Craig A. Evans

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Craig A. Evans
Lahir21 Januari 1952 (umur 72)
KebangsaanAmerika Serikat
PendidikanClaremont McKenna College, Western Baptist Seminary
AlmamaterClaremont Graduate University
Pekerjaan"Payzant Distinguished Professor of New Testament" pada Acadia Divinity College di Wolfville
Houston Baptist University
Dikenal atasSarjana Alkitab Amerika Serikat
PenghargaanD.Habil. by the Karoli Gaspard Reformed University in Budapest

Craig Alan Evans (lahir 21 Januari 1952) adalah seorang sarjana bidang Perjanjian Baru Alkitab Kristen dan pengarang beraliran evangelikal asal Amerika Serikat. Ia banyak menulis dalam bidang "Yesus sebagai tokoh dalam sejarah", kritisisme tekstual Perjanjian Baru, dan masa-masa awal Kekristenan.

Karier[sunting | sunting sumber]

Evans meraih gelar "Bachelor of Arts" dalam bidang sejarah dan filsafat dari Claremont McKenna College, gelar "Master of Divinity" dari Western Baptist Seminary di Portland, Oregon, dan gelar "Master of Arts" serta "Ph.D." dalam Studi Alkitab dari Claremont Graduate University di Kalifornia selatan.

Dia menjabat sebagai "Payzant Distinguished Professor of New Testament" dan direktur program pasca-sarjana pada Acadia Divinity College di Wolfville, Nova Scotia.[1][2] Sebelum datang ke Acadia, ia menjadi "visiting assistant professor of religious studies" pada McMaster University dan seorang profesor bidang studi Alkitab pada Trinity Western University.[2] Penelitian yang dilakukan Evans membawanya pada berbagai konferensi dengan topik termasuk Gulungan Laut Mati,[1] hal-hal yang berhubungan dengan gambaran dan persepsi mengenai Yesus Kristus[3] dan arkeologi Alkitab.[4] Ia banyak menulis mengenai "Yesus sebagai tokoh dalam sejarah" dan latar belakang Yahudi pada zaman Perjanjian Baru.

Publikasi[sunting | sunting sumber]

Evans adalah pengarang atau penyunting dari lebih 50 buku, beberapa di antaranya tertera dalam daftar berikut:[2]

Makalah[sunting | sunting sumber]

Buku[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Waligorski, Rachel (2007-03-07). "Workshop on Christianity & Dead Sea Scrolls Draws Crowd". Baptist Press. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-05-18. Diakses tanggal 2008-02-01. 
  2. ^ a b c Profile of Craig A. Evans, The Lost Gospel of Judas Project, National Geographic Society website, accessed March 10, 2008
  3. ^ Arlandson, James (2007-04-21). "The Deconstructed Jesus". American Thinker. Diakses tanggal 2008-02-01. 
  4. ^ Arlandson, James (2007-09-27). "Archaeology and the Synoptic Gospels: Which way do the rocks roll?". American Thinker. Diakses tanggal 2008-02-01. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]