Contra (permainan video)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Contra
Contra
Ilustrasi sampul oleh Bob Wakelin untuk versi NES, aslinya diciptakan untuk versi komputer rumah Eropa (berjudul Gryzor), kemudian digunakan untuk kemasan belakang versi porta MSX2 Jepang.
Pengembang Bendera Jepang Konami
Penerbit Bendera Jepang Konami
Perancang Versi arkade
Koji Hiroshita (direktur)
Versi NES
Shigeharu Umezaki (direktur)
Shinji Kitamoto (direktur)
Platform Permainan arkade, Nintendo Entertainment System, MSX2, ZX Spectrum, Amstrad CPC, Commodore 64, MS-DOS, PlayStation 2, Xbox 360 (XBLA), Nintendo DS, PC
Tanggal rilis 20 Februari 1987[1]
Genre Lari dan tembak
Mode Pemain tunggal, Kooperatif
Kabinet Tegak
CPU Motorola 6809 (1.5 MHz)
Suara Motorola 6809 (2 MHz)
Tampilan Gambar bitmap, resolusi standar (Digunakan: 224 x 280)
orientasi vertikal

Contra (Bahasa Jepang: 魂斗羅?) (dibaca: kon-tra), dikenal juga dengan Gryzor (grai-zor) di Eropa dan Oseania, adalah sebuah permainan aksi lari dan tembak yang dirilis tahun 1987 dikembangkan dan diterbitkan oleh Konami, awalnya dirilis sebagai permainan arkade yang menggunakan koin pada tanggal 20 Februari 1987. Versi rumah dirilis untuk Nintendo Entertainment System / NES tahun 1988 (yang diterjemahkan sebagai Probotector (pro-bo-tèk-tor) di wilayah PAL), bersama dengan versi porta untuk berbagai format komputer lain, antara lain MSX2. Beberapa sekuel Contra diproduksi mengikuti permainan aslinya ini.

Alur cerita[sunting | sunting sumber]

Dalam Contra, pemain mengontrol salah satu dari dua pasukan komando militer bersenjata bernama Bill Rizer (dibaca: bil raizer) dan Lance Bean (dibaca: Lèns bin), yang dikirim dalam sebuah misi untuk menetralisir sebuah organisasi teroris bernama "Red Falcon" (BI: "Elang Merah") yang diam-diam berencana untuk mengambil alih bumi. Rincian latar tempat permainan bervariasi di antara versi yang beredar: versi Jepang menyebutkan bahwa permainan berlangsung di kepulauan Oseania fiktif bernama "Galuga" pada tahun futuristik 2633. [2][3], sedangkan manual permainan untuk versi NES Amerika menyebutkan bahwa permainan berlangsung pada zaman sekarang di sebuah pulau tak bernama di Amerika Selatan. [4]

Alur permainan[sunting | sunting sumber]

Dua karakter pemain mencoba untuk memasuki pangkalan musuh kedua pada akhir Tahap 4 dalam Contra versi mesin arkade.

Karakter utama dilengkapi dengan senapan dengan jumlah amunisi tak terbatas. Pemain juga dapat melompat, bergerak dan menembak ke delapan arah, serta bergerak atau melompat secara bersamaan sambil menembak. Terkena satu tembakan atau bersentuhan dengan musuh, peluru, atau bahaya lainnya akan membunuh karakter pemain dengan segera, dan juga membuang senjata tambahan pemain saat itu. Ada total empat senjata yang pemain bisa ambil dari kapsul senjata terbang atau sensor gardu pertahanan musuh: Senapan Mesin ("M"), Senapan Laser ("L"), Senapan Api ("F" - "Fire"), dan Senapan Sebar ("S" - "Spread"). Ada juga dua tambahan ekstra penambah kekuatan: Rapid Fire ("tembakan cepat", berlambang "R") yang meningkatkan kecepatan tembak pemain, serta Barrier ("pelindung", berlambang "B") yang akan memberikan pemain kekuatan sementara tak-terkalahkan selama beberapa detik. Semua penambah-kekuatan dalam versi arkade diwakili oleh ikon huruf berbentuk elang merah dengan pengecualian Senapan Mesin dan Senapan Laser.

