Cosmos (Transformers)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Cosmos
Autobot
Nama Jepang Adams
Sub-grup Mini-Bots
Fungsi Reconnaissance & Communications
Semboyan "Reach for the stars, but never leave your friends."
Model alternatif Piring terbang
Seri Transformers: Generation 1
Sulih suara oleh Michael McConnohie (Inggris)

Cosmos merupakan nama untuk salah satu karakter robot fiksi dari serial Transformers.

Transformers G1[sunting | sunting sumber]

Profil[sunting | sunting sumber]

Cosmos merupakan salah satu anggota Autobots. Ia bisa berubah menjadi sebuah pesawat berbentuk piring terbang atau UFO, yang desainnya sama dengan foto UFO yang diabadikan oleh George Adamski. Tugas Cosmos adalah meneliti dan mengawasi tindakkan Decepticons di luar angkasa. Cosmos mempunyai kekuatan yaitu ia bisa mengiring beberapa pesawat luar angkasa hanya dengan bantuan sinar magnetnya.

Layaknya pesawat ulang alik, Cosmos bisa dikendarai oleh manusia (dalam film diceritakan Spike dan Bumblebee) tanpa perlu memakai pakaian ruang angkasa. Cosmos bisa melintasi luasnya luar angkasa dengan cepat layaknya pesawat UFO, tanpa perlu kehabisan energi seperti halnya pesawat ulang alik buatan bumi.

Dari tubuh Cosmos bisa mengeluarkan senjata-senjata canggih, yaitu canon sinar laser. Cosmos lebih senang berkeliaran di luar angkasa ketimbang berdiam diri di markas Autobots.

Merujuk pada pengisi suara Cosmos, Michael McConnohie, gaya bicara Cosmos dalam serial Transformers G1 ditujukan untuk aktor Peter Lorre.

Serial animasi[sunting | sunting sumber]

Cosmos pertama tampil dalam seaon kedua, tepatnya di episode "Megatron's Master Plan part 2", dimana ia berperan sebagai penolong Autobots dari ulah Megatron yang akan menggiring Autobots ke matahari. Ia kemudian menjadi pemandu Autobots saat kembali ke Bumi dan mendarat dengan tabrakan. Kemudian ia bertemu dengan Megatron di Bulan saat bersama Blaster sebelum akhirnya ditolong oleh Omega Supreme. Setelah itu, Cosmos kemudian menjadi sarana transportasi Autobots selain Omega Supreme dan Powerglide, salah satunya adalah saat ia mencoba menghentika monster capung ketika Omega Supreme sedang bermasalah dengan Constructicons dan memperingatkan Optimus Prime tentang Lord Cholmondeley ketika ia menangkap beberapa Autobots untuk memancing agar Optimus Prime keluar.

Peran Cosmos yang terbesar adalah saat ia tampil dalam "The God Gambit". Cosmos saat itu sedang mengumpulkan data di luar angkasa, sampai tiba-tiba diserang oleh Astrotrain, Thrust, dan Starscream. Akhirnya Cosmos mendarat di Titan, dimana Decepticons berniat menguasai sumber energinya dan menabsihkan diri sebagai Tuhan. Namun para pemberontak mengaktifkan system navigasi Cosmos yang akhirnya memberitahu Autobots di Bumi tentang keberadaan Cosmos. Optimus Prime lantas memerintahkan Omega Supreme, Perceptor, dan Jazz. Disaat Astrotrain mengklaim diri sebagai Tuhan, Omega Supreme kemudian membutuhkan energi kristal tersebut agar bisa bangkit kembali setelah kehabisan energi saat terbang ke Titan. Setelah semuanya beres, tim Autobots akhirnya bisa mengalahkan Decepticons. Dan karena menginginkan supaya Autobots juga tidak bisa mendapatkan energi kristal tersebut, Astrotrain bersama Thrust akhirnya meledakkan tambang sumber energi tersebut. Autobots kemudian menolong semua penduduk Titan dengan memindahkannya ke sisi lain Titan.

Cosmos merupakan satu dari sedikit Autobots yang lolos hingga ke serial season ketiga. Penampilan terakhirnya adalah di episode 89, "Grimlock's New Brain".

Transformers film[sunting | sunting sumber]

Cosmos tampil sebagai salah satu dari bagian mainan promosi untuk film Transformers 2007 karya sutradara Michael Bay.

Cosmos memang tidak tampil dalam film, namun dalam novel berjudul The Reign of Starscream, Cosmos menjadi salah satu Autobots yang turut serta dalam pertarungan melawan Decepticons.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]