Coxiella burnetii

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
?Coxiella burnetii
C. burnetii, the causative agent of Q fever
C. burnetii, the causative agent of Q fever
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Bacteria
Filum: Proteobacteria
Kelas: Gamma Proteobacteria
Ordo: Legionellales
Famili: Coxiellaceae
Genus: Coxiella
Spesies: C. burnetii
Nama binomial
Coxiella burnetii
(Derrick 1939)
Philip 1948

Coxiella burnetii adalah spesies bakteri patogen intraselular, dan penyebab terjadinya demam Q. Genus Coxiella secara morfologi mirip dengan rickettsia, namun memiliki variasi genetika dan perbedaan psikologi. C. burnetii adalah bakteri gram-negatif kecil dengan dua fase pertumbuhan.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Penelitian pada tahun 1920-an dan 1930-an mengidentifikasi apa yang tampak seperti tipe baru Rickettsia, terisolasi dari kutu, yang mampu melewati filter.Gambaran pertama dari apa yang mungkin telah Coxiella burnetii diterbitkan pada tahun 1925 oleh Hideyo Noguchi, tapi karena sampel itu tidak bertahan hidup, masih belum jelas apakah itu organisme yang sama.Uraian definitif diumumkan di akhir 1930-an sebagai bagian dari penelitian penyebab demam Q, oleh Edward Holbrook Derrick dan Macfarlane Burnet di Australia, dan Herald Rea Cox dan Gordon Davis di Rocky Mountain Laboratorium (RML) di Amerika Serikat.[butuh rujukan]

Tim RML mengusulkan nama diaporica Rickettsia, berasal dari kata Yunani untuk memiliki kemampuan untuk melewati filter pori-pori, untuk menghindari penamaan itu setelah entah Davis Cox atau jika memang deskripsi Noguchi telah prioritas.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  • Coxiella (from PATRIC the PathoSystems Resource Integration Center, a NIAID Bioinformatics Resource Center)