Ada total sepuluh tahap dalam permainan. [2] Ada dua jenis tahapan dalam Contra. Selain tahapan tampilan sisi standar, Contra juga memfiturkan tahap di mana karakter pemain terlihat dari belakang dan harus bergerak ke arah latar belakang agar dapat melanjutkan permainan. Masing-masing tahap "labirin 3D" berlangsung dalam koridor pangkalan musuh di mana pemain harus berjuang melalui pertahanan pangkalan dalam upaya untuk mencapai inti dari pangkalan musuh tersebut. Selama tahap labirin 3D, layar atas akan menampilkan peta dasar bersama dengan batas waktu. Setiap tahap labirin diikuti dengan tahap "3D tetap" yang berlangsung pada inti dari pangkalan musuh di mana pemain harus menghancurkan serangkaian sensor berpijar untuk mengekspos sebuah sensor yang lebih besar dan menghancurkannya.

Contra juga dilengkapi modus kooperatif 2-pemain . Kedua pemain menempati layar yang sama dan harus mengkoordinasikan tindakan mereka. Satu pemain tertinggal dapat menyebabkan masalah bagi pasangannya, karena layar tidak akan bergulir maju, dan pemain lambat bisa fatal untuk pasangannya. Versi rilis Eropa, Gryzor, tidak menampilkan modus 2-pemain simultan. Sebaliknya, modus 2-pemainnya mengambil giliran: setiap kali satu pemain meninggal, yang lain akan mendapat giliran mereka.

Versi-versi rumah[sunting | sunting sumber]

Komputer rumah[sunting | sunting sumber]

Di bawah lisensi dari Konami, perusahaan permainan video Ocean Software dari Britania Raya memproduksi versi porta Kontra dengan judul Gryzor untuk ZX Spectrum, Commodore 64, dan Amstrad CPC, yang diterbitkan di Eropa tahun 1988. [5] Sebuah versi IBM PC juga dirilis di Jerman. [6] Versi porta Ocean Software menggunakan pola permainan yang sama dengan versi arkade asli dari permainan. Versi Commodore 64 dan versi IBM dirilis di Amerika Utara dengan judul Contra.

NES / Nintendo[sunting | sunting sumber]

Kawasan Bos Tahap 3 di versi NES.

Konami memproduksi Contra versi rumah mereka sendiri untuk NES, yang dirilis pada Februari 1988 di Jepang dan Amerika Utara. Versi PAL, berjudul Probotector, dirilis bulan Desember 1990.

Versi NES Contra berbeda dari versi permainan arkade dalam beberapa hal. Semua sepuluh tahap / tingkat dari versi arkade yang asli tetap hadir, walaupun segmen "inti" labirin 3D bukan lagi tahap individu tetapi menjadi tahap pertempuran bos yang terjadi pada akhir setiap tahap pangkalan, mengurangi jumlah tahap permainan menjadi delapan. Tahap dasar sendiri juga dibuat menjadi pola linier, bukan lagi seperti struktur labirin 3D yang sebelumnya (yang mengakibatkan penyingkiran tampilan peta) dan batas waktu juga dihapus. Tahapan-tahapan dalam permainan juga diperluas, menampilkan tingkat yang lebih panjang, perangkap dan musuh lebih, dan bos berbeda.

Semua enam penambah-kekuatan dari versi arkade juga hadir, dengan Senapan Mesin dan Senapan Laser sekarang ditampilkan dengan ikon elang merah berbasis huruf (masing-masing "M" dan "L") seperti empat penambah-kekuatan yang lain. Penambah-kekuatan ketujuh juga diperkenalkan, disebut "Special", yang menghancurkan semua musuh yang ada di layar permainan dan diwakilkan dengan sebuah ikon Elang yang tidak berhuruf.

Versi NES Contra adalah salah satu permainan awal yang menggunakan Kode Konami, yang digunakan pertama kali dalam versi NES dari permainan video Gradius. Memasukkan kode pada layar judul sebelum memulai permainan akan memberikan setiap pemain tiga puluh nyawa ketika mereka mulai bermain.

Perbedaan wilayah[sunting | sunting sumber]

Contra versi komputer rumah Jepang tidak menggunakan chip standar, namun sebuah Pengendali Multi-Memori / Multi-Memory Controller yang disebut VRC2, yang dibuat khusus dan diproduksi Konami. Chip ini memungkinkan adanya efek-efek grafis tambahan yang dihilangkan dari versi NES Amerika. Versi Famicom memperlihatkan potongan adegan-adegan yang ditampilkan sebelum setiap tahap, bersama dengan peta kepulauan "Galuga" yang menampilkan posisi pemain saat ini, serta animasi latar belakang tambahan seperti pohon-pohon palem yang bergerak dalam tahap pertama dan hujan salju dalam tahap 5. Versi Famicom juga memfiturkan kode curang tambahan seperti kode pilihan tahap dan tes-suara, serta adegan pasca-akuan tersembunyi dengan menahan tombol "pilih" / "select" dan "mulai" / "start" sebelum dan selama seluruh akuan akhir.

