Crookshanks

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Crookshanks
Crookshanks
Informasi
Spesies Kucing/Kneazle
Jenis kelamin Jantan

Crookshanks adalah kucing peliharaan yang dimiliki Hermione Granger dalam kisah fiksi Harry Potter. Hermione membeli Crookshanks dalam kisah di buku ketiga, Harry Potter dan Tawanan Azkaban. Crookshanks digambarkan memiliki bulu berwarna coklat, ekor seperti botol, dan berkaki pendek gemuk. Mukanya juga tampak seperti bekas ditonjok, yang diinspirasi dari seekor kucing sungguhan yang dilihat oleh J. K. Rowling yang memiliki muka yang sepertinya bekas menabrak tembok (kemungkinan kucing persia).

Hermione membeli Crookshanks di toko binatang peliharaan di Diagon Alley karena kasihan, karena tidak ada satu pun yang mau membelinya gara-gara tampak mukanya yang seperti itu. Namun, tanpa memandang alasannya membeli kucing itu, Hermione kemudian menjadi sangat dekat dengan kucingnya, dan demikian sebaliknya.

Crookshanks juga memiliki keturunan hewan gaib Kneazle sehingga ia memiliki ketidaksukaan yang besar akan penipuan dan kebohongan. Crookshanks diketahui menatap tidak setuju ketika Harry dan Ron mencontek untuk pekerjaan rumah mereka, dan mengingatkan mereka akan Hermione. Nama "Crookshanks" berarti "tulang kering yang bengkok". Kucing ini digambarkan memiliki kaki yang bengkok dalam pemunculan pertama kalinya dalam seri ini.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]