Corpo della Gendarmeria

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Korps Kepolisian Vatikan.

Corpo della Gendarmeria dello Stato della Città del Vaticano (Korps Kepolisian Negara Vatikan) adalah gendarmerie, atau kekuatan polisi dan keamanan, Vatikan. Korps ini bertanggung jawab atas keamanan, ketertiban publik, pengawasan perbatasan, pengawasan lalu-lintas, penyelidikan kriminal, dan berbagai tugas-tugas kepolisian lainnya di Vatikan. Sejumlah kecil anggota korps ini bepergian bersama Sri Paus untuk memberikan pengamanan jarak dekat baginya.

Korps ini memiliki 130 personel dan adalah bagian dari Departemen Pelayanan Keamanan dan Pertahanan Sipil (yang juga meliputi Brigade Pemadam Kebakaran Vatikan), sebuah badan di bawah pemerintahan Negara Vatikan. Keamanan Vatikan juga dijaga oleh Garda Swiss, sebuah unit militer di bawah Takhta Suci, bukan di bawah Negara Vatikan. Saat ini korps kepolisian dikepalai oleh seorang Inspektur Jendral bernama Domenico Giani, yang menggantikan Camillo Cibin di bukan Juni 2006 setelah bertugas sangat lama.

Antara tahun 1991-2002 kepolisian Vatikan disebut Corpo di Vigilanza dello Stato della Città del Vaticano, dan antara tahun 1970–1991 dikenal sebagai Kantor Keamanan Pusat. Organisasi ini menggantikan Corpo della Gendarmeria sebelumnya yang didirikan oleh Paus Pius VII pada tahun 1816 dan adalah sebuah unit di dalam angkat bersenjata Vatikan hingga Paus Paulus VI mengurangi jumlah militer Takhta Suci hingga hanya Garda Swiss Sri Paus.

Untuk dapat menjadi anggota Gendarmerie, seseorang harus berusia antara 20 hingga 25 tahun, berkewarga-negaraan Italia dan memiliki pengalaman pelatihan di tugas-tugas kepolisian Italia selama minimal dua tahun.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]