Dalam Eropa dan Oseania, versi NES dari Contra dipasarkan dengan judul Probotector, di mana tampilan karakter utama yang asli, serta beberapa tampilan karakter musuh, digantikan dengan tampilan robot. [7] Hal ini dilakukan untuk menghindari undang-undang sensor BPjM yang berlaku di Jerman, yang melarang penjualan permainan video yang diwarnai kekerasan untuk anak-anak. Permainan Contra selanjutnya untuk NES, Game Boy, Super Nintendo, dan SEGA Mega Drive mengikuti cara pemasaran ini, yang semuanya dirilis di wilayah PAL dengan judul Probotector juga dan fitur modifikasi yang sama. Seri permainan Contra kemudian mulai kembali menggunakan judul Contra dengan tampilan-tampilan karakter-karakternya yang asli di Eropa, dimulai sejak dipasarkannya Contra: Legacy of War (1996) dan kemudian Contra: Shattered Soldier (2002).

MSX2[sunting | sunting sumber]

Akhir Tahap 4 dalam versi MSX2.

Sebuah versi MSX2 Contra dirilis oleh Konami secara eksklusif di Jepang pada tanggal 26 Mei 1989. Versi MSX2 dari Contra sangat berbeda dari versi arkade dan NES. Karena keterbatasan perangkat keras MSX2 tersebut, tampilan layar permainan tidak bergulir melainkan menggunakan layar-berganti yang digunakan dalam permainan MSX2 Konami lainnya seperti Metal Gear yang asli dan Vampire Killer. Pemain diberikan tolok nyawa, yang memungkinkan mereka mempertahankan karakter mereka lebih dari satu kesempatan sebelum kehilangan nyawa. Ada dua penambah-kekuatan utama dalam versi MSX2, yaitu penambah-kekutan berbetuk Elang yang meningkatkan kecepatan berjalan dan tembakan pemain, serta penambah-kekuatan berbentuk senjata yang memungkinkan pemain untuk mengubah senjata mereka saat itu. Setelah mengambil penambah-kekuatan senjata, pemain bisa memilih antara Senjata Normal atau empat senjata lainnya. Senapan Sebar tidak ditampilkan dalam versi ini, dan digantikan oleh senapan-belakang, mirip dengan senapan-ekor di permainan video Gradius tertentu, yang menembak ke dua arah pada saat yang sama. Contra versi MSX2 terdiri dari 19 tahapan. Sembilan tahap pertama didasarkan pada versi arkade (termasuk tahap Hanggar), sedangkan sepuluh tahap final dibuat baru untuk versi ini. Tidak seperti versi arkade dan NES, versi MSX2 adalah 1-pemain saja.

Versi MSX2 dari Contra dirilis untuk Konsol Virtual Wii di Jepang pada tanggal 2 Februari 2010. [8][9]

Rilis selanjutnya[sunting | sunting sumber]

Sebuah versi porta untuk PlayStation 2 dari Contra dirilis di Jepang pada tanggal 25 Mei 2006 sebagai bagian dari serangkaian porta permainan retro oleh Hamster .[10] Sebuah rilis ulang kedua dibuat untuk Xbox Live Arcade pada tanggal 6 November pada tahun yang sama, dengan konversi ditangani oleh perusahaan permainan video Digital Eclipse asal Amerika Serikat. [11] Versi arkade juga termasuk dalam kompilasi permainan retro Konami berjudul Konami Classics Series: Arcade Hits untuk Nintendo DS.

Versi NES Contra juga termasuk dalam kompilasi permainan video tahun 2002 berjudul Konami Collector's Series: Castlevania & Contra untuk Microsoft Windows di Amerika Utara, yang juga termasuk sekuelnya, Super C dan tiga seri permainan Castlevania yang dirilis untuk NES. Keduanya, Contra dan Super C, termasuk dalam permainan Nintendo DS Contra 4 sebagai bonus tersembunyi.

