Corsair International

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Corsair)
Corsair International
IATA ICAO Kode panggil
SS CRL CORSAIR
Didirikan1981 (dengan nama Corse Air International)
PenghubungBandar Udara Orly, Paris
AliansiTUI Airlines
Armada8
Tujuan>60
Perusahaan indukTUI Airlines (TUI Group)
Kantor pusatRungis, Prancis
Tokoh utamaHervé Pierret
Situs webhttp://www.corsairfly.com

Corsair International, secara legal Corsair S.A. merupakan sebuah maskapai penerbangan yang berbasis di Paris, Prancis. Maskapai ini mengoperasikan penerbangan terjadwal dan charter internasional menuju 62 kota di Eropa, Teritorial Prancis, Afrika, Amerika Utara dan Asia Tenggara. Basis utamanya adalah Bandar Udara Orly, Paris.[1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Maskapai penerbangan ini didirikan pada 1981 dan memulai operasinya pada 17 Mei 1981 dengan nama Corse Air International. Didirikan oleh keluarga Rossi dari Corsica dan diambil alih oleh Nouvelles Frontieres, sebuah operator tur Prancis, pada 1990 dan namanya berubah menjadi "Corsair". Hak lalu lintas internasional diberlakukan pada 1991. Pada 2000, TUI AG, salah satu operator tur terdepan dunia, mengambil alih Nouvelles Frontieres. Pada 2004, armada Corsair dicat dengan warna TUI, berbadan biru dengan logo TUI, seperti maskapai kembarnya. Pada akhir 2005, TUI Group, memutuskan untuk mengganti nama yang tergabung dalam TUIfly. Semua armada Corsiar dicat menjadi tulisan Corsairfly, tetapi semua maskapai dalam grup tersebut akan diganti lagi dengan merek TUIfly pada 2008.[1]

Maskapai ini memegang rekor sebagai kursi terbanyak untuk pesawat penumpang (587 kursi, pada Boeing 747-400).[2]

Kota Tujuan[sunting | sunting sumber]

[butuh rujukan]

Corsairfly mengoperasikan penerbangan menuju kota-kota berikut (Januari 2005):

Corsairfly juga mengoperasikan penerbangan charter, juga penerbangan terjadwal menuju area resor. Seperti Abidjan, Cancún, Cayenne, Cayo Coco, Jibuti, Havana, Lome, Nouméa, dan Varadero. Di Eropa dan Afrika Utara, kota yang dilayani adalah: Athens, Ankara, Cairo, Cork, Dublin, Edinburgh, Istanbul, Izmir, Lisbon, London, Rome, Tel Aviv, Tunis, dan Venice.

Livery Corsair lama

Maskapai ini akan meluncurkan penerbangan musiman mingguan untuk rute Toulouse-Fort de France menggunakan Boeing 747-400 pada Desember 2006.

Jaringan interkontinental Corsairfly digunakan untuk dapat diperluas lagi pada 1990 ketika maskapai ini memiliki penerbangan terjadwal menguntungkan dari Paris-Orly menuju Bangkok, New York JFK, Los Angeles, San Francisco dan Tahiti. Tetapi karena dampak serangan 9/11 yang menghantam industri penerbangan, Corsair tidak lama lagi terbang menuju kota-kota tersebut, karena Corsairfly menjadi maskapai Prancis satu-satunya yang dapat bersaing dengan Air France pada rute menguntungkan ini.

Sejak itu, Corsair memposisikan dirinya sebagai maskapai yang terbang menuju teritori Prancis di kepulauan Karibia dan Samudra Hindia. Maskapai ini terbang setiap hari menuju Fort de France, Pointe a Pitre, Saint Martin dan Saint Denis de la Reunion dengan Boeing 747-400.

Pada 2007, Corsairfly akan meluncurkan penerbangan terjadwal dari Paris-Orly menuju Port Louis (Mauritius). Maskapai ini telah menunggu sejak 1990 untuk mendapatkan hak mengoperasikan rute tersebut yang mana digunakan untuk monopoli antara Air France dan Air Mauritius.

Armada[sunting | sunting sumber]

Armada Corsairfly telah mencakup (Maret 2007):[1]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c "Directory: World Airlines". Flight International. 2007-04-03. hlm. 69. 
  2. ^ "Corsairfly Fleet (Company Web site)". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2008-10-07. Diakses tanggal 2007-09-02.