Cristóbal Mendoza

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Cristóbal Mendoza
Presiden Venezuela
Masa jabatan
5 Maret 1811 – 21 Maret 1812
Digantikan oleh Simón Bolívar
Informasi pribadi
Lahir 23 Juni 1772
Trujillo, New Grenada
Meninggal 8 Februari 1829 (umur 56)
Caracas, Kolombia Raya
Agama Katolik Roma
Tanda tangan

Cristóbal Hurtado de Mendoza (lahir 23 Juni 1772 – meninggal 8 Februari 1829 pada umur 56 tahun) adalah seorang politisi Venezuela. Cristóbal menjadi Presiden pertama Venezuela pada tahun 1811.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Ia lahir di daerah Trujillo pada tanggal 23 Juni 1772 dan dididik oleh ayahnya di Biara Fransiskan di bawah pengawasan Pastor Antonio de Pereira. Pada usia 16, ia dikirim ke Caracas untuk menyelesaikan pendidikannya. Pada 1794, Cristóbal meraih gelar sarjana hukum. Dia lalu pergi ke Santo Domingo, di sana ia belajar mengenai hak-hak sipil dan kembali ke Venezuela ketika usianya menjelang 30 tahun.

Pada Maret 1811 selama perang kemerdekaan Spanyol Amerika, kongres pertama konstitusi Venezuela didirikan sebagai kekuasaan eksekutif triumvirat, di mana tiga orang berbagi kekuasaan eksekutif dan bergiliran menjalankan tugas kepresidenan setiap minggunya. Pada usia 29, Cristóbal Mendoza menjadi anggota dari triumvirat yang memimpin Republik Pertama Venezuela dan dengan suara bulat dipilih oleh dua lainnya untuk menjadi presiden pertama Venezuela pada 5 Maret 1811. Sebagai bagian dari triumvirat tersebut, Mendoza memulai perang kemerdekaan melawan bagian dari Venezuela yang masih mendukung monarki Spanyol. Ia juga adalah penulis Deklarasi Kemerdekaan Venezuela, yang dikeluarkan pada tanggal 5 Juli 1811.

Republik Pertama jatuh setelah invasi royalis yang dipimpin oleh Kapten Domingo de Monteverde. Setelah itu, Mendoza pindah ke pulau Grenada. Pada 1813, Simón Bolívar menjadi presiden Republik Kedua Venezuela.

Ia lalu kembali ke Venezuela dan menjadi gubernur provinsi Mérida. Kemudian, Bolívar menunjuknya sebagai gubernur provinsi Caracas. Pada tahun 1814, pasukan kaum royalis menginvasi Republik kedua, dan Mendoza sekali lagi pergi ke pengasingan, kali ini ia ke Antillen Belanda. Dari sana ia menulis sejumlah artikel yang mendukung gerakan kemerdekaan dan melawan dominasi Spanyol. Ia kembali pada tahun 1821 setelah terjadinya Pertempuran Carabobo dan ditunjuk menjadi Menteri Kehakiman Kolombia Raya. Pada tahun 1826 ia menjadi Intendant Departemen Venezuela.

Cristóbal Mendoza meninggal di Caracas, 8 Februari 1829.