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Contra adalah permainan video NES awal yang sangat populer di seluruh dunia, dan juga di Indonesia. Sebagian besar popularitas permainan Contra disebabkan oleh adanya fitur permainan 2-pemain / kooperatif secara bersama, yang merupakan fitur yang tidak biasa dalam permainan video pada saat dirilisnya permainan tersebut. Meskipun sukses di arkade, permainan ini menjadi dan tetap populer secara luas dan diingat ketika diporting ke konsol NES pada tahun 1988. Banyak institusi kritikus permainan video internasional yang memuja dan memberikan tanggapan luar biasa untuk Contra hingga sekarang, seperti IGN.com yang menaruh Contra di urutan #1 sebagai "permainan yang paling sulit untuk dikalahkan" [12]; Majalah Nintendo Power yang memberi peringkat ketujuh untuk permainan video NES terbaik, menyebutnya sebagai salah satu permainan multi-pemain terbaik NES [13]; dan situs ScrewAttack yang menamakannya sebagai permainan NES terbaik kelima sepanjang masa. [14]

Warisan[sunting | sunting sumber]

Versi arkade Contra diikuti oleh sekuelnya, sebuah permainan video arkade berjudul Super Contra pada 1988. Sebuah versi NES dari Super Contra dirilis tahun 1990 dengan judul yang disingkat sebagai Super C di Amerika Utara. Versi NES Contra dan Super C adalah keluaran yang pertama dalam serangkaian permainan Contra untuk sistem komputer rumah. Konami kemudian mengikuti kedua seri mereka tersebut dengan Operation C untuk Game Boy tahun 1991, Contra III: The Alien Wars untuk Super NES dan Contra Force untuk NES, keduanya pada tahun 1992, kemudian Contra: Hard Corps untuk Sega Genesis tahun 1994. Selama tahun 1990-an, Konami secara eksternal mengontrak perusahaan pengembang permainan video Appaloosa Interactive asal Hungaria untuk pengembangan dua sekuel untuk PlayStation, yaitu: Contra: Legacy of War (juga dirilis untuk Sega Saturn) tahun 1996, dan C: Contra Adventure tahun 1998. Pada awal tahun 2000, Konami Computer Entertainment Tokyo mengembangkan dua permainan Contra untuk PlayStation 2, yaitu Contra: Shattered Soldier tahun 2002 dan Neo Contra tahun 2004. Tahun 2007, Contra 4 dirilis untuk Nintendo DS, produksi bersama antara Konami cabang Amerika dan WayForward Technologies. Contra ReBirth, dikembangkan oleh M2, dirilis untuk Wii sebagai bagian dari salah satu permainan WiiWare tahun 2009.

Di dunia musik, musik dari versi arkade Contra adalah salah satu lagu tema yang termasuk dalam album permainan video Konami Game Music Vol.4: A-Jax, yang dirilis oleh label rekaman asal Jepang, Alfa Records pada tanggal 10 Mei 1988 dalam format CD (katalog no. 28XA-201), kaset audio (ALC-22922), dan vinil (ALR-22922).

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Konami. 1992. Contra Spirits / 魂斗羅戦史. Hal. 5-7 (8 halaman). ID penerbit: KICA-7604. Jepang.
  2. ^ a b (Inggris)"Pindaian brosur Contra versi Jepang". The Arcade Flyer Archive. 
  3. ^ (Inggris)"ストーリー(魂斗羅FC)- (Game Kommander)" (dalam bahasa Japanese). 
  4. ^ (Inggris)"Manual Instruksi untuk Contra versi NES (transkrip dari arsip NES tsr)". 
  5. ^ (Inggris) "Save the Last Lance for Me (Tinjauan Gryzor)". The Games Machine (003): 52. February 1988. 
  6. ^ (Inggris)Power Play (dalam bahasa German). April 1988 http://www.kultpower.de/ Missing or empty |title= (help). 
  7. ^ "Instruction Manual of Probotector for the NES (transcript from NES World)". 
  8. ^ "Details of Contra (MSX2 version) for the Virtual Console at Konami" (dalam bahasa Japanese). 
  9. ^ "MSX Virtual Console Lineup" (dalam bahasa Japanese). D4 Enterprise. 
  10. ^ "オレたちゲーセン族 - 魂斗羅". 
  11. ^ "Xbox.com".  Text " Contra - Game Detail Page" ignored (help)
  12. ^ (Inggris)"IGN: Top 10 Tuesday: Toughest Games to Beat"
  13. ^ (Inggris)Nintendo Power - The 20th Anniversary Issue! (Majalah). Nintendo Power 231 (231). San Francisco, California: Future US. hlm. 71. August 2008. 
  14. ^ (Inggris)"ScrewAttack: Top 10 NES Games"

Pranala luar[sunting | sunting sumber]