Crna mačka, beli mačor

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Crna mačka, beli mačor dalam bahasa Serbia yang artinya kurang lebih Kucing Hitam, Kucing Putih dalam bahasa Indonesia adalah sebuah film komedi romantis Serbia yang disutradarai Emir Kusturica pada 1998.

Cerita[sunting | sunting sumber]

Matko adalah seorang pedagang yang memiliki seorang anak laki-laki bernama Zare. Ia berencana menyelundupkan bahan bakar lewat kereta api. Untuk menjalankan rencana ini, ia mengunjungi Grga Pitic, teman lama Zarije, ayah Matko. Namun seorang teman Matko yang bernama Dadan menipunya sehingga Matko berhutang banyak uang pada Dadan.

Dadan bersedia menghapus hutang Matko dengan syarat adiknya yang kerdil, Afrodita, menikah dengan Zare. Namun Zare telah jatuh cinta pada Ida, seorang pelayan rumah makan. Ia mengadu kepada kakeknya Zarije, yang kemudian berusaha menggagalkan pernikahan itu dengan cara tiba-tiba meninggal. Afrodita pun tidak mau menikah dengan Zare.

Ketika diberi tahu hal ini oleh Matko, Dadan tidak ambil peduli dan ingin tetap melaksanakan pernikahan. Jenazah Zarije disembunyikan dan ditutupi dengan es agar tidak membusuk, dan diletakkan di loteng rumah Matko.

Dengan terpaksa Zare dan Afrodita akhirnya menikah, namun Afrodita melarikan diri di tengah pesta pernikahan dan dikejar Dadan dan Matko. Di hutan, ia bertemu dengan Grga Veliki, cucu Grga Pitic. Mereka jatuh cinta pada pandangan pertama dan ingin menikah. Akhirnya keempat mempelai menikah: Zare dengan Ida, dan Afrodita dengan Grga Veliki.

Pemain[sunting | sunting sumber]