 2012. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

{Reflist}}