Cospas-Sarsat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Logo International Cospas-Sarsat Programme
Logo yang digunakan hingga 1992

Cospas-Sarsat merupakan sistem search and Rescue (SAR) berbasis satelit internasional yang pertama kali digagas oleh empat negara yaitu Prancis, Kanada, Amerika Serikat dan Rusia (dahulu Uni Soviet) pada tahun 1979. Misi program Cospas-Sarsat adalah untuk memberikan bantuan pelaksanaan SAR dengan menyediakan distress alert dan data lokasi secara akurat, terukur serta dapat dipercaya kepada seluruh komonitas internasional. Tujuannya agar dikuranginya sebanyak mungkin keterlambatan dalam melokasi suatu distress alert sehingga operasi akan berdampak besar dalam peningkangkatan probabilitas keselamatan korban. Keempat negara tersebut mengemabangkan suatu sistem satelit yang mampu mendeteksi beacon pada frekuensi 121,5/243 MHz dan 406 MHz. Emergency Position-Indicating Radio Beacon (EPIRB)adalah beacon 406 Mhz untuk pelayaran merupakan elemen dari Global Maritime Distress Safety System (GMDSS) yang didesain beroperasi dengan sistem the Cospas-Sarsat. EPIRB sekerang menjadi persyaratan dalam konvensi internasioal bagi kapal Safety of Life at Sea (SOLAS). Mulai 1 Februari 2009, sistem Cospas-Sarsat hanya akan memproses beacon pada frekuensi 406 MHz. Cospas merupakan akronim dari Cosmicheskaya Sistyema Poiska Avariynich Sudov sedangkan Sarsat merupakan akronim dari Search And Rescue Satellite-Aided Tracking

Prinsip Kerja[sunting | sunting sumber]

Ketika beacon aktif, sinyal akan diterima oleh satelit selanjutnya diteruskan ke Local User Terminal (LUT) untuk diproses seperti penentuan posisi, encoded data dan lain-lainnya. Selanjutnya data ini diteruskan ke Mission Control Cetre (MCC) di manage. Bila posisi tersebut di luar wilayahnya akan dikirim ke MCC yang bersangkutan, bila di dalam wilayahnya maka akan diteruskan ke instansi yang bertanggung jawab.

Informasi Teknis[sunting | sunting sumber]

Sistem Cospas-Sarsat terdiri dari satelit berorbit polar berjumlah 7 satelit yang disebut LEOSAR dan berorbit geostasioner berjumlah 4 satelit yang disebut GEOSAR. LEOSAR mempunyai cover area seluruh permukaan bumi secara periodik sehingga mampu menjangkau kutub. LEOSAR satelit beroperasi dengan mode -store-and-forward- yaitu men-store sinyal dari beacon dan selanjutnya men-forward ke LUT. Satelit Cospas LEOSAR disediakan oleh Rusia dan berorbit dengan ketinggian 1.000 km sedangkan satelit Sarsat LEOSAR disediakan oleh AS dan berorbit dengan ketinggian 800 km sementara instrumentnya disediakan oleh Prancis dan Kanada. GEOSAR mempunyai cover area di bawah 70° lintang secara kontinu dan tidak mampu menjangkau daerah kutub. Penentuan posisi beacon menggunakan prinsip dopler, oleh karena GEOSAR tidak ada pergerakan posisi satelit maka prinsip dopler tidak bisa diterapkan, dengan demikian posisi beacon berasal dari peralatan eksternal GPS atau dengan kata lain GEOSAR hanya memproses beacon 406 MHz. Sampai tahun 2004, LUT LEOSAR berjumlah 46 LUT yang tersebar di 30 negara sementara LUT GEOSAR berjumlah 18 LUT.

Tipe beacon:

  • Emergency Position-Indicating Radio Beacon (EPIRB) untuk kapal
  • Emergency Locator Terminal (ELT) untuk pesawat
  • Personal Locator Beacon (PLB) untuk perseorangan

Pranala luar[sunting | sunting sumber]